Laporkan Penyalahgunaan

Mendut Ketan Hitam


Mendut..jajanan khas dari tepung ketan. Kalau di rumahku dulu di Yogya..kalau ada hajatan di rumah..pasti dech..bikin 3 macam jajanan kukus , yaitu utri / nogosari , lemper dan mendut ini. Begitu juga dengan tetangga2. Jadi udah kayak jajanan wajib hajatan gitu. Jadi..kalau dapat nasi kenduri , pasti berebut cari mendut ini..hihi. Karena rasanya lebih legit ya di banding utri..karena mendut terbuat dari tepung ketan, sedang utri terbuat dari tepung beras. Aku dari kecil juga suka mendut.suka banget jajanan dari tepung ketan gini. Apalagi isi unti kelapa yang manis , legit dan gurih..klop banget dech. Sampai udah tua gini ya masih suka aja sama mendut..hihi. Seleraku tetep sama..selera jadul. Mendut ini adonannya mirip2 putri mandi ya teman..tapi kalau putri mandi kan berendam ya..mandinya..hihi..alias pakai saus santan kental. Kalau mendut ini nggak..jadi tanpa saus.

Nah..lama nich nggak ngutak atik tepung ketan hitam,..jadi aku pengen buat mendut ketan hitam dech. Kebetulan punya unti kelapa yang udah beberapa hari nginap di freezer .pas tho..tinggal buat sebentar..jadi dech cemilan enak , gurih dan legit..cocok banget nich buat minum teh sore2 yang udah mulai sering mendung gini ya teman2. Untuk mendut ketan hitam ini tetep harus di campur tepung ketan putih ya teman2..biar tetep ada tekture liatnya. Nah..biar empuk dan nggak alot pas udah dingin..aku campur juga kentang kukus dikit. Aku pakai tepung kentang yang tinggal seduh dong..praktis. Tapi jika tidak ada bisa pakai kentang kukus biasa ya teman2...jika mau repot ngukus kentang dikit ya..hihi..lha buat campuran mendut ini cuma butuh 50 gram kentang kukus aja. Kalau pakai tepung kentang seduh kan tinggal ambil 2 sendok aja cukup  , tinggal di seduh air panas..jadi dech kentang kukus lumat.

Mendut dengan campuran tepung kentang ini awet empuk biarpun udah dingin. jangan lupa.....jika ingin penampilan mendut lebih menarik, ganti daun pisang pembungkusnya dengan daun  pisang yang di layukan, agar tetep seger bungkusnya.Tips melayukan daun pisang dengan cepat agar lebih lemas dan mudah untuk membungkus jajanan gini..mudah saja..cukup di panaskan di atas kompor..tapi jangan langsung di atas api ya..hihi..jadi agar jauh gitu dari api..pegang pakai tangan..pasti dech cepat layu..dan lemas daunnya, tapi warnanya nggak pucat dan tetep seger hijau gitu. Jadi penampilan kue2 yang berbungkus daun dan di kukus..jadi tetep menarik kan teman2. Olesi juga dengan sedikit minyak ya agar permukaan mendutnya sebelum di bungkus biar  nggak kering. Sewaktu mengukus mendut ini sesekali juga harus di buka ya teman tutup kukusannya..agar mendut nggak terlalu mengembang.


Oke..selamat mencoba ya teman2..oh ya buat teman2 yang kemaren pesan tepung ketan hitam dan kehabisan..udah re stock lagi nich aku..banyak ya..jadi bisa di pesan lagi..ya tepung ketan super halus yang aku jual ini..jadi enak kalau di buat cake atau kue2...legit dan halus tekturenya..nggak ngeres gitu dech. Ini saking   halusnya tepung..jadi nggak keliatan warna hitam kan teman2..itu bukan karena apa2..tapi ya karen amemang tepung ketan hitam ini sehalus terigu. Setelah beberapa waktu sering belajar dari para ahli *pertepungan*..memang..tingkat kehalusan tepung itu macam2..nah..kalau tepung2 ketan hitam yang beredar di pasaran itu masih kasar..jadi warnanya masih kehitaman ya teman2..tapi kalau tepung ketan hitam yang aku jual ini..super halus..istilah Mess atau tingkat kehalusannya tepungnya itu 150..paling halus dech.,  biasanya rata2 100 dech Mess..untuk tepung2 lain. Jadi ketika semakin halus tepung..semakin putih warnanya. Tapi ketika di masak..apalagi di kukus..ya hasilnya tetep bisa hitam..kayak mendut yang aku buat ini nich teman2..pakai tepung ketan hitam  yang aku jual ini.


Oh ya..jika mau save atau print resep..bisa banget lho..di klik aja gambar printer di pojok kanan bawah tiap postingan ya teman2..jadi web ini udah di design sedemikian canggihnya lho...sampai aku menyewa jasa web developer lho biar fasilitas buat teman2 yang baca komplet..hihi..eh masih ada juga yang komen begini..sabar2 yach..:) Jika belum tau cara copi resep sebenernya tinggal tanya baik2 ya..pasti aku jawab..nggak perlu marahin yang punya blog kan ya..hihi.

Pelit , moso tulisannya nggak bisa di copy, kalau harus nulis kan cape, tak perlu takut di copy orang ke blognya, kalau nggak bisa di copy ngapain nulis? - See more at: https://www.ejaeworks.com/search?q=cara-membuat-adonan-tiwul-dari-tepung#sthash.WGCH4mBz.dpuf
Pelit , moso tulisannya nggak bisa di copy, kalau harus nulis kan cape, tak perlu takut di copy orang ke blognya, kalau nggak bisa di copy ngapain nulis?
Ok dech..malah curhat..ini resepnya ya teman2..selamat mencoba jika suka kue2 tradisional dengan ketan hitam ya..^^
Mendut Ketan Hitam

Bahan :
100 gram tepung ketan hitam
50 gram tepung ketan putih
50 gram kentang kukus ( aku pakai tepung kentang yang di seduh air panas )
150 ml santan kental hangat, kira2 ya, boleh kurang atau lebih.
1/4 sendok teh garam
2 sendok makan gula halus
1/8 sendok teh vanili
1 sendok makan minyak goreng

Isi : Unti kelapa secukupnya 

Cara membuat :
Campur tepung ketan hitam, tepung ketan putih, kentang kukus, gula , garam, minyak goreng, dan vanili. tuangi santan hangat , aduk rata hingga kalis tapi tetep lemes.
Siapkan selembar daun pisang, ambil sedikit adonan, bentuk bulat, pipihkan, isi dengan unti kelapa secukupnya. Bentuk bulat kembali, bungkus dengan daun pisang  bentuk kotak.
Lakukan hingga adonan habis. Kukus 20 menit sambil beberapa menit sekali di buka tutup kukusannya..agar kue tidak mengembang sekali.
Dinginkan. ganti bungkus dengan daun pisang yang baru.
sajikan.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts