Laporkan Penyalahgunaan

Wedang Kacang Tanah


Wedang Kacang..mungkin banyak dari teman- teman yang baru mendengar nama minuman unik ini ya. Yapp..memang ini adalah menu minuman tradisional yang udah agak langka..khas beberapa daerah di Jawa Tengah..salah satunya di Semarang. Mungkin di daerah lain seperti di Solo..juga ada sepertinya wedang kacang tanah ini. Tapi beberapa resto terkenal di Semarang yang menunya banyak menu otentik tradisional khas Semarang menjadikan menu wedang kacang ini sebagai menu minuman otentik khas Semarang. Selain di resto - resto..di beberapa tempat warung wedangan khas Semarang juga masih ada beberapa yang menjual wedang kacang tanah ini.

Wedang kacang tanah adalah minuman..terbuat dari kacang tanah kupas yang di rebus lama sekali..hingga citarasanya itu lembut. Bukan sekedar empuk seperti kacang tanah rebus lho ya..tapi bener2 bisa lembut dan lumer di mulut ketika di seruput bersama kuahnya. Kalau aslinya mungkin harus di rebus lama sekali ya..hingga bisa tekturenya empuk dan lembut seperti ini. Tapi ..kalau aku buat..pakai cara yang mudah saja..hihi. Ada dua cara mudah untuk membuat wedang kacang tanah..cara pertama adalah dengan slow cooker..seperti yang aku buat ini. Jadi aku masukkan kacang tanah dan air, ke panci slow cooker..sekitar jam 12 malam, colokkan ke listrik, sudah jadi dech pagi - pagi tadi sudah empuk dan lembut kacangnya. Setelah kacang matang dan empuk, tinggal di beri santan, garam dan gula sesuai selera. Jika tidak ada slow cooker..pakai saja panci presto, masukkan kacang tanah kupas dan air, presto hingga empuk dan lembut. Lalu tinggal di tambah santan dan gula serta garam.

Wedang kacang tanah ini pakainya kacang kupas ya teman - teman..nggak perlu repot-repot juga ngupas kacang sendiri kok..banyak sudah di jual di pasaran ya..atau di supermarket. Tapi pilihlah kacang lokal yang manis citarasanya..agar rasa wedang kacang tanahnya juga masih ada citarasa manis alami dari kacangnya. Aku beli di tbk tempatku kacang kupasan..lokal..jadi enak sekali di buat wedang kacang tanah ini. Kalau kacang tanah kupasan impor itu yang besar2..suka ada rasa *sepo* atau hambar gitu ya..rasanya..mungkin karena udah lama produksinya..atau memang   jenis kacangnya yang berbeda.


Oke dech..buat teman - teman yang suka wedang hangat-hangat khas Indonesia..mari silahkan di coba ya resepnya. Rasanya..enak..lembut..kacangnya..gurih kuahnya..karena di tambah santan yang berpadu aroma manis sari kacang tanahnya..enak sekali di nikmati di cuaca dingin seperti ini...lumayan buat teman begadang lembur..atau di nikmati pagi2,, jadi nggak ngantuk dech..:).. Selamat mencoba teman- teman..^^

Wedang Kacang Tanah

Bahan :
150 gram kacang tanah kupas
1000 ml air
50 gram gula pasir ( sesuai selera manisnya )
1/2 sendok teh garam
1 lembar daun pandan
100 ml santan kental segar 

Cara Membuat :
Masak kacang tanah kupas dan air, dengan slow cooker 6 jam atau panci presto jika ingin lebih cepat dan praktis, hingga kacang tanah empuk dan lembut tekturenya.
Tuang ke panci lain, tambahkan gula, garam, daun pandan, santan. Masak hingga mendidih sambil di aduk agar santan tidak pecah.
Koreksi   rasa, manis gurihnya.
Sajikan hangat.


Menu wedangan lain yang sudah pernah aku posting, mungkin bisa jadi menu pilihan minuman penghangat di cuaca dingin seperti ini, silahkan klik judul - judul resep minuman berikut :



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts