Laporkan Penyalahgunaan

Iga Bumbu Bali



Beberapa hari nggak ke pasar..sampai kehabisan lauk di freezer..akhirnya bolak balik ayam, telur, tahu tempe maning..hihi. Lama2 kasihan suami dan anak jika bosan..akhirnya tadi pagi menyempatkan diri ke pasar..dan seperti biasa..freezer langsung penuh..abis ngeborong lauk..hihi. Memang sich banyak tukang sayur lewat..dan aku juga punya langganan budhe sayur. Tapi  karena pelanggannya banyak..budhe sayur ini laris manis..sampai rumahku itu udah siang..dan udah nggak punya apa-apa lagi. Jadi kalau beli di budhe sayur itu kadang cuma beli bumbu-bumbu aja atau sekedar nitip ini itu keperluan daapur..tapi tetep..mesti mampir ke rumah bentar. Tapi kalau beli lauk daging dll, aku lebih suka ke pasar..lebih komplit.

Nah..berhubung Yodha sudah lumayan suka makan nich..tadi request pengen makan daging. Hemm jadi kepengen masak Iga. Kami memang suka sekali daging iga..saking seringnya sampai kadang mikir..mau di masak apa lagi ya..karena banyak masakan pakai iga udah pernah ku coba..dan hasilnya enak semua..hihi. Ya..iga gitu lho...daging sapi yang gurih..dan mewah ya teman2..jika di resto2 itu pasti kan jadi salah satu menu favorit dan mahal. Padahal kalau masak sendiri nggak mahal lho. Misal untuk kami bertiga..cukup iga 500 gram saja sudah cukup kok..lebih banyak porsinya dari pada beli di resto. 

Karena Yodha udah suka makan pedas, aku masak aja iga bumbu Bali tadi...bumbu pedas manis yang sedep gitu. Walau tetep..pakai kecap..hihi. Bumbu Bali Jowo..! Tapi makin enak lho beneran teman2...jika kuah udah mengental dan menyusut, beri sedikit kecap manis..akan lebih menaikkan citarasa iga pedas manis ini. Aku presto aja ngungkepnya biar cepat empuk dan aku lanjutkan di ungkep pakai api kecil hasilnya..iganya empuk..dan bumbu2 merasuk ke dalam..sedap..! Apalagi dapat bonus sedikit lemak2 iga yang gurih tuch..duch enak banget..rasanya kayak koyor sapi...hihi. Biar nggak terlalu pedas, tadi cabenya aku buang aja biji2nya..jadi cocok untuk menu anak2 nich teman2. Yodha..suka tadi katanya.." Nggak pedes ya Mi..padahal merah "..katanya..hihi.

Oke selamat mencoba ya jika suka.
Iga Bumbu Bali

Bahan :
500 gram iga sapi
1 batang serai, memarkan, 2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam
1 sendok teh garam ( secukupnya )
1/2 sendok teh kaldu sapi ( aku pakai Alsultan )
1 sendok makan gula merah
1 sendok makan kecap manis
800 ml air

Bumbu halus :
10 buah cabai merah ( jika suka pedas boleh di tambah cabai rawit merah )
6 buah bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
2 cm jahe

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan iga, dan semua bumbu serta air.
Ungkep dengan api kecil hingga empuk, sambil sesekali di koreksi rasa.
Masak hingga kuah mengental, masukkan kecap, masak sebentar lagi hingga bumbu meresap
Sajikan hangat


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts