Laporkan Penyalahgunaan

Soto Mie


Kemaren habis  bikin risol bihun..beneran lanjut buat soto mie sore harinya. dari dulu penasaran sich memang pengen coba soto mie sendiri di rumah. Nah..pas kebetulan lagi ada risol bihun..jadi harus di coba juga bikin soto mie ini. Soto mie ini adalah makanan khas Bogor ya teman2..kalau nggak salah. Kalau dari analisaku sich ini kuah soto daging biasa.Tapi isinya pakai mie gitu sebagai isian utama, dan yang jadi ciri khasnya adalah risol bihun yang di potong2..di campur ke dalam soto mienya. Walau menurutku agak nabrak2 ya..kalau di campur ke kuah risolnya..tapi enak dan unik juga..hihi. Secara baru pertama ini lho aku makan soto mie. Yodha..juga doyan..berarti enak..^^

Dari berbagai resep yang bertebaran..ada bermacam2 versi soto mie..ada yang bening, ada yang kuahnya kuning kayak soto biasa, ada juga yang kemerahan pakai cabai.
Ada yang juga yang nampak kental..bahasa Jawanya..*mlekoh*..gitu. Halah..bahasaku..*mlekoh*..itu bahasa Indonesia nya apa ya teman2..hihi..maafkan ya jika bahasaku kadang nggak sesuai eyd..hihi. Jadi kira2 begini..mlekoh itu kuahnya keliatan kental dan berbumbu gitu..jadi menggoda iman dech untuk dicicip. Nah..pas buat soto mie ini..aku ikut aliran yang kuah kental ini..karena pakai bumbu komplet dan banyak bumbunya. Bumbu yang memebuat kuahnya keliatan kental ini , karena pakai kemiri. Ada juga sich tapi resep soto mie yang nggak pake kemiri..semua kembali ke selera masing2 saja ya teman2..jika mau coba. Kalau aku sich suka yang pakai kemiri..lebih gurih dan mantap rasanya.

Daging yang di pakai untuk soto mie ini paling enak ya daging tetelan yang berlemak..jadi lebih gurih. Tetelannya di buat kaldu dulu dengan di rebus agak lama hingga empuk. Oh ya..aslinya soto mie ini paling enak pakai mie basah yang di jual di pasar2 gitu lho teman yang warnanya kuning. Wah..memang enak itu di buat aneka olahan mie tradisional  Indonesia. Rasanya..otentik tradisional gitu memang kalau pakai mie pasar itu. Tapi karena aku belum ke pasar kemaren ya akhirnya aku pakai mie telur kering biasa,..hihi. Dan inilah soto mie ala aku ya teman2..dengan bumbu2 dasar  pakem ala Soto mie Bogor..tapi takaran bumbu sesuai seleraku..selamat mencoba ya jika suka..^^
Soto Mie

Bahan :
100 gram mie kuning kering, rebus hingga matang
250 gram daging tetelan sapi, rebus dengan 1500 ml air dengan api kecil hingga empuk, sisihkan kaldunya 1L
2 batang daun bawang, iris halus
3 lembar kol, iris halus
2 buah tomat, potong kasar
2 buah kentang, potong2 goreng
Risol bihun 3 buah
Bawang merah secukupnya
Kerupuk / emping melinjo secukupnya
Sambal rawit secukupnya
Kecap secukupnya
Jeruk nipis secukupnya

Bumbu halus :
8 butir bawang merah
5 cabai merah, buang bijinya
5 butir kemiri
4 siung bawang putih
1 cm kunyit
1/4 sendok teh merica butiran

Bumbu tambahan :
2 cm jahe, memarkan
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam
1 batang sereh, geprek
Kaldu sapi 1/2 sendok teh
Garam dan gula secvukupnya

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dna matang, masukkan bumbu2 tambahan, air kaldu dan bumbu2 lain. Masak hingga bumbu meresap, koreksi rasa.
Susun mie, risol bihun dan pelengkap lain ke dalam mangkuk, tuangi kuah soto.
Sajikan hangat dengan sambal dan kecap.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts