Laporkan Penyalahgunaan

Bubur Candil Pati Garut


Akhir2 ini banyak temen yang menanyakan tepung garut..padahal stock tepung garutku dari Yogya lagi habis..eh kemaren cerita2 sama mba art ku, tetangganya ada yang buat tepung garut juga. Akhirnya aku coba..dan hasilnya..lebih putih dan fresh dari yang biasa aku bawa dari Yogya...mungkin karena buatan baru. Jadi buat teman2 yang kemaren pesan..silahkan inbox ya..udah ada lagi..tapi stock masih terbatas ya..jadi siapa yang pesan duluan..ayuk..hihi.

Tadi mau ngetes tepung garutnya buat cookies..tapi kok jadi pengen bubur tepung garut buat sarapan tadi..akhirnya buat bubur dulu dech. Kebetulan punya sedikit ubi juga..jadi dech ubinya di buat bola2 kayak candil..ala di campur sama bubur tepung garutnya. Rasanya..enak..mak nyess..lembut di mulut..adem..di perut..hihi. Tepung garut kan banyak fungsi ya teman2..salah satunya untuk gangguan pencernaan..asam lambung dll.

Cara membuat candil ubinya..sama ya..dengan cara membuat bubur candil ubi yang pakai tapioka...bedanya hanya buburnya aja pakai tepung garut..jadi lebih lembut dan nggak terlalu liat ( terlalu molor..hihi..bahasanya...) kayak tapioka. Tapi untuk bola bola ubinya tetep pakai tapioka..karena untuk pengenyal..lebih bagus tapioka.

Kalau di  Jawa..tepung garut biasa di sebut pati kerut..biasa di buat dawet...ongol ongol, dan bubur manis seperti ini..tapi nggak pakai bola bola ubi..jadi ini kreasiku sendiri..hihi..biar seru ada bola bolanya buburnya..rasanya..enak sekali. Karakter pati garut ini sangat mudah menggumpal..jadi jika buat bubur di rasa masih terlalu kental..boleh di tambah air panas lagi secukupnya..aduk dan masak sampai tingkat kekentalan yang di inginkan.

Oke..dech yang punya pati kerut atau tepung garut di rumah..cobain dech..enak. Jika nggak ada bisa di ganti tepung tapioka biasa ya untuk buburnya. Selamat mencoba teman2..^^

Bubur Candil Pati Garut

Bahan :
  • 200 gram ubi jalar, kupas, kukus, haluskan
  • 40 gram tepung tapioka
  • 1/2 sendok teh garam
  • 800 ml air
  • 100 gram gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • 30 gram tepung garut
  • 100 ml santan dari 1 butir kelapa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1 lembar daun pandan,  buat simpul
Cara Membuat  :
Saus santan : dengan api kecil dan sambil diaduk, didihkan semua bahan saus santan sampai mengental. Angkat, sisihkan.
ubi jalar, campur dengan tepung tapioka dan garam, uleni rata. Bentuk bulat sedang. Sisihkan.
Didihkan air, gula, daun pandan, saring, didihkan kembali, masukkan adonan yang telah dibentuk. Setelah matang dan mengapung, masukkan larutan tepung garut, aduk.
Angkat dari api. Sajikan dengan saus santan.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts