Laporkan Penyalahgunaan

Tiwul Ayu


Masih..mengulas..menu per *tiwul* an dan per *gaplek* an teman2..hihi. Gaplek..jika di buat tepung..jadilah tepung tiwul, yang biasa di buat tiwul kukus atau nasi tiwul. Nah..tepung tiwul atau tepung gaplek ini jika di olah lagi..bisa jadi aneka jajanan juga lho..selain di jadiin tiwul kukus manis atau nasi tiwul. Bisa di buat aneka kue modern, seperti brownies..dll. kalau aku tetep suka yang aliran tradisional sich kalau bikin jajanan dari tiwul ini..salah satunya ya..tiwul ayu ini..atau putu ayu dari tiwul. Besok next eksperimen..mau bikin bolu emprit..itu tuch kayak kue kering jadul yang dulu warnanya putih agak kusam kusam, rasanya lumer di mulut dan khas sekali teman2..karena terbuat dari tepung gaplek..jadi warnanya bisa kusam. Selain itu bisa di buat mie gaplek juga..wah..pengen coba semua..semoga waktunya bisa dech.

Untuk hari ini..bikin tiwul ayu dulu ya. Ini pakai tepung tiwul atau tepung gaplek yang aku jual..hihi. Kemaren sebenernya mau beliin titipan temen2 yang pesen aja..karena takut nggak laku, tapi ku pikir2 udah jauh2 cuma ada di Yogya..aku ambil banyak sekalian..buat di jual..hihi. Apalagi dapat tepungnya baru giling di produsennya..jadi masih benar2 fresh..ya udah akhirnya beli banyak. Alhamdulillah..laku juga..hihi. Rupanya banyak teman2 yang kangen sama jajanan jadul ini ya. Buat yang mau pesan juga ini..masih ada stock lho..nanti kalau habis tak mudik lagi..hihi..sekalian kulakan  gaplek keringnya yang buat gatot..banyak yang pesan juga. Dasar dech..apa2 di jual ya teman2..seru aja gitu bisa nemu jajanan langka gini dan membantu teman2 yang kangen jajanan tradisional Jawa ini.

Untuk bikin putu ayu...tepung tiwulnya di blender kering dulu hingga halus ya teman2, terus di ayak, tapi jika malas..aku juga sedia yang versi halus nich tepung gapleknya..yang bisa buat  tiwul ayu ini atau buat brownies tiwul, cake tiwul, bolu emprit dll. kalau yang standart biasa kan buat tiwul kukus dan nasi tiwul dan jajanan lain, kalau yang versi halus ini udah halus banget kayak terigu. Di Yogya memang banyak di pakai untuk buat tiwul ayu seperti ini teman2. 

Tepung tiwul halusnya kayak gini ncih..udah hampir kayak terigu dech halusnya..tapi aromanya khas banget..aroma tiwul..hihi. 


Oke..buat teman2 yang mau coba tiwul ayu..yukk simak resepnya ya..jika beli di pasar tradisional tepung tiwulnya masih agak kasar, bisa di blender kering hingga halus ya. Rasanya..enak bingits...antara rasa putu ayu..dan tiwul..hihi..jadi ada aroma khas tiwul..gurih, legit dan lembut menul2..jadi satu dech..^^
Tiwul Ayu

Bahan :
100 gram tepung gaplek / tepung tiwul
25 gram tepung terigu protein sedang
2 butir telur
100 gram gula merah sisir ( aku pakai gula merah semut / gula merah halus )
1/4 sendok teh garam
1/8 sendok teh vanili
Santan 100 ml
Kelapa parut 100 gram dan sejimpit garam, aduk rata, lalu kukus 10 menit.

Cara membuat :
Olesi cetakan putu ayu dengan minyak tipis2 dan rata, taruh kelapa parut secukupnya di dasar cetakan.
Panaskan kukusan, jangan lupa alasi tutup kukusan dengan kain bersih.
Kocok telur dan gula merah hingga mengembang dan kental, masukkan vanili, garam, tepung gaplek, dan santan, kocok rata dengan kecepatan mixer rendah saja hingga rata.
Tuang di cetakan hingga hampir penuh.
Kukus selama 20 menit di api sedang hingga matang. Sajikan
Tiwul ayu yang ayu nan menul2..siap di santapp...! ^^
Note :
Aku pakai gula merah butiran..atau di kenal dengan nama gula semut..ini juga salah satu daftar jualanku..hihi..tapi belum sempat ku posting..dan ku ulas. Jadi gula merah semut ini adalah gula merah yang berbentuk butiran2 kecil seperti semut..makanya di sebut gula semut kali ya. Produsennya sama dengan yang produksi gula merah cair yang iklannya ada di atas web ku ini..hihi. Gula merah semut ini sangat praktis di pakai untuk bikin kue2 teman2..misal putu ayau..cake gula merah, bolu kukus gula merah dll..karena sudah bentuk kayak pasir ..ndak perlu nyisir2 gula merah lagi. Dan ketika di kocok dengan telur hasilnya bisa ngembang bagus juga..wah..sayangnya lupa motret tadi. Besok dech..tak buat bolu kukus gula merah dulu ya..jadi biar bisa di foto hasil kocokan telur pakai gula semut ini. Tenang..ndak ada semutnya kok..hihi..beda sama gula merah di pasar tuch yang kadang2 ada semut beneran di dalamnya ketika kita cairkan terus di saring..kan banyak ampas2 macam2 ya..hihi. Kalau gula semut ini..selain gula merah murni..juga bersih sekali.,jadi praktis dan sehat kan teman2..bisa buat minuman juga lho. Stop ah..promonya..ntar pada kabur semua ini teman2 yang baca..hihihi. Jiwa sales sejati..lol..! Tapi boleh dong di intip dulu teman2..penampakan gula merah semutnya..kayak gini ya..hihi.


Buat yang mau pesan tepung tiwulnya..oke silahkan lho..di tunggu..hihi. Oh ya..sebelumnya..mau colek Ibu Sri hayati...yang 3 kali kirim pesan via contact form..mau order tepungnya..udah saya balas terus Ibu..tapi alamat email punya ibu sepertinya sudah tidak aktif, jadi ketika Saya balas, gagal ..mohon maaf ya bu..bisa tinggalkan no hape saja di contact form..nanti Saya sms..^^






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts