Laporkan Penyalahgunaan

Membuat Kulit Martabak Telur Sendiri..Mudah Lho..^_^


Ini kali pertama aku buat kulit martabak telur ala Abang2 tukang martabak pinggir jalan. Ternyata..mudah banget lho teman2. Memang biasanya kalau buat martabak telur lebih suka pakai kulit lumpia yang praktis..jadi dari dulu mau coba kulit martabak telur ala Abang2 gitu ya males banget..hihi . Lha Semarang kan kota lumpia..jadi kulit lumpia segar bagus2 tiap hari banyak di pasar..murah pula. Jadi mau buat lumpia atau martabak ya tinggal pakai kulit lumpia siap pakai ini..praktis.

Nah..kemaren..pas Yodha minta di buatin martabak gurih..eh pas nggak punya kulit lumpia..padahal biasanya ya ada terus di kulkas...jadi ya terpaksa buat sendiri  kulitnya. Lha di tawari snack lain nggak mau..maunya tetep mau martabak gurih..hihi. Maklum..jagoan kecilku ini lagi seneng sama martabak gurih..yang manis udah bosan dia..jadi udah 2 mingguan ini..snack sorenya..selalu martabak..hihi. sampai mblenger aku buatnya.

Nah..jadi karena kepepet butuh..karena Yodha tetep kekeh mau makan martabak..ya udah dech aku coba buat sendiri kulit martabaknya. Setelah bongkar2 tabloid..nemu dech tabloid Saji yang ada resep kulit martabaknya. Setelah aku coba..weh..lha mudah sekali buatnya..hihi. Wah tau gitu dari dulu dech sering buat. Tak kira susah je..bikin kulit martabak yang bisa lentur dan tipis seperti kain itu..hihi. Kalau lihat di tukang2 martabak gitu kan dulu suka *gumun..alias heran..kok kulitnya bisa tipis, lentur dan nggak sobek gitu waktu di lebarkan. Ternyata..kuncinya adonan di rendam di minyak selama 2 jam. Seru dech bikin kulit martabak mini sendiri ini teman2. Nggak pakai lama nguleninya kok..udah kalis dan elastis sendiri. Yang lama cuma nunggu waktu perendaman adonannya..musti 2 jam..hihi.

Satu  hal yang agak susah cuma waktu menggorengnya saja..mungkin karena belum canggih ya..seperti abang2 pinggir jalan gitu melipat kulit setelah di isi..jadi belum bisa sempurna kotak gitu bentuknya..hihi. Lha..aku pakai teflon biasa..kalau di abang2 martabak pinggir jalan itu kan wajannya enak ya...kan lebar dan datar...jadi meletakkan adonan yang udah di tipiskan dan membentuknya juga lebih mudah. Jadi tips sedikit jika mau buat kulit martabak ini, gunakan teflon anti lengket yang lebar ya teman2..agar adonan bisa maksimal melar lebar dan jadi tipis dan renyah kulitnya. Tapi untuk uji coba pertama..not bad ..lah ya..kalau soal rasa..udah sama persi kayak di abang2 pinggir jalan..renyah dan lembut gitu kulitnya..tinggal belajar lagi aja..cara melipat kulitnya..biar lebih rapi hasilnya. Wua..jadi ketagihan..buat aneka martabak dengan kulit homemade nich..seru banget soalnya.

Ini aku buat martabak sosis buat Yodha..alhamdulillah udah suka ngemil..kemaren sekali makan habis 5 potong..hihi. Enak ya Kak..sore hujan2..makan martabak anget..buatan Mami tercinta pula...^^

Oke dech..teman2 mau coba juga..yukk..simak resepnya ya..

Kulit Martabak Telur

Bahan :
200 gram tepung terigu protein tinggi
1/4 sendok teh garam
140 ml air
30 gram minyak goreng
500 ml minyak goreng, untuk merendam
minyak untuk menggoreng


Cara membuat :
Kulit, campur tepung terigu dan garam. Tuang air sedikit – sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan minyak goreng. Uleni sampai elastis.
Timbang masing-masing 75 gram. Bulatkan. Rendam dalam minyak goreng 2 jam.

Adonan siap di pakai. Cara pemakaian..tiriskan satu bulatan adonan. Tarik2 dengan tangan agar melebar dan jadi tipis. Adonan yang baik akan mudah sekali di tarik2 sampai tipis dan lebar..dan nggak putus. Atau mau kayak abang2 martabak itu..bisa pakai gaya di lempar2 di tangan juga..tapi.."Please don't try this at home..!"..jika belum bisa..nanti malah mendarat ke lantai adonannya..hihi.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts