Laporkan Penyalahgunaan

Tahu Berontak Isi Rebung, Ayam dan Udang


Gorengan..lagi..hihi..ya memang dech..nggak bisa lepas dari gorengan kayaknya nich ya teman2. Kudapan favorit  banyak orang. Dan herannya..kalau pas puasa gini..buka pakai gorengan kok ya malah enak..buat kami di rumah..hihi. Beneran..suamiku kalau makan yang manis2 biasanya cuma satu dua..gitu..tapi kalau nyemil gorengan bisa habis banyak. Misal masih  gitu ya..selang 1 jam..gitu udah mau lagi makan. Ya jadinya selalu semangat bikin cemilan yang gurih2..karena pasti kemakan. Beda..sama yang manis2..misal kayak cake..gitu..udah paling sepotong aja..nyicip *nglegani* yang buat..hihi. Jadi nggak pa2 dech ya teman2..menu cemilan buat buka puasanya gorengan lagi.  

Nah..kali ini bikin yang simple aja..tahu isi..atau tahu berontak..tapi isisnya yang istimewa..karena  pakai isian lumpia Semarang versi komplet..ada rebung..pakai ayam cincang dan juga udang..serta telur..pokoknya kayak isian lumpia Semarang itu...cuma  di masukkan ke tahu pong..terus di celup adonan tepung agak encer, jadi kulit luarnya itu kriuk garing gitu teman2. rasanya....enak..pakai bingits..eh banget..hihi. Pokoknya kriuk2 kulitnya. Isiannya yang mantap karena komplet berpadu sama tahu pong...cocok banget lho teman2. Jadi buat yang kesulitan cari atau bikin kulit lumpia..udah..di isikan ke tahu pong gini aja..jadi tahuuu isi..rasanya tak kalah enak sama lumpia kok teman2.

Tahunya tapi pakai tahu pong yang berkantung ya..atau berongga dalamnya..jadi isian tumisan rebungnya bisa banyak dan  bisa kriuk hasilnya. Oke dech selamat mencoba ya teman2..resep masih sama kayak  dulu..tapi kalau dulu  versi ekonomis isinya cuma rebung aja....kalau yang ini versi isiannya yang lebih komplet..pakai ayam..udang dan telur...jadi rasanya makin istimewa. Selamat mencoba ya..^^


Tahu Berontak Isi rebung, Ayam dan Udang 

Bahan :
15 buah tahu pong yang berongga

Bahan pencelup ( Aduk rata dengan air secukupnya, sampai adonan jangan terlalu kental agar bisa renyah ) :
100 gram tepung terigu protein rendah / sedang
2 sendok makan tepung beras
1/4 sendok teh bumbu kaldu bubuk dan garam sesuai selera
1/2 cm kunyit, haluskan
1/4 sendok teh ketumbar, haluskan
1 siung bawang putih, haluskan

Bahan isi :
250 gram rebung, rebus sampai agak lunak, potong korek api
50 gram  daging ayam rebus, cincang kasar
50 gram udang kupas, cincang
2 butir telur
1/2  sendok teh merica bubuk
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera )
Saus tiram 1 sendok makan
Garam secukupnya
Kecap manis 1 sendok makan
Air 100 ml

Bumbu halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih

Cara membuat isi :
Telur di kocok lepas, buat orak arik. Sisihkan.
Tumis bumbu halus, masukkan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan telur orak arik dan sedikit air. Masukkan rebung dan semua bumbu2 lain.Koreksi rasa..untuk isian rebung ini biasanya agak gurih dan sedikit manis. Masak hingga meresap dan kering.

Penyelesaian :
Ambil tahu pong, lubangi salah satu sisi hingga membentuk kantong. Isi dengan tumisan rebung. Katupkan lagi kantongnya agar keliatan tertutup. celup ke adonan pencelup, lalau  goreng hinggaaa matang dan kering luarnya. Sajikan hangat dengan cabe rawit. 



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts