Laporkan Penyalahgunaan

Kastengel Ekonomis


Lanjut bikin kukernya teman2..yukk..mari yang request kastengel ekonomis..merapat kemari ya. Kalau aku memang kurang suka kastengel yang mahal yang pakai keju edam atau keju tua...dll. Jadi..kalau aku bikin kastengel ya pasti pakainya keju cheddar aja yang murah..hihi. enak juga kok teman2..tapi kalau aku musti aku  kasih gula sedikit kalau bikin kastengel..jadi rasanya seimbang..ndak cuma gurih keju aja. Dulu       aku  pas nerima pesanan kuker dulu ya pakai resep ini..eh ya pada suka ternyata kastengel yang di kasih sedikit gula gini customer2ku..hihi. Jadi..Jangan takut *break the rule* ya teman2 kalau masak..soal makanan itu boleh kok di kembangkan atau di modifikasi..hihi. Pertama pada nyicip ya pada tanya..kastengel kok rada ada semriwing manisnya...eh habis itu malah pada suka je. Tapi gulanya juga cuma sedikit banget sich. Tapi jika nggak suka ..boleh di hilangkan kok teman2..gulanya.

Dan..karena tadi ngubek2 gudang cari cetakan kastengel klasik yang panjang2 / bentuk batang ndak ketemu, males ngubek2 lebih lama..ya sudah di bentuk bintang saja..tetep boleh di sebut kastengel kan teman2..atau kita sebut kastengel bintang gitu aja kali ya. Aku malah suka sich..kastengel model cetak bintang atau bunga gitu..soalnya..kasih toping kejunya bisa lebih banyak dan lebih gampang. Dan bentuknya jadi menarik juga..nggak monoton bentuk jari gitu. Tapi jika suka yang bentuk klasik..silahkan juga lho..kalau mau coba resep ini..terus di bentuk batang2 biasa seperti bentuk kastengel klasik. Pokoknya suka2 aja ya. 

Oh ya..buat yang baru mau   belajar bikin kue kering..liat tips2 komplet dulu ya di sini..biar hasilnya lebih maksimal. Oh ya..tambahan tips aja nich khusus buat kastengel nich..jika mau cantik taburannya..bisa panjang2..gunakan parutan keju yang lubangnya agak memanjang ya..bukan yang bulat kecil2..biar nggak remuk gitu parutan kejunya. Parut dengan sedikit agak di tekan dan satu arah saja..jangan di bolak balik ke sono kemari..marutnya..jadi hancur dech ntar kejunya..hihi. Susunlah parutan keju nich setelah di parut dulu di piring, lalu susun di atas kue yang udah di olesi kuning telur..satu persatu. Jangan langsung di parut di loyang atau di atas kuenya ya..sayang atuch..nanti berceceran kejunya..ke mana2..hihi. Oke dech..Selamat mencoba ya teman2..jika suka kastengel. 

Kastengel Ekonomis

Bahan :
150 margarin
2 sendok makan gula halus
1 butir kuning telur untuk adonan, dan satu butir untuk olesan
200 gram tepung terigu protein rendah
1 sendok makan susu bubuk
250 gram keju cheddar, parut, separo di campur adonan, separo buat hiasan / topping

Cara membuat :
Kocok margarin, gula halus, dan kuning telur selama 3 menit.
Masukkaan terigu dan susu bubuk, aduk rata dengan spatula.
Masukkan keju parut separo, aduk rata.
Ratakan adonan di tempat datar yang di alas palstik sambil agak di padatkan, cetak sesuai selera.
Olesi dengan kuning telur, taburi sisa keju parut secukupnya.
Panggang di oven suhu sedang ( tergantung oven masing2 ) selama 20 - 30 menit / hingga matang dan kecoklatan atasnya.
Kemas jika sudah dalam keadaan dingin.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts