Laporkan Penyalahgunaan

Tips Membuat Sagu Keju



Lagi lumayan sibuk baking nich teman2..jadi iseng tadi pas bikin sagu keju aku foto aja..waktu menyangrai sagu...dan jadi ingat banyak teman2 yang nanya seputar sangrai menyangrai tepung ini ya..baiklah..aku tulis aja..jadi satu postingan.

Jadi..kue kering yang perlu di sangrai adalah kue kering yang berbahan dasar sagu..atau tapioka. Kalau tepung terigu..udah pakai yang kemasan..nggak perlu di sangrai2..soalnya itu udah kering. Kecuali kalau pakai terigu yang curah..ala pasar atau yang karungan gitu..ya..silahkan kalau mau capek2..nyangrai tepung..hihi. Kalau aku sich pilih beli terigu kemasan aja..beres. Selisih dikit harga..tapi hemat waktu dan tenaga...betul ?..hihi

Karena beneran..nyangrai tuch butuh waktu tersendiri dalam proses pembuatan kue kering..karena bisa 10 menit sendiri, api kecil..musti di aduk2 terus pula...biar nggak gosong. Tapi untuk tepung sagu atau tapioka..jika mau kue kering renyah..memang harus di sangrai. Pernah aku nekad..dulu malas nyangrai tepung sagunya..memang jadi susah kering dalamnya.


Nah..jika teman2 suka sagu keju dan ingin mencoba membuat sendiri di rumah..ini dia tips2nya ya :
  • Pilih sagu berkualiatas, karena jika tepung sagu nggak bagus, kue akan apek atau bisa malah asam rasanya.
  • Jika tidak ada sagu..bisa pakai tapioka..sama enaknya
  • Sangrai tepung sagu atau tapioka dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit atau hingga tepung terasa ringan ketika di aduk. 
  • Pakai panci tebal waktu menyangrai tepung agar nggak gosong
  • Selalu ayak tepung sebelum di gunakan agar tidak menggumpal dan menghilangkan kotoran2 yang terbawa tepung.
  • Kocok margarin dan gula jangan terlalu lama agar sagu keju tidak melebar
  • ciri lain jika menyangrai dengan daun pandan..itu daun pandannya jadi kering
  • Daun pandang berfungsi menambah aroma wangi pada sagu keju
  • Angin2kan keju sebelum di pakai jika mau lebih renyah
  • Pangan sagu keju dengan api kecil, tapi stabil panasnya tergantung oven masing2
  • Jika sudah matang..biarkan dulu di loyang..hingga dingin agar tidak hancur ketika di angkat
  • Sagu keju bisa di beri variasi , misal di beri pasta pandan..jadi dech sagu keju pandan, seperti yang aku buat sekarang ini. Resep udah pernah ku posting ya...di SINI
  • Jika sagu keju susah di spuit pakai plastik segitiga..karena adonannya berat..jangan panik..pakai aja..jurus jempol..hihi.. Langsung aja adonan di cetak spuit agak besar, cetak manual satu persatu dengan tangan..dengan cara adonan di masukkan ke spuit secukupnya, lalu di dorong pakai jempol..hihi. ( ini tips paling aneh..tapi buat jaga2..berhasil kok teman2...haha ) 
  • Adonan sagu keju itu unik..jika terlalu lembek..nanti melebar ketika di panggang..jika agak padat..susah di spuit..jadi..harus yang sedang2 saja..waktu dan pengalaman lah nanti yang akan menjawab..harus pakai perasaan juga ya ketika  mengocok margarain dan gula, mencampur tepung ke adonan..jika di rasa cukup..jangan di habiskan tepungnya nggak apa2 teman.
  • Sagu sama tapioka beda atau sama ?  Beda dong..tapioka itu sari pati singkong..kalau sagu..dari batang pohon sagu..aromanya aja sangat beda..^^
Ok dech..semoga bermanfaat ya sedikit tipsnya..Happy baking ^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts