Laporkan Penyalahgunaan

Apa itu Minyak Padat ?



Sering banget dapat email atau inbox dari teman2..menanyakan..kalau goreng roti atau donat..kok berminyak banget..atau biar donat lebih awet gimana ya..? Nah..sebenernya..ada satu cara mudah agar donat..roti goreng atau gorengan lain yang biasanya di goreng dengan cara deep frying...agar tidak berminyak dan lebih tahan lama..yaitu menggoreng menggunakan minyak padat. Apa itu minyak padat ?

Minyak padat..ya minyak yang bentuknya..padat..hihi. Tapi dari segi bentuk memang minyak ini padat..seperti shortening..tapi bukan shortening atau mentega putih lho ya..ini..tapi minyak. Kebetulan tadi pas ke toko bahan kue langganan iseng tanya minyak padat kok ada sekarang..padahal dari dulu cari2 susah dech minyak padat ini. Sipp dech..jadi bisa pakai ini terus..nanti jika bikin jajanan yang di goreng2 agar hasilnya nggak berminyak.

Minyak padat ini berwarna putih, bentuk padat seperti shortening. Jika di panaskan akan mencair...dan di gunakan untuk menggoreng seperti biasa. Tidak berasa dan beraroma ..jadi ya seperti minyak biasa. Tapi keunggulan minyak padat ini..adalah..bisa menghasilkan gorengan yang lebih renyah..tidak berminyak. Makanya fast food terkenal..atau donat brand terkenal yang ada di mall itu ya pakai minyak ini untuk menggoreng produk mereka. Makanya nggak berminyak sama sekali ya..jika kita beli ayam goreng atau donat yang brand terkenal itu ya teman2.

Apa keunggulan minyak padat di banding minyak biasa, antara lain :
  • Hasil gorengan itu tidak berminyak..dan lebih keset. Tadi aku coba bikin churos, adonan sengaja aku encerkan sedikit dari biasanya..dengan tujuan..ngetes minyak padat ini..jika pakai minyak biasa..pastilah sudah berminyak banget jika adonan encer. Tapi dengan minyak padat ini tadi..wah..beneran nggak berminyak churosnya..keset..set..set..hihi
  • Gorengan yang di goreng dengan minyak padat ini juga tidak cepat melempem..atau awet kriuk..karena minyak padat ini mempertahankan kerenyahan pada gorengan. wah..besok tak cobanya..buat goreng ayam krispi ahhh...!
  • Titik didih lebih tinggi 220° C dibandingkan minyak biasa titik didihnya hanya 180° C, itu berarti minyak goreng biasa yang dipakai dalam jangka waktu yang lama lebih mudah menguap.
  • Masa pemakaian lebih lama..jadi bisa di pakai berulang2...jadi jika teman2..punya usaha misal donat, roti goreng dll yang biasa di goreng2..lebih ekonomis juga ya jadinya..^^
Nah..itu tadi sedikit ulasan tentang minyak padat ya teman2..semoga bermanfaat dan bisa menjawab pertanyaan teman - teman yang menanyakan bagaimana agar donat atau roti goreng tidak berminyak..kuncinya..ya pakai saja minyak padat ini.

Ini lihat hasil uji cobaku..pakai minyak padat ini..keset kan..churosnya..ini ku foto..sesaat setelah di angkat dari minyak lho..keset dan garing kan..padahal..adonan churosnya ku buat lembek..hihi. 





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts