Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Kriwil...^_^



Tahu Kriwil..tahu apa itu..hihi. Tahu yang kriwil dong..halah..opo tho ya...kasih nama aneh2 aja..iseng banget..kemaren punya stock tahu tinggal beberapa biji..mau tak buat apa ya..yang mudah dan cepat serta minimalis bahan2nya. Akhirnya aku buat aja tahu kriwil begini. Idenya itu dari resep tahu bulat keriting yang dulu udah pernah ku share di SINI Kalau tahu bulat keriting itu dulu kan tahu putih jadi bumbuin..terus di bentuk bulat2. Nah biar bisa keriting kulit luarnya..tahunya musti di simpan di kulkas dulu hingga dingin 1 malam..dan di goreng ketika masih dalam kondisi dingin. Jadi teorinya begini..tahu dingin..kena minyak panas..langsung dech keriting bagian kulit luarnya. 

Nah..kali ini aku iseng luarnya aku kasih aja tahu kecil2 yang di potong kotak kecil..jadilah lebih cantik bagian luarnya..jadi kriwil kan teman2..hihi..makanya di sebut tahu kriwil aja ya..kan lucu. Jadi..bisa jadi ide bisnis tahu nich..buat teman2 yang mau jualan jajanan dari tahu mungkin. Ini murah meriah kok bahannya..cuma tahu putih aja..di bumbu..kemudian di celup putih telur..lalu gulingkan ke tahu yang udah di potong kecil2. terdengar ribet ?..ndak juga ..kalau udah buat.malah seru lho. Kalau di rumah bisa buat bareng anak2 pas libur gini..pasti suka dech mereka. 

Tahu kriwil ini bisa di jadikan ide usaha juga lho teman2..kan sekarang ini banyak sekali ya inovasi olahan tahu gerobak yang di jual di pinggir2 jalan..ada tahu miso..atau tahu bulat..tahu krispi dll. Nah..coba aja bikin usaha gerobak tahu kriwil ini temen2..sapa tau jadi trend olahan tahu..hihi..jika mau jualan jajanan dari tahu. Karena bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih. Di tempatku sini ada tahu krispi..yang jualannya cuma tahu goreng krispi aja..laris manis lho..dan sampai banyak yang ikut2 an jualan tahu krispi di gerobak gitu. Jadi..mau menjemput rejeki dari usaha kuliner..banyak jalan teman2..yukk semangat..! ^^

Kalau membuat cemilan dari tahu..pastikan cari bahan tahu yang berkualitas ya teman2..yang nggak asam..dan tidak terlalu berair. Pilihan tahu yang enak itu tahu putih yang padat dan keset..kalau beli di pasar. kalau di supermarket bisa beli tahu china..tahu Surabaya..tahu Sumedang dll..pokoke tahu yang padat dan nggak berair atau lembek ya.

Oke dech..mau coba di rumah..yukk mari..catet resepnya ya..^^
Tahu Kriwil

Bahan :
5 buah tahu putih padat, haluskan
2 buah tahu putih, potong2 kotak kecil
1 sendok teh bawang putih bubuk
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam sesuai selera
Putih telur 2 butir

Cara membuat :
Campur tahu halus dan semua bumbu2. Koreksi rasa..cicipin dikit ya..jika udah pas gurihnya, tambahkan 1 butir putih telur, aduk rata.
Kocok asal rata sisa 1 butir putih telur.
Ambil sedikit adonan tahu, bentuk bola bola kecil. Celup ke putih telur, lalu gulingkan ke potongan tahu kecil2, sambil di padatkan dan di apikan agar menempel menutupi seluruh permukaan tahu halusnya. 
Lakukan hingga adonan habis.
Simpan di freezer 3 jam biar agak padat dan menempel sempurna tahu nya.
Panaskan minyak di api sedang. Masukkan tahu dalam kondisi dingin ke minyak panas. Gunakan minyak agak banyak ya..dan wajan anti lengket agar tahu tidak menempel..serta terendam minyak. Jadi nggak perlu di bolak balik menggorengnya. Jika udah matang bagian bawah, balik sesekali aja. Kalau terlalu sering di aduk..nanti kriwilan tahunya bisa rontok..hihi.
Udah..gitu aja kok..jadilah cemilan tahu kriwil yang gurih ..murah meriah tapi enak..^^
Met coba ya teman2..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts