Laporkan Penyalahgunaan

Sambal Cibiuk Khas Garut


Akhirnya bisa posting..setelah internet nyala lagi..tadi tuch seharian nggak bisa buka internet..email dll..lewat pc..cuma lewat tab aja..jadi maaf buat teman2 jika terlambat ya..daku balas email atau inbox di fb..dll.  Walaupun ada gadget lain juga kok mantep aja gitu kalau nulis..nerangin sesuatu dan ngetik di komp..hihi. Soalnya terbiasa kerja cepat. Kalau di komputer itu berasa bisa kerja sana sini..buka ini ini itu dalam waktu barengan gitu. Tapi kalau internet lagi lemot..yang akhirnya pegel..akhirnya wis..tutup komputer seharian..hihi. Setelah di top up pulsa nich..baru lancar..padahal harusnya masih lama lho jatahnya..hihi..dasar ya..sekarang nich mana ada yang bener2 sesuai janjinya..para penyedia jasa internet di negara kita tercinta ini...hihi.

Yo wis..yukk mari bahas masakan aja ya teman2..ndak usah bahas pulsa internet..hihi. Ini menu maksi tadi sich sebenernya..gara2 masih punya tomat ijo...cabe hijau rawit..dll yang hijo hijo..aku kok jadi teringat samabal yang pernah aku makan di salah satu resto gitu..yaitu sambel cibiuk. Akhirnya pas belanja di budhe sayur..ada ikan asin ..pas dech. Pedes dan seger dech sambelnya..karena semuanya mentah. Dulu aku ragu2 kalau makan sambel mentah gini tak kira aneh..tapi setelah sering coba2 di resto gitu..malah jadi suka dech sambal2 mentah..kayak sambel matah..sambel dabu2..dan sambel cibiuk ini. Yang penting rasanya pedes dan seger aroma khas kemangi gitu bikin berselera makan dech. Apalagi lauknya ikan asin..hihi..menu sederhana yang enak dan ngabisin nasi dech..hihi. Walau yang doyan kalau masakan gini di rumah ya cuma aku..makanya buat maksi aja sendiri..hihi. Buat Yodha dan papinya ya masak beda lagi.

Oh ya..sambel cibiuk ini adalah sambal khas daerah Cibiuk Garut ya teman2..yang sekarang ini udah nge top jadi sambal andalan di banyak resto ya teman2. Dulu konon katanya sambal ini adalah sambal khas peninggalan salah satu tokoh agama di daerah Cibiuk Garut. dan di hidangkan ketika ada tamu2 penting. Tapi ndak perlu ke Garut kok kalau mau makan sambal Cibiuk ini teman2..bahan2nya mudah di temui di dapur kita kok..yukk di coba ya..^^
Resep Sambal Cibiuk

Bahan
10 buah cabai rawit hijau
2 buah tomat hijau
1 siung bawang putih
3 butir bawang merah
1 sdt terasi matang
1 cm kencur
1/2 sdt garam ( sesuai selera )
1/2 sdt gula pasir ( sesuai selera )
1 genggam kemangi, ambil daunnya

Cara membuat :
Ulek kasar semua bahan kecuali kemangi dan tomat hijau.
Masukkan tomat hijau, agak di bejek sedikit. Koreksi rasa.
Masukkan kemangi, aduk rata.
Sajikan dengan nasi anget ngepul sama lauk sesuai selera..kalau aku pakai ikan asin saja itu..hihi.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts