Laporkan Penyalahgunaan

Kroket Sukun


Dapat kiriman sukun besar  banget tadi dari mertua...kebetulan dech..dah lama nggak makan sukun. Eyangnya Yodha sini itu punya lapangan tenis yang di kelilingi kebun luas banget dan di tanami macam2 tanaman..nah salah satunya itu sukun ini..dan kalau berbuah itu besar2 sekali...satu buah sukun itu bisa berkilo2 beratnya..hihi. Tadi aku di kirimi satu aja..udah ku goreng separo..jadinya banyak banget sukun gorengnya. Tapi karena lama ndak makan sukun goreng ya enak sekali je..manis2 gurih mempur gitu kalau sukunnya bagus dna udah tua. Tapi ya mblenger kalau aku makan sendiri..jadi sisanya aku bawain mba art ku sukun gorengnya..karena di rumah ya cuma aku yang doyan sukun goreng. 


Goreng sukun..itu mudah saja teman2..tinggal di bumbuin bawang putih..garam dan ketumbar sesuai selera, rendam potongan sukun di bumbu tadi beberapa saat sebelum di goreng. Lalu goreng dech. Jika mau bisa di iris tipis2 juga jadi dech ceriping sukun..itu juga enak bingits..hihi. Sukun yang enak di goreng itu sukun yang udah tua ..jadi cepat matang dan rasanya mempur ada manis2nya gitu.


Nah..masih ada separo lagi musti di olah juga..kalau udah kebuka..daripada mubazir ya..akhirnya putar otak mau aku jadiin apa ya nich sukun..sayang aja..soalnya tua banget dan manis gitu enak..mempur. Akhirnya aku coba2 kukus aja..eh..jadi cepat empuk dan mempur juga..kayak singkong kukus gitu. Wah..jadi pengen aku eksperimen buat kroket dech. Siapa tau nich jadi pada doyan Yodha dan papinya kalau di buat kroket gini. Dan beneran udah ku coba..enak lho teman2..sukun di buat kroket..rasanya nggak kalah enak sama kroket kentang. Ciri khas sukun ini ketika di kukus jadi agak liat ketika di haluskan..tapi tetep lembut..jadi aku tadi coba bikin kroketnya nggak ku tambah telur atau kuning telur..eh nggak pecah lho..mungkin karena ada kandungan patinya juga ya sukun ini..wah..bisa di buat tepung dong..hihihi..*otak bisnis ..lol..! * Oh ya..sukun yang enak di buat kroket itu yang udah benar2 tua ya teman2..kayak gini nich..kalau muda kan biasanya *kenyoh2*...alias keras..nggak bisa empuk jika di goreng atau di kukus. Kalau yang muda itu enaknya buat sayur lodeh sukun..^^


Oke dech..ada yang suka sukun teman2..yuk cobain di buat kroket..enak lho..jika bosan di goreng begitu saja sukunnya. Selamat mencoba ya ^^
Kroket Sukun 

Bahan : 
300 gram sukun kukus yang sudah di lumatkan
100 gram daging ayam, rebus, cincang 
1/2 buah wortel, potong dadu kecil
1 sendok makan susu bubuk
1/2 buah bawang bombay, cincang halus
2 butir bawang merah, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1/8 sendok teh pala bubuk
1 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh kaldu ayam 
Garam secukupnya
1 butir telur untuk lapisan
Tepung panir secukupnya

Cara membuat :
Tumsi bawang bombay..bawang putih dan merah sampai harum dan matang, masukkan ayam cincang, dan wortel, aduk hingga wortel layu. Matikan api. Tambahkan sukun kukus dan bumbu2 lain. Aduk rata.( Jika suka boleh di tambah margarin atau kuning telur agar lebih lembut kroketnya.) Koreksi rasa..Bentuk lonjong kecil. Celup ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir, lalu goreng hingga matang di minyak yang sudah di panaskan hingga keemasan. Sajikan hangat dengan cabe rawit..nyamm nyamm..! ^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts