Laporkan Penyalahgunaan

Bánh Chuối Nướng ( Vietnamese Baked Banana Cake )


Keliling dunia lagi yukk teman2..lewat icip2 kulinernya tapi..hihi. Nah..kalau ke Korea..Jepang kan udah sering nich ngintip citarasa makanannya..sekarang kita ke Vietnam ya. Kenapa tiba2 coba makanan vietnam..nggak sengaja aja pas lihat Chef Martin Yan lagi menjelajahi kuliner Vietnam di AFC aku tertarik dengan salah satu dessertnya..yaitu  Bánh chuối nướng ( Vietnamese banana cake ). Keren dech Negara Vietnam yang nggak begitu nge top kulinernya..berani ngundang dan menyewa chef sekelas Martin Yan untuk mempromosikan wisata dan kuliner negaranya...dalam suatu acara khusus. Hemm..coba Indonesia begitu ya..hihi. Setelah aku amati..banyak kuliner Vietnam yang mirip2 sama Indonesia..ada ketan bubuk juga..dlll. Ada martabak pisang juga..hihi..kapan2 aku coba juga ah..seru kayaknya. Tapi tetep ku pilih2 ya masih bisa di terima lidah kita ya teman2..resep2nya.

Nah..pas lihat salah satu tayangan kemaren..aku tertarik dengan banana cake Vietnam ini..karena cara buatnya gampang..bahannya mudah..dan mirip2 sama kue tradisional kita juga lho..kaya bread puding gitu..tapi lebih mirip lagi carang gesing khas Jawa. Bedanya..kalau carang gesing di kukus..kalau banana cake vietnam ini di panggang lama hingga kecoklatan atasnya. Wah..jadi penasaran dech. Akhirnya begitu punya pisang raja yang manis dan ranum..langsung bikin dech kemaren.

Cara membuatnya mudah sekali..cuma tinggal campur2 bahan..tanpa mixer..rasanya juga legit enak..beneran mirip carang gesing tapi di panggang..hihi. Cara penyajian bisa individual  pakai ramekin kecil2..atau bisa juga di panggang di loyang , kemudian di potong2. Aku suka yang di potong2 aja..jadi keliatan cantik dalamnya dan pisangnya terlihat. Pisang yang di pakai bisa pisang kepok matang atau pisang raja..aku tentu saja pilih pisang raja...lebih harum.

 

Setelah di panggang..kue akan lebih enak dan padat jika di masukkan ke kulkas semalaman, tapi jika nggak sabar mau mencicipinya ya boleh langsung di makan. Aku coba keduanya..langsung makan sama di inapkan..memang setelah di inapkan di kulkas jadi lebih padat dan lebih enak di potong2. Kalau masih hangat selesai di panggang..masih agak terlalu lembut untuk di potong..jadi mungkin bisa langsung di sendokkan ke piring cara makannya. Legit..harum..wangi pisang. Ini dia resepnya ya teman2..aku adaptasi dari acara Chef Martin Yan di tivi..^^


Bánh Chuối Nướng ( Vietnamese Baked Banana Cake )

Bahan :
8 pisang raja yang matang dan ranum, iris bulat tipis, lumuri dengan 1 sendok makan gula pasir hingga rata, diamkan selama 1/2 jam
Santan kental 200 ml
Roti tawar 8 lembar, sobek sobek kecil2
2 sendok makan susu kental manis
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili

Cara membuat :
Aduk rata santan, susu, garam dan vanili. Masukkan roti tawar, aduk rata hingga cairan terserap di roti.
Masukkan 1/2 bagian pisang ke adonan, aduk rata, hati2 jangan sampai hancur pisangnya.
Siapkan loyang..olesi minyak goreng, tuang adonan di loyang. 
Tata sisa pisang di atasnya..lalu panggang 180 C selama 1 jam..sampai atasnya kecoklatan.

Note :
Pisang yang terkena gula akan nampak kocoklatan karena karamel terbentuk..jadi bukan gosong ya ini teman2..hihi. Justru effek karamel pisang ini yang di cari dan membuat kue ini lebih cantik. Jika suka wangi butter..boleh di tetesi sedikit butter leleh di atas adonan sebelum di panggang. Kalau aku nggak pakai..selain nggak suka..juga lagi nggak punya butter di rumah.










Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts