Laporkan Penyalahgunaan

Minum Aneka Jamu Herbal & Santai Sejenak Di Kafe Jamu Jeng Ratu Semarang

Tiap minggu kini kami punya tempat nongkrong baru untuk santai..yaitu minum jamu di Kafe Jamu Jeng Ratu di UMKM center Srondol Semarang..deket sich sama rumahku cuma 10 menit dari rumah :) Kebetulan suami juga jadi konsultan dan pembina umkm di situ jadi ya enak..sekalian kerja..nongkrong dan jalan2..komplet..hihi. Yodha aja juga udah hafal banget ke situ..udah kayak rumah kedua..main ke outlet2 keliling ke sana kemari nggodain mba2 penjaga..hihi. Memang dari kecil dia sich udah akrab dan mudah bergaul dengan orang banyak walaupun baru kenal..karena dari dulu ya *nginthil..ikut ke mana mana jika Papinya weekend ada kerjaan..ya..moga2 nular dech..jago marketing kayak papinya..hihi.





Nah..kali ini di rubrik Inspirasi Usaha Wanita..aku mau meliput salah satu sosok inspiratif..yaitu Bunda Ratu..atau lebih di kenal dengan nama Jeng Ratu. Bunda Ratu ini udah sepuh..tapi masih keliatan enerjik dan awet muda..cantik. Udah punya cucu lho padahal. Beliau ini adalah salah satu tokoh jamu herbal yang terkenal di Semarang. Kiprahnya juga sangat di kenal luas dalam usaha beliau melestarikan dan menyebarluaskan produk jamu herbal khas Indonesia ke berbagai daerah. Sering juga beliau mendapatkan penghargaan dari pemerintah . Selain pembudidayaan aneka tanaman herbal dan pelatihan pembuatan  jamu herbal di kediaman beliau di kampung Jamu Semarang, beliau juga membuka Kafe khusus Jamu Herbal ini di UMKM Center Srondol Semarang beberapa bulan yang lalu, dan usaha  Kafe yang terbilang belum lama ini sudah banyak di minati pelanggan.

Usaha beliau di bidang perjamuan ini juga di mulai dari usaha kecil lho..dengan ilmu   tentang jamu dan ramuan herbal yang di turunkan oleh ibunda beliau..akhirnya kini beliau berhasil..mengangkat jamu tradisional..ke dalam kemasan yang lebih bergengsi dan modern..yaitu di jual di Kafe khusus Jamu..dan usaha ini juga sudah di minati investor lho. Rencananya Bunda Ratu akan membuka beberapa cabang kafe serupa yang rencananya bekerja sama dengan investor asing yang membuka usaha minimarket modern di Jawa Tengah. Jadi nanti rencananya di setiap minimarket itu akan ada Kafe Jamu juga. Wah keren banget ya teman2.

Jangan membayangkan jamu yang nggak enak di kafe Jamu Jeng Ratu ini teman2..tapi semua jamunya enak..Yodha aja suka dan ketagihan minum jamu di Kafe Jamu ini. Tapi sukanya..Yodha minum wedang uwuh sich..rasanya segar dan enak sekali. Menunya jamunya unik2 dan bermanfaat lho teman2, ya kayak kalau kita minum di warung jamu, tapi dengan sentuhan presentasi yang lebih modern. Ada aneka macam jamu tradisional yang di sajikan di Kafe Jeng Ratu ini, ada wedang kolesterol, wedang jamu kecerdasan, wedang jamu pikun, masuk angin, nafsu makan, wedang jamu khusus pria dan wanita..dan aneka racikan jamu jamu lain. Semua di racik langsung di Kafe Jamu Jeng Ratu, dan ada juga yang bisa di bawa pulang dalam bentuk kering.

Aku udah sering ke kafe Jamu Jeng Ratu ini tapi baru sempat kemaren ngobrol langsung sama beliau..langsung klik dech nyambung cerita2 sana sini..sambil aku di terapi pijit refleksi..wah beliau ini hebat sekali dalam terapi pijat refleksi..capek2 terasa hilang dan badan jadi nyaman..padahal yang di pijat cuma bagian telapak tanganku aja..tapi enak sekali rasanya. Tak ketinggalan aku minta untuk di buatkan ramuan yang bisa membantu wanita yang ingin punya momongan lagi..hihi..biar cepat punya adik lagi Yodha. Nanti jika berhasil..aku share ya teman2..semoga saja..ya..amin. Yodha juga ikut2 an minta di pijit tuch..sampai naik di atas meja kafe..hihi..enak malamnya dia langsung tidur nyenyak..hihi. Jika teman2 mau berkenalan dan di pijat refleksi sama Bunda Ratu..bisa lho jika pas beliau ada di Kafenya..gratis..baik banget dech bunda ini..setelah di pijat..bisa menikmati aneka menu jamu di sana..sambil bersantai atau bisa membeli ankea jamu kering untuk di bawa pulang. Semoga bisa jadi berkah Bunda..usahanya untuk banyak orang dan juga bisa turut melestarikan jamu Indonesia dan agar lebih di kenal lagi di dunia.

Salut dech sama bunda Ratu ini..yang mau..dan tetep berusaha melestarikan aneka jamu tradisional dan mengemasnya dalam kemasan lebih modern yaitu menjualnya di Kafe2. Dan ide briliant ini juga di minati banyak investor ternyata..buktinya sudah ada beberapa yang menawarkan untuk membeli franchise Kafe Jamu Jeng Ratu ini..baik di wilayah Semarang maupun di luar daerah.

Jadi..kesimpulan hari..apapun usaha kita..asal di lakukan dengan sungguh dan niat ihklas untuk berbagi juga..maka..Insyallah..rejeki..ngikut dech. Bonusnya lagi..jadi terkenal lho seperti Bunda Ratu ini yang sering di pangggil ke mana2 untuk mengisi aneka pelatihan jamu..sampai keliling seluruh Indonesia lho. Jika teman2 punya instansi atau perkumpulan ibu2 atau perusahaan, atau sekolah yang mau mengundang bunda Ratu sebagai pembicara atau pelatihan pembuatan jamu, bisa banget lho. Beliau juga sering mengadakan acara pelatihan pembuatan jamu untuk ibu2 atau anak2 sekolah. Wah..menyenangkan ya..jadi ilmu baru buat kita ya teman2. 

Jangan lupa..kalau ke Semarang jika mau minum minuman sehat tapi enak..mampir aja ke Kafe Jamu Jeng Ratu..di UMKM center Srondol Jl. Setiabudi Semarang.  Siapa tahu ketemu aku juga di situ kalau weekend jika aku pas ke situ teman2..wuahaha..numpang tenar ya Bunda Ratu..*ngakak..* Soalnya aku bakalan sering ke situ memang teman2..karena mau terapi rutin ke Bunda ratu dan belajar banyak tentang jamu herbal..siapa tahu bisa belajar meracik jamu herbal juga..biar bisa langsing, cantik..dll..hihi. Kayaknya seru dech.

Mejeng dulu nich sama Bunda Ratu..hihi..siapa tahu nanti Bunda semakin ngetop..kan udah pernah berfoto bersama..hihi


Jadi..quote hari ini..untuk usaha ..Be unique..be creative..be different..^^ 
Sudah terbukti kok..Bunda Ratu dengan jualan jamu, tapi ala Kafe bisa membuktikan produknya di minati banyak orang juga. Jadi buka usaha nggak harus ikut2 an apa yang sekarang lagi nge trend atau harus yang modern teman2..tapi percayalah..jika kita mau mencoba..yakin dengan keahlian dan apa yang bisa menjadi peluang usaha..yakinlah untuk segera memulainya ya. Contoh nyata nich..minuman jamu tradisional aja yang biasanya jarang di minati..tapi jika di kemas menarik di tempat seperti kafe Jamu Jeng Ratu ini..mungkin bisa go publik internasional ya teman2..suatu saat nanti.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts