Laporkan Penyalahgunaan

Donat Kentang..Menul Menul Empuk Tanpa Di Uleni


Pagi2 nggak sabar pengen laporan nich ke teman2..hasil bikin donat kentang pakai kentang seduh yang nggak perlu di uleni..super..duper..praktis..cepat..dan hasilnya..enak..menu menul..empuk bingits dan lembut di dalam , garing di luar. Cara buatnya ..mudah..bisa di sambi nyiapin persiapan Yodha sekolah..campur bahan2 sebentar, diamkan 30 menit..pas Yodha sarapan dll..donat di goreng..dan taraa..donat menul menul anget siap masuk ke kotak bekal Yodha hari ini. Berasa jadi Emak hebat dech..hihi..bisa bikin bekal Yodha dalam sekejap..karena minggu2 kemaren Yodha protes bekalnya cemilan kering melulu...bosan katanya..pengen donat dll. Ya udah..beberapa hari ini tiap pagi..nguplek resep2 dengan tepung kentang seduh...praktis dan cepat dech bikin bekal Yodha sekarang.

Nah..kalau sekarang, resep donat kentang super praktis tanpa di uleni ini, aku kombinasikan resepnya..dengan tepung kentang khusus yang cara pakainya tinggal di seduh..yang jadi andalan jualanku. Hasilnya jadilah donat kentang yang praktis dan menul2..empuk ..lembut di dalam..garing di luar. Pokoknya sipp dech teman2. Mau buat bekal anak sekolah..pasti di suka..buat ide usaha jualan donat..ya oke bingits juga nich karena lebih praktis bikinnya. Cuma memang harus punya sutil khusus donat ya..yang kayak gini nich..buat nyetak adonannya. Karena resep donat praktis yang nggak pake di uleni ini hasil adonannya nggak kalis..tapi agak lembek kayak gini..jadi musti di spuit ke sutil cetakan donat kayak gini..baru dech di masukin ke minyak panas, lalu di goreng seperti biasa. Sebelumnya sutil donatnya di celup minyak panas dulu ya. tenang nggak lengket kok..karena sutil donat ini dari bahan anti lengket. Cuma ya itu..yang jual masih agak jarang ya..aku nemu alat ini di Ace Hardware. tapi pas aku ke Ace lagi mau beliin teman2 kemaren2..eh udah habis..hihi. Jadi..silahkan kalau mau berburu di cabang2 Ace seluruh Indonesia ya teman2..hihi.


Tapi jika nggak punya sutil donat khusus ini ya tetep bisa kok..di sendokin aja..bulat2 gitu..hihi. Hasilnya nggak secantik kalau di cetak sich..tapi yang penting kan rasanya..sama enaknya. Yukk mari di coba ya teman2..resep mudah dan simpel ini. Yang mau order tepung kentangnya..juga..di tunggu lho ya..hihi..*sisan buka lapak pagi2...lol ! *..tinggal isi Contact Form di samping kanan atas itu atau mau inbox di fb juga boleh atau mau email aku langsung sambil tanya2..silahkan bingits..di bundadidi@gmail.com.
Jadi..slogan baru hari ini...biarpun sibuk..siapin bekal fresh dan enak buat anak2 sekolah..pasti bisaaa..Semangattt ya teman2..!  ^_^
Resep Donat Kentang Praktis Tanpa di Uleni

Bahan 1, aduk rata dengan whisk :
50 - 75 gram TEPUNG KENTANG SEDUH, seduh dengan 200 ml air panas kira2 ya..boleh di tambah atau di kurang sampai jadi adonan kentang kukus yang lembut . Timbang kentang  yang sudah di seduh, sejumlah 100 gram saja.
2 butir telur
50 gram mentega ( harus mentega ya..kalau margarin menggumpal nanti )
50 gram gula pasir

Bahan 2 , aduk rata :
200 gram susu cair ( misal ultra putih kotak tuch yang baisa di minum anak2 )
1/2 bungkus fermipan ( ragi instan )

Bahan 3, ayak :
300 gram tepung terigu protein sedang
1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Aduk rata bahan 1, masukkan bahan 2 , aduk rata.
Tambahkan bahan 3, aduk asal rata saja..jangan terlalu kuat.
Diamkan 30 menit di tutup plastik.
Adonan siap di cetak dan di goreng sesuai selera. Kalau pakai cetakan sutil donat..celup dulu ke minyak panas ya cetakannya. Kalau nggak ada sutil donat ya di sendokin aja bentuk bola2 gitu.
*Atau jika perlu sutil donat..aku jual lho..email aja di : bundadidi@gmail.com atau inbox fb ku Diah Didi atau inbox page fb  ku ..like dulu pagenya..ya.:) atau isi contact form di samping kanan web ini..jangan lupa tinggalkan no hp ya..buat jag2 kalau email teman2 kadang udah kadaluwarsa..hihi.
Goreng di minyak yang sudah di panaskan dulu tapi dengan api kecil hingga matang sempurna.
Noted : Tekture donat yang tanpa di uleni ini berbeda ya dengan donat kentang yang di  uleni..tapi sama2 enak, lebih empuk bahkan dari donat biasa, di simpan hingga 2 hari masih awet empuknya..jadi menurutku..lebih baik di coba dua2nya ya teman2..hihi. Jika mau lebih awet dan keset donat kentang tanpa di uleni ini, gorengnya pakai minyak padat, hasilnya lebih awet lagi, bisa tahan 3 harian. Tapi jika tidak ada, pakai minyak biasa juga bisa. Kalau yang donat kentang pakai Tepung kentang seduh yang versi di uleni....bisa di liat di SINI  ini hasilnya. Sama hasilnya menul2 dan enak ..cuma bedanya di rasa dan tekture..karena tehnik pembuatannya berbeda ya. 


Cara menyeduh tepung kentang seduh, sesuaikan kebutuhan ya tingkat kelembutan ya..jika untuk donat ini agak lemes dan lembut ya teman2 nyeduhnya..jangan terlalu keset kering , biar lebih mudah di campur adonan cair. Setelah di seduh..cukup kira2 50 gram saja yang di pake ya, seduh dengan air panas hingga lembut. Yang penting hasil akhir seduhan di timbang 100 gram saja ya.


Adonan akhirnya yang siap goreng, setelah di fermentasi 30 menit begini ya teman2..agak lembek, tapi nggak halus, kayak berserat gitu bagian dalam..itu tandanya adonan mengembang sempurna.


Selain untuk campuran donat..roti dll. Tepung kentang ini juga enak untuk membuat aneka cemilan atau lauk gurih..misal perkedel, kroket, kentang panggang dll. Contoh resep perkedel yang pakai tepung kentang seduh ini..bisa di lihat di SINI ya teman2. Lebih praktis, cepat dan ekonomis lho..nggak perlu ngupas2 atau menggoreng atau ngukus kentang lagi kalau mau buat perkedel...tinggal di seduh aja, di bumbuin, goreng. Jadi dech, untuk 100 gram tepung kentang..bisa jadi kira2 10 perkedel..lumayan  kan..hemat energi..hemat gas..dan super praktis serta irit..hihi.

Tepung kentang ini banyak banget lho manfaatnya, selain buat campuran donat, bisa buat perkedel praktis dan cepat, bisa buat kroket, kue lumpur, pom pom potatoes, dll. Atau bisa juga di buat skotel kentang kayak gini nich..resepnya mudah banget di klik saja resepnya di SINI


Oh ya..jika teman-teman butuh sutil donat..aku jual lho. Yang aku jual seperti ini ya..sekarang dari bahan stainless. Jika minta bisa inbox aku di fb, email di bundadidi@gmail.com atau jika serius mau order..bisa langsung sms  089654712500 ( SMS only...)

 


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts