Laporkan Penyalahgunaan

Bakso Goreng Campur Campur


Kemaren itu aku nyoba tepung bakso dari produsen tepung supplierku..baru order dikit sich soalnya baru mau uji coba. Pertama aku ya nanya ke produsennya..apa itu tepung bakso..tak kira itu tepung berbumbu khusus buat bakso.. kayak aciku punya mba Dewi itu. Ternyata bukan tepung bakso ini adalah tepung campuran antara sagu dan tapioka dengan perbandingan tertentu..sehingga udah mix gitu. Dan kata produsennya ini tepung biasa di jual ke penjual bakso atau penggilingan bakso di pasar gitu..pakainya tepung ini. Baiklah aku coba..pengen tau bedanya di banding pemakaian tapioka di bakso.

Nah..menyesuaikan bahan yang ada..tadi aku buat bakso goreng campur campur aja..kenapa namanya campur campur ?..karena aku pakai ayam..udang dan tenggiri...hihi..jadi ya enak tho..bahannya komplet. Tapi  kalau mau di ganti daging sapi giling juga boleh lho ayamnya. enak juga..aku pernah..campuran dari daging sapi..udang dan tenggiri untuk bakso goreng..ya tetep enak gitu. Pertama mau buat empek2..eh tapi kok ngga punya ebi..yo wis..bakso goreng aja lah..sama2 enak dan gurih. Dan hasilnya..memang..nggak alot teman2..empuk bakso gorengnya. Cuma tadi aku buru2 gorengnya..karena ada tamu..hihi..jadi nggak bisa sampai kopong kering gitu. Harusnya..kalau mau dalamnya kopong gitu harus di goreng dalam waktu lama dan pakai api kecil di minyak banyak. Terus wajan yang di pakai juga jangan yang terlalu tipis..biar matang sempurna. Dulu aku pernah goreng bakso kayak gini..sekali goreng bisa 15 menit sendiri teman..pakai api kecil gitu hingga baksonya ngembang dan kopong dalemnya..hihi. Lama ya..iya memang..kalau mau baksonya kopong. Tapi jika ndak telaten yang di goreng biasa dengan api kecil hingga matang dan kering luarnya kayak biasanya teman2..hasilnya..baksonya nggak kopong..tapi empuk..kayak empek empek adaan.

Jadi kesimpulannya..pakai tepung ini..bisa  bikin bakso goreng jadi empuk...nggak alot..kayak kalau pakai tepung tapioka aja. Oke dech..besok tak uji coba dulu lagi dengan resep2 lain ya teman2..kalau memang oke..bisa jadi produk jualan juga..hihi. eh kemaren aku cerita sama mba Dewayani malah udah langsung pesen juga..hihi. Ini dia resep satu dulu ya mba...besok resep2 lain menyusul..buat teman2 lain.Yang mau coba ayuk kalau mau pesan tepung baksonya..hihi..*halah..jualan maning..* Tapi habis lebaran aja kali yach...soale trafik kurir udah padet nich deket2 lebaran..tadi aku malem kirim2 banyak paket..udah mendekati lebaran gini ndak boleh lagi tarif oke..untung masih bisa tadi malam dan terakhir hari ini..soalnya banyak yang minta paket oke juga kemaren yang kirim ke luar Jawa..takut ndak nyampe sebelum lebaran..jadi mulai hari  semua pengiriman cuma reguler aja...di jne.

Ya oke dah..ini dia resep baksonya ya teman2..^^ jika tidak ada tepung khusus buat bakso ini..ganti tapioka biasa dulu aja..tapi dengan hasil sedikit beda ya..lebih kenyal kalau tapioka. Selamat mencoba ^^
Bakso Goreng

Bahan :
100 gram daging ayam giling
100 gram tenggiri ( udah di fillet ya dagingnya )
100 gram udang kupas cincang
250 gram tepung bakso ( tepung tapioka jika tidak ada )
2 butir telur, 2 siung bawang putih  di haluskan
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/2 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh merica

Cara membuat :
Campur semua bahan kecuali tepung bakso, proses di food processor hingga lembut dan kalis. ( jika nggak ada bisa di mixer )
Campurkan tepung bakso, aduk ringan perlahan dengan ujung jari aja ya sampai rata..jangan di aduk2 terlalu kuat agar baksonya bisa mengembang ketika di goreng. Kalau di aduk terlalu kuat nanti bisa keras baksonya...dan nggak mau ngembang. Ambil sedikit adonan..masukkan ke minyak banyak dan nggak perlu di panaskan dulu. Lalu nyalakan api dan goreng dengan api kecil hingga bakso matang dan mengembang serta kering.
Nich baksonya pas di goreng teman2..ngembang bagus..cuma belum sampai kering banget udah ku angket..soale pas lagi nggoreng ada tamu..hihi. Sisa adonan malah ku kukus..nanti mau ku buat basreng aja..alias bakso goreng tipis2 tuch lho teman2..:)








Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts