Laporkan Penyalahgunaan

Tips Sukses Membuat Brownies


Brownies...kue berwarna coklat dan manis..jadi di sebutnya brownies kali ya..hihi. Siapa yang suka..?..Pasti hampir semua suka ya.apalagi anak2..asal ada coklat atau sesuatu yang manis2..pasti suka dech. Brownies tuch ada berbagai macam ya teman2..kalau  bahan dan cara pembuatannya hampir sama semua ya. Tapi yang membedakan adalah tekturenya. Ada brownies yang fudgy atau agak padat..ada yang chewy..itu yang empuk dan moist kadang rada liat, ada juga yang cakey. Nah..tekture brownies apa yang teman2..sukai ? Kalau aku lebih suka yang cakey..yaitu yang tekturenya empuk beremah kayak cake tapi lebih moist..jadi nggak membosankan. Kalau yang fudgy itu kalau buatku cepat bosan dan kenyang..hihi.

Brownies memang terkenal karena manis..tapi kalau aku kok ya kurang suka brownies yang terlampau manis..hihi..karena aku udah manis..hihihi..*gubrakkkk ! *

Aku suka brownies yang sedang sedang saja manisnya. Jadi di cemal cemil itu tidak membosankan. jadi jika mencoba resep2 brownies yang asli dari luar..hal yang pertama aku *cut* adalah..gulanya..hihi. Sebenernya nggak perlu banyak gula sich kalau mau buat brownies itu..kan udah di tambah coklat leleh yang juga udah manis. Jadi kalau gulanya banyak..plus coklat masak leleh yang manis..dobel dong manisnya..duch..gigi bisa cenut cenut...! ^^

Untuk menghindari brownies yang terlalu manis..pilih juga coklat blok yang kadar gulanya sedikit. Kalau aku lebih suka beli di tbk ( toko bahan kue ) yang coklat blok curah tuch..lebih netral manisnya..jadi pas buat brownies. Coklatnya ber merk juga..tapi sama *tbknya di kemas sendiri..jadi lebih ekonomis..dan rasanya pas manisnya.

Membuat brownies itu mudah saja..nggak pakai mixer juga bisa..tapi..kadang2 kok ya tetep aja ada yang gagal membuat brownies. Gagal gimana ?..Apakah brownies bisa bantat ?..Bisa..kalau perbandingan bahan2 atau penanganan nggak tepat..brownies bisa bantat juga lho. Brownies bantat itu kayak gimana ?..Tekturenya kering..seret di makan, dan kadang bau tepung..karena bahan2 nggak menyatu dengan baik..atau bisa juga lapisan coklat mengendap di bawah atau dalamnya basah nggak mau  kering walau udah di oven lama, brownies gosong dll..banyak dech kasus brownies yang belum berhasil..alias gagal.

Nah..aku mau share nich sedikit tips ya teman..agar brownies yang  kita buat bisa berhasil dan enak rasanya, semoga bermanfaat ya buat teman2..yang baru belajar baking..:
  • Rasa brownies di pengaruhi oleh coklat..jadi pilihlah coklat yang berkualitas..jangan cuma cari yang murmer..tapi ndak enak..hihi. Coklat bubuk..dan coklat blok yang di gunakan untuk brownies sangat mempengaruhi rasa browniesnya.
  • Penggunaan tepung untuk brownies jangan terlalu banyak..jika terlalu banyak nanti brownies akan beremah banget, kering dan seret.
  • Jangan melelehkan coklat langsung di atas api, tapi lelehkan dengan cara di tim. Cara mengetim atau melelehkan coklat dnegan benar, lihat postinganku di  SINI ya teman2.
  • Jika malas mengetim, coklat blok bisa di lelehkan dengan cara di taruh di mangkuk tahan panas, terus tinggal di panaskan di microwave dech..5 menit...ting..leleh dech..hihi. Biarkan coklat hingga benar2 dingin baru di campur ke adonan brownies ya teman2. Jika mau..coklat leleh bisa di campur mentega atau margarin sekalian..atau minyak. Kalau aku kok lebih suka brownies pakai minyak..lebih light rasanya..dan nggak neg. Juga jika di taruh kulkas nggak mengeras browniesnya. Kalau pakai mentega atau butter bakal mengendap dech..dan juga lebih hemat juga kan teman2 kalau pakai minyak goreng..hihi.
  • Nyampur adonan brownies nggak perlu di aduk kuat2 ya..cukup sampai adonan rata saja. Pakai mixer boleh juga..tapi speed rendah ya. 
  • Sekarang proses memanggangnya. Memanggang brownies jangan terlalu lama..jika terlalu lama makan brownies bisa kering dan seret. Panggang di api sedang cukup sekitar 20 - 30 menit. 
  • Gunakan cup kertas jika mau lebih cepat proses memanggangnya. Hasil brownies cup juga lebih moist. Selain itu nggak perlu repot2 memotong browniesnya kan teman2..hihi. Nggak harus pakai cup yang mahal..yang murah tuch juga bisa buat manggang brownies..alasi bawahnya dengan loyang muffin atau bolu kukus yang satuan itu..beres dech. Brownies salam cup juga lebih praktis jika di kemas, misal untuk di jual satuan, untuk snack box atau suguhan.
  • Adonan brownies yang bagus itu kental..tapi masih bisa di tuang dengan mudah. Jika mau menuang di cup dengan ukuran sama..gunakan saja scoop ice cream.
  • Brownies sangat enak di kombinasikan dengan aneka kacang2an seperti almond, mete atau kacang tanah biasa. Jika mau di campur adonan..sangrai atau panggang sebentar ya browniesnya. Jika untuk toping aja..mentah nggak masalah.
  • Selain kacang kacangan, bisa juga di kombinasikan dengan pisang..umbi2 an dll. Brownies dengan campuran mix fruit atau buah kering juga enak. Untuk memperkaya rasa..bisa di pakai brown sugar untuk menggantikan gula pasir, maka brownies akan lebih kaya rasa.
  • Brownies juga bisa di percantik dengan di buat motif marmer permukaannya dengan di beri coklat masak putih atau adonan cream cheese.
  • Bosan dengan brownies basah, panggang saja bronies di loyang kue kering, ratakan. Panggang hingga matang, keluarkan dari oven, potong2, lalu panggang kembali hingga kering. Jadi dech Brownies Cookies yang enak.
Nah..mudah bukan membuat brownies teman2..jika malas menimbang2 bahan dan cari bahan yang berkualitas..pakai saja tepung brownies mix..tepung brownies siap pakai. Seperti Lazetta Brownies Mix  yang aku jual tuch..enak banget coklatnya terasa dan manisnya pas..tekturenya juga pas..serba pas dech..sudah banyak teman2 yang mencoba dan pada suka dech.

Jadi mau memulai bisnis rumahan jualan brownies..bisa banget..pakai Lazetta Brownies mix..lebih mudah dan cepat..menghemat waktu menyiapkan bahan2. rasanya juga enak..seenak brownies ala bakery2 ternama..hihi. 1 pack @ 1 kg tepung brownies ini bisa jadi 4 loyang brownies ukuran standart tuch lho teman2..kalau kita beli di bakery mahal..kalau buat sendiri pakai tepung Lazetta ini..lebih murah kok dan hasilnya juga tak kalah enak dengan brownies ala bakery..hihi. Yuk, yang mau order silahkan..^_^










Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts