Laporkan Penyalahgunaan

Resep Kuah Bakso


Akhirnya bisa posting resep kuah bakso ini teman2..padahal ya masakanya udah dari beberapa hari lalu karena banyak teman2 yang request resep kuah bakso homemade ya. Tapi baru sempat posting. Kuah bakso..itu bisa dari kaldu sapi..atau juga bisa dari kaldu ayam. Kalau dari kaldu sapi..biasa yang di gunakan adalah tulang sapi atau tulang kaki / sengkel..yang ada gandu atau sum sumnya itu lho teman2. Biasa di buat ya untuk kuah bakso sapi kayak di warung2 gitu. Sedang kuah bakso yang terbuat dari kaldu ayam...lebih cocok untuk bakso ayam..ikan udang dll..rasanya lebih ringan dan segar kalau pakai kaldu ayam. Sedang kalau pakai tulang sapi itu kuahnya sedep dan kuat ya aroma dagingnya. Kayak di warung2 bakso gitu lho teman2. Kalau di Semarang sini kuah bakso itu selain pakai daging atau tetelan..juga pakai jerohan sapi juga..jadi pekat gitu kuahnya. 

Resep kuah bakso ini versi yang alami pakai tulang kaki sapi ya teman2..jadi musti ada tulang kakinya biar sedep kuahnya. Kalau pakai daging aja juga kurang sip  gitu. Tulang sapi yang ada sum sumnya bisa di beli di tukang daging di pasar ya..kalau di sini sich 7 rb dapet satu..hihi. dapetnya..ya cuma tulangnya saja lah ya..jangan berharap masih ada daging2 yang nempel ya teman2..udah bersih daging..di seseti sama yang jual..hihi..dan di jual terpisah. Jadi memang kita cuma pakai kaldunya saja ya..tulang ini. Tapi kan ya nggak mungkin juga di makan..hihi..paling2 di ambil gandu atau sum sumnya masih bisa itu di ketok2. Kayak gini nich kaldu tulang kaki sapinya ya teman2..memang ndak bisa bening ya..kalau kaldu untuk kuah bakso ini. Sebelum di rebus di bilas air panas dulu atau di blansir di celup ke air mendidih ya tulang kaki sapinya. Setelah itu air di beri bumbu kuah bakso seperti biasa.

Resep Kuah Bakso 

Bahan :
1 buah tulang sapi 
1500 ml air
2 tangkai sledri, ikat
2 batang daun bawang, ikat
3 siung bawang putih, digoreng utuh, ulek kasar
1 sendok teh garam ( sesuai selera )
1/8 sendok teh merica bubuk
1/2 sendok teh gula pasir

Cara membuat :
Rebus tulang sapi dengan air, sledri dan daun bawang dengan pi kecil hingga keluar kaldunya . saring. Masukkan bawang putih goreng dan bumbu2 lain. Didihkan kembali. Koreksi rasa. Kuah bakso siap di gunakan.

Note : Resep di atas adalah kuah bakso homemade yang non penyedap..jika mau persis kayak di warung2 bakso bisa di tambahkan sedikit penyedap rasa sesuai selera,..tapi jika ndak suka ndak usah pake..pakai garam aja.
Dan jadilah bakso kuah homemade..kuahnya aja..hihi. Kalau baksonya beli aja..kalau bakso sapi..tobat aku nggilingnya teman2..soale food proccessor ku dah nggak bisa di pake gara2 hilang scrup kecilnya di ilangin mba art ku pas di cuci..huhu.. ( Makanya mak irit kalau beli alat dapur yang mahil dikit ya..jangan cuma cari murah aja..hihi..*Nasehat untuk diri sendiri * ). Yo wis besok minggu tak ke Ace hardware cari food processor yang bagus..nah lho...judulnya ngajak boros kalau ke sana ya...hihi. Tapi beneran lho teman2..kalau bikin bakso ayam..udang..ikan kan dagingnya lebih empuk dan lembut ya..jadi di cincang halus pakai pisau itu mudah banget habis itu tinggal di lumatkan dengan mixer..beres dech jadi adonan bakso lumat yang halus. Lha kalau daging sapi ini..pegel banget cincang2 nya dan ndak bisa halus gitu..huhu. Jadi jika teman2 mau bikin bakso sapi pakai * TEPUNG BAKSO * nya bisa banget lho..asal ya itu tadi dagingnya musti di giling halus dulu gitu ya..pakai food processor atau di gilingkan di pasar. Sayangnya di pasar deket rumahku kok ndak ada penggilingan daging..hihi. Jadilah kalau mau maem bakso sapi ya beli aja dulu..ya elah malah curhat..hihi. 









Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts