Laporkan Penyalahgunaan

Es Pisang Ijo ( Versi Pakai Terigu )


Udah beberapa hari puasa nich belum sempat bikin minuman..yang manis2 teman2..daku..jadi minum buka selalu teh anget aja  dech. Tapi memang pengen ngurangi yang  manis2 juga sich..biar puasa sekalian diet..hihi..udah lumayan dech berkurang nich..hihi. Tapi..kemaren kok ya pengen yang seger2 yo..jadilah punya pisang aku karyakan jadi  es pisang ijo ini. Dan memang seger banget sich buat buka puasa..hihi...tapi  full kalori nich..udah ada pisang...ada sausnya yang kayak bubur sum sum..alhasil buka puasa dengan es pisang ijo nich kemaren..ndak kuat lagi makan banyak2 yang lain..jadi..buat menu pembuka sekaligus makan..hihi. Mungkin jika mau buat takjil..dikit2 aja kali porsinya ya teman2..baru kuat makan yang lain....kalau sepiring gitu ya..beneran..udah kenyang duluan dech..buka puasa pakai es pisang ijo ini..hihi. 

Resep es pisang ijo ini beda sama yang dulu pernah aku posting. Kalau dulu kan pakai tepung beras adonannya dan di kukus2..kali ini aku coba yang versi pakai tepung terigu..karena dari info teman2 ada yang bilang lebih enak pakai terigu ya..dan  kulitnya di dadar aja. Ternyata..setelah aku coba..memang lebih enak dan mudah yang ini buatnya memang. Kulitnya juga lebih lembut dan lebih tipis...jadi nggak kenyang banget lagi..kayak yang pakai tepung beras. Jadi next time aku mau pilih bikin  es pisang ijonya begini terus aja.lebih praktis.

Tapi nich..aku suka mati gaya..kalau motret es pisang ijo..karena ya itu..penyajiannya musti di piring..karena isinya banyak..hihi...jadinya ..yo wis lah..di close up aja ya teman2..jadi maaf jika layar lap top teman2..di penuhi sepiring es pisang ijo aja..ndak pake pernik2 lain..hihi..jangan ambil sendok lho ya..udah imsak jam segini...hihi. Oke dech..ya punya pisang dan bingung mau di buat apa lagi buat takjil..yuk di bikin es pisang ijo aja..enak dan seger lho teman2 buat buka puasa..^^
Es Pisang Ijo

Bahan :
Pisang raja yang sudah matang benar 5 buah, kukus sebentar
Es batu secukupnya
Sirup merah secukupnya

Bahan kulit dadar :
60 gram terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
150 ml air
1 sendok makan minyak goreng
1/4 sendok teh garam
1/2 sendok makan gula pasir
1 tetes pasta pandan ( sesuai selera ijonya )

Bahan Saus:
250 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 sendok makan tepung beras
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Rebus bahan saus sambil diaduk sampai mendidih dan meletup2.

Cara membuat :
Aduk rata bahan kulit dadar, saring agar  adona halus.
Buat dadar tipis2 di teflon.
Ambil satu buah dadar, letakkan pisang kukus di pinggir, gulung dan rapikan. Potong2 sesuai selera.
Sajikan pisang ijo dengan saur, es batu an sirup merah sesuai selera.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts