Laporkan Penyalahgunaan

Jajanan Jadul


Maaf ya teman2..dua hari libur masak..nggak ada apa2 sich..tapi lagi sibuk aja beres2 rumah..karena mba art ku lagi libur. Awalnya..cuma mau beres2 dapur..tapi keasyikan bersih2 hingga sore seluruh rumah...hihi. Eh malamnya lembur lagi..nonton drakor..hihi. Mumpung libur packing minggu...sengaja nonton drakor sampai larut malam..hasilnya..pusing dan sedikit meriang dech..hihi. Tapi..seneng..akhirnya nemu lagi drakor yang bisa membuatku nggak beranjak dari depan tivi semalaman..dan bisa ketawa atau berlinang air mata..setelah beberapa kali beli DVD drakor kecewa melulu. Tadi malam aku nonton *Pinocchio*..ih bagus dech ceritanya..ada lucu..sedih..campur..tapi endingnya..happy.  Ntar ya ku review jika aku nulis resep masakan Korea..hihi.

Nah..kalau sekarang ini mau cerita aja soal cemilan jadul nich..beberapa waktu alau di bawain suami dari salah satu umkm..yaitu sempe..dan arum manis yang bentuknya kayak rambut pirang..hihi. Ada yang masih ingat jajanan jadul ini..dulu...ingat waktu kecil..kayaknya enak banget ya..makan sempe..terus arum manis yang asli gula ini. Beda sama arum manis kapas yang banyak di jual di keramaian. tapi arum manis jaman dulu itu..bentuknya serpihan2 panjang kecil kayak rambut..dan jika di makan lumer di mulut. Manis sekali rasanya. Ya iya lah ya..kan dari gula murni. Arum manis jama dulu ini juga nggak pakai pewarna..jadi asli aja putih keemasan warnanya.

Arum manis..dulu di jajakan mbah2 keliling..di pikul gitu ya teman2. kalau sekarang beda..udah di jual di toko modern atau di  toko oleh2..jadi..serasa ada sensasi yang kurang..yaitu sensasi kenangan masa kecilnya...hihi...karena udah di jual di pasar modern. 

Kalau sempe..itu dulu juga salah satu jajanan jadul favorit anak2..rasanya itu tawar..renyah..sedikit manis..enak dech..dulu. Kalau sempe sekarang..kok berasa hambar gitu rasanya. Nah..sekali lagi pertanyaan menggelitik yang ada di pikiranku..benerkah sempe jadul itu kayak gini rasanya ?..Seandainya bisa..pengen mengulang kenangan masa kecil lagi..di mana dulu banyak penjual jajanan jadul yang otentik dan alami ya teman2 rasanya. Jadi penasaran..cara membuat sempe gimana ya..ah..kapan2 coba cari tau..dan mencoba membuat sendiri di rumah..biar nggak penasaran.

Ada lagi jajanan jadul yang aku dapat , tapi rasanya berbeda dari jaman dulu..yaitu bolu emprit..bolu dari gaplek..atau tapioka..rasanya walau agak keras, tapi itu dulu lumer di mulut dan ada aroma khas..karena terbuat dari tepung gaplek...sehingga warnanya agak buthek putihnya. Kalau yang aku temui sekarang ini..putih bersih atau di beri pewarna..dan kayaknya dari tepung tapioka biasa, dan rasanya super manis.



Jadi..tema hari ini jajanan jadul kenangan masa kecil. Adakah teman2 yang rindu jajanan jadul tertentu waku kecil dulu ?..Jika iya..tulis aja di komen..nanti jika aku punya resepnya..aku buatkan..dan di posting ya..biar bisa bernostalgia jajanan masa kecil..hihi.




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts