Laporkan Penyalahgunaan

Risol Bihun


Tadi pagi kesiangan bangun semua..hihi..jadi nggak sempat masak buat sarapan, akhirnya beli sarapan di luar. Pagi2 beli nasi uduk sama ayam bakar. Tapi ayamnya tuch anyep sepo gitu..akhirnya nggak kemakan   dech. Ya udah..akhirnya mikir bisa di buat apa ya.paling2 buat campuran nasi goreng kan enaknya. Akhirnya tengok dapur..masih ada bihun sedikit..hemm jadi kepikiran buat bihun goreng. Tapi bihun goreng di makan gitu aja kan kurang seru ya..baiklan..mari sedikit repot lagi..jadilah risol bihun yang yummy buat cemilan.

Jadi..bahan2 tersisa di dapur..bisa kita manfaatkan lho teman2..jadi cemilan baru yang pasti di sukai keluarga. Misal..punya sisa bihun goreng juga..jangan di buang ya.di buat aja risol bihun gini..enak lho buat di cemal cemil. Dan karena udah berubah bentuk gini..yang tadinya nggak suka bihun goreng..mungkin jadi suka kan. Jika rajin lagi..bisa lanjut..bikin soto mie yang pakai risol bihun gini..wua..aku jadi pengen juga..ntar sore bikin ahh..soto mie nya..jika sempat sich.

Untuk membuat risol bihun, kulit rsiolnya harus yang agak liat, jadi ngagk mudah sobek dan lembek ketika di goreng, karena kan nggak di panir risolnya..langsung di goreng gitu. Jadi..untuk dapat kulit risol yang kuat dan liat nggak mudah sobek gitu..harus yang adonannya pakai putih telur dan air saja. Jangan pakai yang kulit risol  yang pakai susu dan kuning telur ya teman2..nanti terlalu lembut kulitnya..kalau di goreng langsung itu jadi lembek dan mudah menyerap minyak.


Oke..mau coba..yukk mari bikin di rumah..muda banget kok..apalagi bikin kulitnya..pakai wajan kewalik..hihi..jadi tinggal celup2 aja..cepat banget bikin kulitnya..dan hasilnya bisa sama tipis dan bentuknya bisa bulat cantik dech kulit risolesnya. Wajan kewalik..apa itu..liat di SINI ya..buat yang belum tau teman2. Wajan ajaib..hihi..bisa buat crepes, kue leker, kulit lumpia, kulit risol, dadar gulung , mile crepes dll..apapun yang biasanya di dadar2 tuch paling enak pakai wajan ini..lebih mudah dan cepat..hasil bisa sama tipis...jadi bisa menghemat waktu banget dech teman2..^^
Risol Bihun

Bahan :
250 gram tepung terigu protein sedang
500 ml air
2 butir putih telur
1/2 sendok teh garam
Aduk semua bahan kulit, mixer sebentar , lalu buat dadar tipis2 dengan wajan kewalik atau teflon biasa.

Bahan isi :
100 gram bihun beras, seduh dengan air mendidih, tiriskan. Biarkan mengembang
1 potong ayam rebus, cincang kasar ( optional , nggak pake nggak apa2 )
1 buah wortel, potong korek api 
2 batang daun bawang , iris tipis
1/2 bawang bombay, iris kecil2 panjang
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sendok teh
Kaldu bubuk 1/2 sendok teh ( optional )

Bumbu halus :
2 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ebi yang sudah di rendam air panas
1/4 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bawang bombai dan bumbu halus hingga matang dan harum, masukkan sedikit air supaya nggak gosong bumbunya ( 50 ml aja cukup ), masukkan wortel, aduk hingga layu, masukkan bihun dan bumbu2 lain. Aduk rata dan masak hingga meresap. Koreksi rasa. Dinginkan.
Penyelesaian :

Ambil selembar kulit risol, isi dengan bahan isi secukupnya, lalu gulung   dan padatkan seperti bentuk lumpia atau risol biasa. Lem ujung2nya dengan putih telur. Goreng hingga kecoklatan. Sajikan hangat dengan cabai rawit atau untuk campuran soto mie.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts