Laporkan Penyalahgunaan

Risoles Tanpa Panir Ekonomis



Beberapa waktu lalu dapat email dari seorang teman pembaca web ini..request resep snack gurih untuk usaha rumahan..yang murah..meriah..tapi bentuknya besar. Hihi..bingung juga...aku ganti tanya..kira2 mau buat apa ? Target jualan harga berapa ?..katanya kalau di tempat tinggal temenku itu maksimal 1500 sudah di anggep mahal. Duch..tambah pusing kan..hihi. Aku kasih saran bikin gorengan aja yang umum2. Tapi katanya kurang di minati konsumen. Musti yang menarik dan beda dari gorengan biasa..seperti risol..atau lumpia gitu. Tambah bingung dech..hihi. Risol..itu biaya produksi lumayan tinggi ya jika buat usaha..karena pakai susu dll untuk isian ragoutnya, untuk kulit juga musti di lapis2 tepung panir..jika di jual murah..bukannya untung nanti malah dapet capek aja.

Tapi..aku pikir2..pasti bisa dech bikin risol..ekonomis, tapi enak.Akhirnya aku ingat..kalau bikin risol makaroni itu..kan jadinya selalu besar2..karena isinya makaroni..yang di tumis. Beda sama risoles isi ragout yang isinya nggak bisa banyak2 karena mahal..kalau risol makaroni ini..bisa di isi banyak dan jika udah di goreng keliatan besar. Bahannya lebih ekonomis di banding risoles ragout yang perlu pakai susu..dll. Kalau risol makaroni ekonomis ini..isinya cukup makaroni tumis, pakai telur aja cukup. Sebagai daya tarik bisa di tambah sedikit cincangan sosis, ayam atau daging..udah..asal di bumbuin dengan tepat..rasanya..enak sekali. Nggak kalah..sama snack2 gurih ala bakery kok teman2..bedanya kalau di bakery lebih banyak dagingnya..hihi.

Nah...biar lebih hemat proses produksi juga..nggak usah di lapis panir. Karena isinya makaroni udah berat...kalau di tambah tepung panir..tambah berlipat2 lagi karbonya..hihi. Kan tepung panir dari roti tawar. jadi kulitnya semi kayak lumpia aja..langsung goreng. Rasanya tak kalah enak sama risol yang balut panir kok teman2. Jadi..nggak perlu khawatir dech teman2..kalau minat usaha snack rumahan..misal mau menerima pesanan snack, di kan di kantin sekolah..kantor..dll..risol makaroni ekonomis ini cocok sekali..rasanya gurih..dan juga mengenyangkan untuk anak2...orang dewasa juga pasti suka. Snack gurih seperti ini..pasti banyak di sukai konsumen. Biar lebih menarik dan keliatan mewah..bisa di bungkus plastik bening satuan, sematkan satu buah cabai rawit..udah..kayak snack ala bakery kan teman2. Gede..tapi murah meriah, siap..mengisi kotak snack box..dan tinggal menghitung untung dech..hihi.

Oke..selamat mencoba ya teman2..semoga bisa jadi inspirasi usaha..snack rumahan yang murah..meriah..dan besar..hihi. Atau buat cemilan keluarga di rumah..juga nggak perlu modal banyak. Tips isian risol ekonomis ini..pastikan rasa gurih manisnya pas..sehingga rasanya jadi mantab...karena isian daging atau ayam yang cuma sedikit, jadi kekuatan rasa risol ini ada di bumbu isiannya..harus gurih dan sedikit manis.

Risoles Makaroni Ekonomis

Bahan kulit
150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam,
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isian :
100 gram makaroni, rebus hingga matang
2 buah sosis, potong kecil2 / 50 gram daging ayam rebus atau daging sapi cincang
1 butir telur
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / sapi..sesuai dagingnya ( optional )
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera ), 1/4 sendok teh merica bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus
Garam secukupnya
Air 25 ml

Caara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, sosis atau daging, aduk rata hingga matang. masukkan telur, buat orak arik
Masukkan wortel, makaroni, dan semua bumbu lain serta air. Aduk hingga bumbu merata, meresap dan kering. Koreksi rasa . Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat bentuk risoles biasa, rekatkan ujung2nya dengan putih telur atau sisa adonan kulit.
Goreng hingga matang



Resep snack murah meriah lain yang bisa jadi inspirasi untuk usaha snack gurih yang beda, enak dan murah meriah yang sudah pernah ku posting..silahkan klik judul2 resep berikut ya teman2 :


Selamat berwirausaha..! ^_^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts