Laporkan Penyalahgunaan

Cake Kukus Ketan Hitam Lapis Keju


Memenuhi janji ke temen2 yang request resep cake kukus ketan hitam lapis keju..ini dia ya resepnya. Karena ternyata belum jadi juga stiker resepnya, karena masih nunggu logo web warung onlineku..jadi biar sekalian gitu logo2nya sama dengan stiker2 resepnya. Jadi aku posting aja dech dulu resep cake kukus ketan hitam lapis keju ini. Nanti yang buat stiker di kemasan tepungnya masih banyak kok resep2 lain yang pakai tepung ketan hitam ini. Karena aku ada banyak versi resep cake kukus ketan hitam sich..karena dari dulu itu selalu suka uji coba berbagai tehnik  cake ketan hitam kukus..dari yang telurnya banyak sampai yang ekonomis..dari yang pakai margarin atau minyak goreng. Dan pada akhirnya aku suka cake kukus ketan hitam yang pakai minyak goreng aja..karena rasanya lebih ringan dan nggak membosankan. Cake ketan hitam ini juga fleksibel..mau pakai santan atau susu kental manis sebagai penambah rasa juga enak. Kalau aku sich lebih suka santan ya..lebih cocok dan legit gitu buat ketan hitam menurutku. Tapi pada dasarnya..resep cake ketan hitam itu cukup simple aja sich ..cuma berbahan telur..gula..tepung ketan hitam dan minyak goreng aja udah jadi. Yang membedakan rasa dan tekture nanti cuma di perbandingan jumlah jumlah telur aja dan pemakaian minyak gorengnya banyak atau sedikit. Jangan lupakan garam dan vanili atau vanilla ya teman2..jika mau cake ketan hitamnya tambah gurih dan wangi. Sejimpit kecil garam..jangan di sepelekan dech..akan mempengaruhi rasa lebih naik gitu legitnya. Kalau orang jawa bilang...walaupun kue2 manis..itu tetep harus di *colok* sedikit pakai garam.

Nah..dulu2 sich aku pakai ketan hitam beli di tbk gitu kadang2 tepungnya suka masih kasar..jika di ayak aja masih banyak butiran kayak pasir gitu..jadinya kalau di buat cake rada masir gitu rasanya dan agak seret. Nah..sekarang sich udah nggak lagi..karena pakai tepung ketan hitam yang aku jual ini kualitas super...halus sekali tepungnya. Itu saking halusnya jadi warnanya nggak keliatan hitam ya teman2, tapi nanti kalau udah di bikin kue2 akan berwarna  hitam kue2nya. jadi..tepung..semakin halus..itu akan semakin ke arah putih warnanya. Tepung ketan hitam yanga ku jual ini sehalus terigu...jika di ayak itu nggak ada sisa teman2..jadi semua terpakai ndak ada yang terbuang. Tepungnya itu juga ndak ada bau2 apek sama sekali sich..harum alami ketan hitam aja gitu dan aromanya itu legit..hihi. Maksudnya masih mentah aja aromanya enak gitu tepungnya. Kayak gini nich tepungnya..halus kan teman2..dan di kemas rapi dan bersih di jamin nggak apek dech..karena selalu di buat baru. Kemaren aja stock tepung ketan hitam yang aku jual udah habis..datang lagi Senin ya teman2 yang pesan terakhir2 kemaren maaf belum kebagian. Tapi tenang..ini baru produksi lagi tepung ketan hitamnya. Senin datang lagi banyak stock barunya ya..jadi..hayukk yang mau order juga silahkan, tepung baru terus ini..fresh from gilingan..hihi..karena ya selalu habis..cara pesannya, tinggal isi aja contact form di pojok kanan atas itu ya..atau email di bundadidi@gmail.com.


 

Nah..resep cake ketan hitam pertama nich yang aku posting..cake ketan hitam lapis keju..pakai tepung ketan hitam jualanku ini. Hasilnya ..cakenya itu ndak masir..lebih lembut dan aromanya legit ketan hitam asli.  Untuk cake ketan hitam ini memang enaknya di nikmati hangat2 setelah matang teman2. Jika udah dingin..bagian luarnya agak mengering..tapi bagian dalam masih tetep empuk dan lembut. jadi..setelah dingin jika tidak langsung habis , simpan di wadah tertutup ya. Jika mau di makan esok harinya..kukus lagi sebentar ya biar kembali empuk dan lembut. Maaf ini motret step by step juga ndak lengkap..huhu..gara2 di buru waktu di sambi ini itu..jadilah yang penting poin penting di pengocokan telur dan pencampuran adonan yang kadang2 bikin bingung buat teman2 yang baru belajar bikin kue ada ya.

Ok biar lebih jelas aku kasih tips2 mengocok telur untuk cake ya..cekidot..^^
  • Pastikan telur dalam keadaan suhu ruang dan segar ya teman2.cirinya ketika kita pecahkan dan kita masukkan di mangkuk adonan itu masih utuh kuningnya. Itu ciri2 telur segar.  Tapi jika udah terlanjur masuk satu atau dua telur yang kuning pecah ketika di tuang ke mangkuk adonan ya nggak apa2 sich asal pakai emulsifier ya..akan membantu mempercepat pengocokan telur. Emulsifier juga membantu adonan tetep stabil untuk cake kukus yang cara mengukusnya di lapis  dan sebagian adonannya harus menunggu untuk di kukus. apa itu emulsifier..contoh merk SP / TBM / Ovalet
  • Mengocok telur sampai mengembang itu waktunya nggak bisa di pastikan..tergantung dari kekuatan mixer masing2 ya teman2..jadi..jika males pegel ngocok telur pakai hand mixer..ya belilah standing mixer..hihi..bisa di tinggal2 ntar ngembang sendiri kan. Tapi aku kok lebih suka hand mixer ya kalau cuma bikin cake dengan telur sedikit..lebih praktis gitu ndak ribet..hihi. Apalagi mangkuk adonan bisa di miringkan..itu tambah cepet ngembang lho teman2..kocokan telurnya..cobain dech.


  • Ciri kocokan telur yang udah mengambang udah sering aku bahas ya..yaitu sampai kental berjejak, warnanya putih mengkilat, jika mixer kita angkat itu akan terbentuk ujung yang runcing dan kaku gitu dan nggak turun lagi ke mangkuk adonan. Liat gambar berikut ya biar lebih jelas buat teman2 yang baru mau belajar bikin cake..^^

  • Terus cara mencampur kocokan telur yang udah mengembang dengan tepung, santan atau lemaknya  juga harus di perhatikan ya..tehniknya yaitu tehnik aduk balik..pakai spatula plastik yang lentur tuch jadi lebih mudah. Aduk balik adonan perlahan dari arah bawah ke arah badan kita ya..jadi biar bagian bawah adonan juga teraduk rata. Jangan di aduk cepat2 dan terlalu kuat ya...kocokan telur yang udah mengembang bisa turun lagi dan hilang dech pori2 adonannya..jadinya bantat nanti cakenya ya..hihi. Patikan juga tidak ada minyak atau cairan yang masih terpisah di dasar mangkuk, jika itu masih ada nanti kuenya bisa bantat juga dech. Kalau mau mudah pakai saja mangkuk adonan yang terbuat dari kaca.

  • Ciri adonan yang nggak turun itu ketika kita tuang ke loyang itu ndak ngalir ya..jadi masih kaku kan..itu ada gelombang2 gitu..ndak pa2..itu malah bagus..nanti ketika di kukus akan rata sendiri. Kalau di tuang ke loyang adonan malah ngalir rata..wah itu malah tanda2 nya sudah nggak ngembang lagi adonannya.

Oke dech,..udah jelas kan cara mengocok telur dengan benar teman2..yukk..sekarang siapin bahan2 terus praktek dech..^^
Cake Kukus Ketan Hitam Lapis Keju

Bahan :
4 butir telur
120 gram gula pasir ( sesuai selera aja manisnya ya )
1 sendok teh emulsifier ( SP / TBM / Ovalet )
Tepung ketan hitam 150 gram, ayak
Garam 1/4 sendok teh
Vanilla  atau vanili bubuk secukupnya
Santan kental 100 ml
Minyak goreng 50 ml
Keju lembaran 3 lembar

Cara membuat :
Siapkan loyang loaf tinggi 6 cm .Oles dengan sedikit margarin atau minyak, alasi dasarnya dengan kertas roti.
Panaskan kukusan, air jangan melebihi separuh tinggi kukusan ya..agar air tidak terlalu bergolak dan bikin cake basah. Lapisi tutup kukusan dengan kain agar air tidak menetas ke kue ketika di kukus.
Kocok telur, sp , gula hingga mengembang dan kental berjejak ( liat foto )
Masukkan garam dan vanilla, kocok lagi sebentar saja hingga rata.
Masukkan tepung ketan hitam yang sudah di ayak, aduk balik perlahan hingga rata.
Masukkan santan dan minyak, aduk rata perlahan dengan spatula.
Tuang separo adonan ke loyang, kukus selama 10 menit . Tata keju lembaran, tuang lagi sisa adonan, lalu kukus lagi di api sedang sekitar 20 menit. Sajikan selagi hangat..yummy...^^
Noted :
Buat teman2 yang berminta membeli tepung ketan hitam jualanku ini. Caranya : Isi aja contact form di bagian samping kanan atas blog ini, isi data lengkap ya. Jangan lupa sertakan no hp, karena kadang2 alamat email yang di masukkan udah nggak aktif..jika aku balas kembali. Atau bisa email langsung di bundadidi@gmail.com, atau inbox di fb ku, atau di page juga boleh. Melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, bisa via JNE, Wahana atau paket pos.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts