Laporkan Penyalahgunaan

Putu Ayu Ketan Hitam




Weekend ini bener2 sibuk..dari kemaren banyak hal yang harus di lakukan..sampai kemaren terlewat nggak posting..hihi. Dan hari ini juga..sebelum pergi..masih sempat nich posting 1 resep baru nich..walau nggak baru2 banget..cuma modifikasi aja.resep bolu sakura ketan hitam yang irit telur.aku buat versi putu ayu..jadi tambah enak dan gurih karena ada tambahan kelapa parutnya. Margarin coba aku ganti minyak..tetep enak juga. Tapi kalau yang tetep suka pakai margarin, boleh juga kok pakai margarin leleh, jumlah sama ya.

Kalau  temen2 pakai tepung ketan hitam biasa yang beli di supermarket atau di tbk...ngaduk baliknya hati2 ya..agar kocokan telur nggak turun lagi, karena biasanya yang di pasaran tepung ketan hitamnya masih agak kasar, jadi agak berat tekture tepungnya. Kalau nggak hati2..kocokan telur yang bisa mengembang bisa turun. Kecuali kalau pakai tepung ketan hitam yang beli di aku nich..halus..bingits tepungnya..sehalus terigu dech..karena tehnik penepungannya canggih..kalau istilah di pertepungan itu ..tingkat kehalusan tepungnya itu adalah 150..ya sehalus tepung terigu gitu teman2. Jadi tepung ketan hitamyang aku jual ini juga lebih kering dan tahan lama.

Putu Ayu Ketan Hitam

Bahan :
2 butir Telur
Tepung ketan hitam 125 gram
Sp 1/4 sendok teh
Gula pasir 75 gram
Santan instan 50 ml, Minyak goreng 75 gram
Garam 1/4 sendok teh, Vanilla cair 1/4 sendok teh / vanili / optional
Kelapa parut 100 gram, campur dengan sedikit garam, lalu kukus sebentar.
Cara membuat :
Panaskan panci kukusan
Olesi cetakan putu ayu dengan sedikit minyak hingga rata.Taruh kelapa kukus di dasar cetakan, padatkan.
Kocok telur, sp, garam dan gula hingga mengembang dan kental berjejak.
Masukkan tepung ketan hitam, sambil di ayak. Aduk rata dengan spatula
Masukkan santan dan minyak, aduk balik perlahan dengan spatula hingga rata. ( jangan terlalu kuat mengaduk ya..nanti adonan yang uah ngembang bisa turun dan bantat )
ambil cetakan putu ayu yang sudah di beri kelapa..isi dengan adonan 3/4 tinggi cetakan.
Kukus 15 menit di api sedang. Jangan lupa lapisi tutup dengan kain ya..supaya air tidak menetes di kue.
Sajikan.
Tips :
Oh iya...beberap kali dapat email dari teman2..pas bikin putu ayu ketan hitam kelapanya agak menguning..nah..tips agar tidak terjadi seperti itu..gunakan kelapa baru di parut ya teman2..kalau bisa beli di pasar baru tuch di tukang kelapa..minta di parut panjang2 biar cantik, kupas kulit bagian luar kelapanya juga. Setelah sampai rumah, langsung di kukus dulu sebentar sama sedikit garam..atau bisa juga masuk freezer dulu biar tetep segar kelapanya jika tidak langsung di gunakan. Kelapa yang enak untuk putu ayu nich yang sedang2 saja ya..kalau terlalu muda..lembek nanti..kalau terlalu tua..jadi kasar tekturenya. Jadi carilah kelapa yang kalau di tukang kelapa bilang yang kemawur..atau sedang gitu.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts