Laporkan Penyalahgunaan

Bapel Kentang


*Live nich..laporan langsung dari dapurku teman2..hihi..aku tadi nyoba bikin bapel teman2. Bapel lho ya..bukan wafel..hihi. Emang apa bedanya wafel sama bapel ya ?..Kalau wafel tuch kan makanan Londo..kalau bapel ki kue Indonesia banget. Mungkin ya modifikasi dari wafel kali ya. Bapel itu adonannya pakai ragi dan lebih lembut dari wafel...dan ada aroma ragi yang khas gitu.

Jadi ceritanya kemaren nemu cetakan bapel jadul gini..jadi pengen buat bapel sendiri di rumah...walaupun di pasar2 ya banyak ya..tapi kadang kok seret rasanya. Dan beneran..setelah aku buat sendiri..rasanya lebih enak.walau belum bisa maksimal cantik hasilnya..maklum panggangan baru nich.hihi..jadi musti di hafalin dulu lama manggangnya, kebutuhan panasnya..dll..biar hasilnya bisa cantik. Karena ini jenis panggangan yang mur mer..bukan model yang anti lengket kayak yang mahal2 tuch.

Jadi dech hujan2 makan bapel anget sama Yodha. Ketika ku tanya..enak Kak ?..cuma ngacungin jempol..karena mulutnya lagi makan bapelnya..hihi. Oke dech besok bikin lagi..biar hasilnya lebih cantik..sekarang mau ku catet dulu resepnya biar nggak lupa. Aku tadi pakai tepung kentang seduh untuk campuran adonan bapelnya..jadinya bafelnya itu lembut banget..enak..manis gurihnya..pas..! Tapi berhubung hujan deres jadi gelap banget jadi motret bapelnya ala kadarnyaa saja di dapur..^^

Bapel Kentang

Bahan :
2 butir telur
100 gram gula pasir
50 gram Tepung Kentang Seduh / Potato Flour, seduh air panas seckupnya hingga jadi kentang kukus yang lembut
Tepung terigu protein sedang 100 gram
Garam 1/4 sendok teh
vanili 1/4 sendok teh
Santan kental 100 ml
Susu cair 125 ml
Ragi instan 1/2 bungkus
Margarin leleh 1 1/2 sendok makan

Cara membuat :
Campur kentang seduh, santan, susu, blender hingga halus, sisihkan
Kocok telur dan gula hingga kental dan mengembang, masukkan tepung terigu, ragi instan, aduk rata.
Masukkan campuran kentang, santan, susu  sambil di aduk perlahan
Tutup adonan, diamkan 1 jam
Panaskan cetakan bapel, tuang adonan, tangkupkan
Panggang hingga matang

Tips :
Tuang wafel hingga penuh agar ketika di tutup kedua sisi bisa terbentuk motifnya. Tadi aku kurang banyak nuang adonannya..hihi..jadinya agak tipis bapelnya. Jika tidak ada cetakan bapel..pakai aja cetakan pukis..cara bikang dll.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts