Laporkan Penyalahgunaan

Crepes Coklat Pisang..Kriuk Renyah..^_^


Pulang sekolah Yodha kemaren..ndak mau langsung makan..kayak biasanya. Mau cemilan dulu katanya. wah...padahal di kulkas lagi kosong karena belum belanja..hihi. Cuma ada pisang kiriman dari Eyangnya..mana mau Yodha makan pisang goreng. Akhirnya ingat..buat crepes aja..kan dia sukanya yang renyah2 manis gitu. Lagian bikinnya juga cepet karena pakai tepung crepes / leker mix jualanku..hihi. Jadinya ya..tinggal blender semua bahan, nggak nyampai 15 menit..mateng dech..buat Yodha..dua crepes ukuran besar. Langsung cemal cemil habis...soalnya emang renyah dan enak. Bisa tipis lho hasilnya teman2..nich kayak keliatan di foto kan.

Tepung crepes mix ini sebenernya rasa original, warna putih biasa, tapi kemaren aku coba kasih coklat bubuk sama pasta coklat buat variasi rasa..tambah enak ternyata. Yodha suka sekali. aku juga..yang biasanya paling suka cemilan gurih..suka juga..habis 3..hihi..apalagi isinya pisang..tiap 1 crepes aku isi 1 pisang yang aku iris2..jadinya ya enak banget lha wong pisangnya banyak dan nggak pelit, beda kalau beli crepes atau kue leker di luar kan pisang paling 2 atau 3 iris ya teman2.

Tepung leker ini kemasan 500 gram, jika sesuai takaran di kemasan di tambah air 550 ml, hasil jadi sekitar 50 lembar kue crepes / leker. Tapi kalau mau buat usaha bisa di buat tipis lagi lho teman2..bisa jadi 100 lembar kue leker / crepes. Karena aku suka leker yang lebih tipis..jadi kemaren aku tambahin jumlah air jadi 800 ml. hasilnya..tipis..renyah kriuk2 kayak di foto dech. Tapi..karena isinya pisang ya tetep..kalau udah dingin ya nggak renyah lagi tengahnya..kan kena pisang basah ya teman2. Jika mau awet kriuk sampai dingin, lebih baik isinya meises atau keju parut saja..^^

Tapi..memang tepung crepes mix yang ku jual ini unik..1 kemasan cuma butuh 1/2 butir telur, lha padahal 1 kemasan itu isinya 500 gram tepung. kalau di buat semua..yang banyak banget hasilnya..jadi nggak bakal habis di rumah. Walaupun sisa adonan yang udah jadi masih bisa di simpan di kulkas , tapi wis..kalau aku suka lupa..hihi. Jadinya kemaren aku coba aja bikin 1/4 bagian tepung dengan komposisi sebagai berikut, moga2 bisa jadi solusi juga buat teman2 yang udah beli tepung crepes tapi masih kebanyakan kalau bikin 1 pack tepung sekaligus ya. Oh iya..tepung leker ini bisa di variasikan juga selain rasa coklat seperti yang aku buat, bisa juga di kasih warna hijau pasta pandan gitu, jadilah crepes pandan, atau kasih pasta strawberry merah..jadi lah crepes strawberry..pasti dech di sukai anak2 teman2. Buatnya..praktis..cepat dan enak. Mau order tepung crepesnya..yukk di tunggu...hihi.

Crepes Coklat Pisang

Bahan :
125 gram TEPUNG LEKER / CREPES
1 sendok makan telur ( dari 1 butir telur yang di kocok lepas, sisanya buat telur dadar aja ya ..hihi ) , Air 200 ml
1 sendok teh margarin leleh
50 gram gula pasir
1 sendok teh coklat bubuk, di cairkan dengan sedikit air panas
1 sendok teh pasta coklat
Garam 1/4 sendok teh
Vanilla cair 1/4 sendok teh

Cara membuat :
Blender atau mixer semua bahan hingga rata, saring agar adonan halus. Adonan siap di gunakan untuk kue leker atau crepes aneka isian. 
Noted..aku pakai wajan kewalik / crepes maker...jadi tinggal di panaskan sebentar wajannya, lalu di celup ke adonan, lalu di panggang hingga renyah dech. Jika tidak ada bisa pakai teflon biasa, panaskan dulu teflon,  tuang adonan secukupnya cepat sampai rata, lalu balikkan dan tuang sisa adonan kembali ke wadah, biar hasilnya bisa tipis, yaitu adonan yang nempel di teflonnya.

Note :
Jika mau lebih mudah bikin kue leker atau crepes renyah seperti ini..pakai wajan kewalik atau crepes maker ya teman2. Sehingga hasilnya maksimal...bisa tipis dan renyah seperti foto di atas. Cara pakainya mudah banget jika pakai alat crepes maker ini teman2..tinggal di panaskan pan nya..lalu di celup dech bagian bawah pan ke adonan..jadi adonan akan nempel tipis2 saja di pan nya. Tinggal di panggang dech. Crepes maker ini banyak di jual online lho..di Lazada juga ada..tinggal klik saja di SINI jika mau pesan.

Yang belum tau crepes maker itu seperti apa,..ini fotonya ya :





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts