Laporkan Penyalahgunaan

Semprit Ketan Hitam


Yuhuu..akhirnya bisa duduk manis di depan komputer posting resep dulu..habis dari tadi packing2 dan ke sana kemari ngurusi kerjaan. Baiklah sesuai janjiku kemaren buat teman2 yang udah pesan tepung ketan hitam ini ya..resep cookies ketan hitamnya. 

Aku udah sering mengolah tepung ketan hitam jadi berbagai makanan..akhirnya menemukan fakta bahwa ketika di panggang dan kering dalam bentuk cookies nich warna hitamnya ndak mau keluar. Tapi jika di kukus..warna hitam alami dari ketan hitamnya akan genjreng keluar dengan cantiknya. Jadi jika teman2 coba cookies tepung ketan ini..memang ndak bisa pekat ya..jadi agak ke abu2 an gini. kayak ubi ungu juga lho..aku pernah bikin cookie subi ungu..itu ya ndak bisa ungu cantik karena di panggang. Tapi kalau di kukus..warna cantik ungunya baru mau nongol. Tapi kalau soal rasa..ketan hitam bingits kok teman2..cookiesnya..kerasa banget khas ketan hitam.

Oke..langsung aja ini resepnya ya..aku mau lanjut bikin step by step cake ketan hitam lapis kejunya buat teman2 yang udah nungguin resepnya dari kemaren ya..di tunggu.
Cookies Ketan Hitam

Bahan :
tepung ketan hitam 200 gram
Tepung Sagu 50 gram
margarin 150 gram
Gula halus 100 - 125 gram ( sesuai selera )
Kuning telur 1 butir
Vanilla cair 1/2 sendok teh / vanili bubuk

Cara membuat :
Ayak tepung ketan hitam dan sagu, sisihkan.
Kocok margarin dan gula hingga lembut, masukkan kuning telur, kocok hingga rata. Masukkan campuran tepung ketan hitam dan sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk dengan spatula.
Cetak adonan sesuai selera dengan spuit yang di suka.
Letakkan di loyang yang sudah di alas kertas roti tipis2. Panggang 20 menit si suhu 170 C ( tergantung oven masing2 )
Kemas rapat cookies jika sudah dingin.


* Tepung ketan hitam jualanku..halus banget tepungnya..jadi nggak terasa masir jika di buat cookies ini..^^



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts