Laporkan Penyalahgunaan

Rempah Kelapa Ayam



Rempah..adalah lauk gorengan yang terbuat dari kelapa yang agak muda, khas Semarang..jika nggak salah lho ya..soalnya aku kenal  lauk ini ya sejak tinggal di Semarang. Kalau di Yogya ada yang mirip rempah gini..namanya *tho ntho. Bedanya..rempah bumbunya lebih komplet..kalau tho ntho lebih simpel dan nggak pakai telur adonannya.

Kalau rempah itu juga bisa di buat macam2 variasi..favoritku adalah rempah udang. Tapi biar nggak bosan..dan memang lagi nggak punya udang..aku tadi bikin rempah kelapa pakai ayam..enak juga lho teman2..sama gurih kayak rempah udang..suka dech. Jika suka pedas..bisa di tambah cabai rawit di adonan..wah rasanya tambah sipp..pedes2 gurih. Nah..kalau buat rempah kelapa ini cocok dech di tambah cabai di adonan..karena bahan utamanya kelapa..jadi tambah gurih dan sedep. Rempah ini sangat cocok buat lauk nasi kuning juga lho teman2..sebagai pengganti perkedel. Cobain dech..cocok banget. Tapi buat lauk sayur atau di gado gitu aja juga gurih lho..^^

Next time mau coba juga ah..rempah tahu..mungkin enak juga. Tips untuk menggoreng rempah ini, jangan di bolak balik ya teman2..waktu menggorengnya.cukup di balik jika adonan bawah sudah kecoklatan. Jika di bolak balik waktu adonan bawah belum matang, nanti mudah hancur. Untuk variasi rasa..ayam bisa di ganti udang kupas yang di haluskan sejumlah ayamnya ya.

Ok..selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya..^^

Rempah Ayam
Bahan:

1/2 butir kelapa sedang..agak muda..tapi sudah bisa di parut panjang
100 gram ayam giling ( atau cincang halus )
1 butir putih telur

Bumbu, haluskan:
2 siung bawang putih
½ sdt ketumbar
2 butir kemiri, sangrai
3 buah cabai rawit
¼ sdt merica butiran
½ sdt gula pasir
1/2 sdt garam & 1/2 sendok teh kaldu  ayam bubuk jika suka..( aku pakai Alsultan ^^ )

Cara Membuat :
Campur kelapa, ayam, putih telur dan bumbu halus hingga rata.
Bentuk adonan menjadi bulat pipih atau bulat lonjong, sesuai selera.
Goreng dalam minyak panas dan banyak hingga kuning kecokelatan dan kering.
Angkat dan tiriskan.

Tips : Waktu menggoreng..sebelum sisi bawah kering..jangan di bolak balik ya..jadi biarkan bagian bawah berkulit dulu, baru di balik.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts