Laporkan Penyalahgunaan

Bubur Mutiara

 
Suami lagi kangen sama bubur mutiara..jadi minta di buatin buat sarapan..ya oke lah..mudah saja ini. Dulu..ada tetangga yang asli Solo dan kontrak di dekat rumah..jualan bubur manis aneka rupa..ada bubur sum sum..bubur candil..bubur ketan hitam..bubur ubi dan juga bubur mutiara ini. Mungkin karena orang Solo..ya memang enak olahan bubur2nya..pas sesuai selera kami. Jadi kalau cuma pengen bubur manis pagi2..tinggal jalan kaki dech beli. Tapi sekarang orangnya udah pindah entah ke mana..hihi. Jadi..kalau mau makan bubur manis..ya harus buat sendiri dech. Karena..kalau beli di tempat lain kok kurang cocok rasanya.

Memang..walaupun sekedar bubur manis...tapi beda yang bikin ya beda rasa juga lho teman2. Bubur manis yang enak itu menurutku..yang nggak terlalu manis..dan teras gurihnya pas. Santannya juga di masak dulu lama dengan daun pandang dan sedikit garam hingga wangi juga. Walaupun cuma sedikit penambahan garam di bubur dan kuah santannya..adalah wajib..karena jika tidak pakai garam  kurang gurih buburnya dan akan terasa hambar. Bubur manis juga tidak perlu pewangi buatan macam2..cukup aroma wangi daun pandan aja..udah harum kok...dan rasanya itu..jadi otentik..ndeso..hihi.


Dari banyak varan bubur manis..yang paling di suka suamiku adalah bubur mutiara. kalau aku sich suka semua..haha. Dan dari kemaren request bubur mutiara ini..kok kelupaan terus..sampai akhirnya tadi malam ingat..langsung saja sebelum tidur aku rendam mutiara kering pakai air..agar masak buburnya lebih cepat. dan beneran dech..tadi pagi masak bubur jadi nggak nyampai 30 menit udah bisa bening dan empuk. Jika nggak di rendam dulu..wah bisa lama banget teman2..masak bubur mutiaranya. Jadi di rendam kira2..berapa jam ya ?..Oh aku tadi malam tidur jam 12 an..jadi di rendam sekitar 5 jam ya..sebelum di masak..di jamin cepet dech merebusnya jadi empuk.

Sagu mutiara mentahnya itu kayak gini ya teman2..aslinya..sich banyak putihnya..tapi kalau udah matang jadi merah..kelunturan ya warna..hihi. tapi pakai pewarna makanan kok..asal kita pilih sagu mutiaran yang bermerk ya..^^


Oke..dech..yuk..sarapan bubur pagi2..hemm..enak..anget2 pas..mendung2 gini. Moga2 fotonya masih menggugah selera teman2 nich..soalnya rada mendung di sini..hihi..jadi nggak bisa dapat cahaya yang bagus buat motret..^^

Bubur Mutiara

Bahan :
100 gram sagu mutiara
600 ml air
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
1 lembar daun pandan

Pelengkap : 
Santan rebus secukupnya
Cara membuat :
Rendam sagu mutiara di air bersih minimal 5 jam, tiriskan
Rebus dengan air dan semua bahan lain hingga mutiara bening dan mengental.
Sajikan dnegan santan yang sudah di rebus dengan sedikit garam dan daun pandang hingga mendidih


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts