Laporkan Penyalahgunaan

Kue Putri Salju Isi Kismis


Alhamdulillah udah mulai semangat baking lagi nich teman2..jadi yang kemaren2 request kue2 kering..mari kemari..hihi. Mulai hari ini udah mulai baking nich daku..^^

Dan biar tambah semangat..cookies perdana yang di buat season ini..*halah..bahasanya..hihi..*..adalah..Kue Putri Salju..favorit Yodha. Biar di makan gitu..hihi. Tadi pagi habis  Yodha saur..jam 7 tapi..hahah..dia belum kuat puasa..pas hari2 pertama kemaren nyoba sampai setengah hari udah lemes..ya udah dech..puasa sebisanya dulu ya Kak..kadang sampai siang katanya..kadang2 ya jam 11 udah makan lagi. Dan herannya..kalau di suruh puasa gini malah jadi suka makan..dan sering liat2 jam..hihi. Kayak tadi juga....aku ajak bikin cookies putri salju ini semangat dia. separo adonan buat dia yang nyetak2 bentuk sesuka dia..pakai cetakan cookies..separo buat aku buat bulat2 dengan isian. Yapp..lagi uji coba nich..kue putri salju di kasih isian gitu..kayaknya enak dech. Jadi ada kejutan di dalamnya..hihi. Aku tadi buat isiannya kebanyakan tak kasih kismis..tapi tadi beberapa biji aku uji coba juga aku isi pakai selai strawberry dan coklat blok yang aku potong kecil2. Mana yang paling enak ?..Belum tau dech..ntar sore ya teman2..aku cicipin dulu..hihi. tapi dari aromanya sich enak..dan yang punya Yodha udah di makan tuch separo tadi begitu mateng anget2..enyakk..katanya..hihi.

Untuk kue putri salju ini..aku tetep pakai resep putri salju klasik yang sering aku bikin..cuma aku variasi aja  di kasih isian dan juga di bentuk bulat2 gini..jadi seru lho teman2..jadi ngak cuma bentuk bulan sabit aja kok putri saljunya..hihi. Kalau nggak boleh di sebut kue putri salju karena bentuknya bulat..ya udah..kita namain saja kue bola bola salju ya..hihi...*ngarang..* Soalnya pas aku bilang ke Yodha..ini kue putri salju..dia protes juga.."Mana putrinya mi..katanya ?".."Lha itu kuenya kan putih2..nah..putri2 itu kan juga putih2 Kak"..hihi aku bilang gitu. Yodha langsung protes.."Ah Mami ngarang aja..ini kue salju aja namanya..kan ada saljunya..hihi..yo wis lah Kak..apa aja namanya ya..ya penting kuenya enak yo..! ^^

Buat pemula yang baru belajar bikin kue2 kering..yang sabar  ya..jika hasilnya kadang2 belum seperti di foto hihi..dll..jika ada kesulitan silahkan tanya2..tapi ya di jelaskan juga kendalanya apa..dll..jadi aku tau masalahnya..hihi. Tapi ya..sama resep pun bisa beda hasil juga..misal..masalah di oven..masing2 oven beda2 panasnya..jadi kenali dulu oven masing2 ya teman2..jika mau baking. Suhu yang tertera di resep atau lama waktu bisa nggak sama lho di masing2 oven. Atau jika pakai oven tangkring..nah itu juga lebih tricky lagi..musti coba2 dulu..berapa suhu yang pas buat kue kering..maksudnya besarnya api seberapa gitu kompornya. Tapi jika mau praktis..ya beli aja termometer khusus otang..aku pernah liat di Ace ada. Biar mengurangi resiko kegagalan..jika belum pernah ngoven kue kering..coba dulu sedikit yang di oven..jadi misal gosong atau apa..dll..kan cuma dikit yang kebuang.Tapi di tungguin juga tau sering di tengok pas ngoven..jadi bisa nyatet tadi berapa lama ngovennya yang pas. Selanjutnya..di kira2 sendiri,.misal tadi gosong..berarti apinya kebesaran..kok matengnya kok rada lama..oh berarti suhunya kurang panas..dll..nanti jadi pinter kok teman2..kalau sering mengamati dan mencoba. Dan yang penting...jangan takut gagal ya...jika mau mencoba buat kue2 kering dll. Oke..segitu dulu ya tipsnya..semoga bermanfaat. Jika masih kurang jelas..baca tips lengkap membuat kue kering di SINI ya..^^

Oh ya..yang cari resep2 kue kering klasik lain misal sagu keju...klik di SINI , mau nastar klik di SINI , atau kastengel..ntar aku buat dulu ya..banyak yang belum aku posting memang kue2 kering resepnya..karena belum ada foto2nya..^^
Kue Putri Salju

Bahan :
150 gram margarin ( pakai mentega juga boleh jika suka, tapi jika pakai mentega yang unsalted..tambahin sedikit garam ya ^^ )
50 gram gula halus khusus kue kering
1 kuning telur
100 gram mete / kacang tanah sangrai, haluskan ( aku pakai mete sukanya )
175 gram terigu protein rendah
15 gram susu bubuk
100 gram gula halus khusus taburan yang rasanya semriwing ( gula donat )
Kismis secukupnya untuk isian, rendam air panas dulu hingga mekar, lalu tiriskan dan keringkan.
Cara Membuat :
Kocok margarin dan gula selama 1 menit, tambahkan kuning telur. Kocok rata.
Tambahkan kacang bubuk, aduk rata dengan spatula
Masukkan tepung dan susu bubuk sambil di ayak dan di aduk rata.
Pulung sedikit adonan,  isi dengan kismis , bentuk bulat pipih ( sesuai selera )
Oven selama kurang lebih 20 menit suhu 160 C ( tergantung oven masing2 )
Hangat2 taburi atau gulingkan ke gula donat. Kemas ketika kue sudah dingin.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts