Laporkan Penyalahgunaan

Wingko Babat Nangka


Kalau ke pasar..pasti mampir ke tukang kelapa langganan..dan sudah pasti tahu pesananku dia..satu kelapa di parut panjang..jangan terlalu tua dan jangan terlalu muda. Penjual kelapa tuch sering nanya..buat apa tho Mba..kok sering banget beli kelapa parut panjang. Aku bilang..buat kue2..buat taburan jajan pasar dll. "Oh..mba nya jualan jajan pasar ya..?"..Oh ndak..aku bilang gitu..buat stock di freezer aja. Dan si mas nya jadi gumun..alias heran..kok sering banget bikin kue2 pakai kelapa..hihi. Iya..aku suka nyetok kelapa yang setengah tua ini di freezer. Ya..walaupun pasar deket..kan nggak tiap hari ke pasar. Jadi..kalau mau bikin apa2 yang pakai kelapa..selalu ada stock gitu. Kalau kelapanya baru marut..terus sampai rumah langsung masuk freezer itu bisa awet kok sampai semingguan teman2..jika di buat aneka jajanan dan taburan kue. Beda kalau aku pesan di tukang sayur..kan datang ke rumahku udah jam 11 siang..jadi kelapanya kadang udah kecut dan kalau di kukus jadi kehitaman. Ya wajar sich..tukang sayurnya kan belanja ke pasarnya jam 2 malam ya..jadi udah berapa jam kelapa parutnya kan umurnya..hihi. Jadi..kalau untuk buat kue2 atau taburan..aku lebih suka kelapa yang fresh dan marutin di pasar.

Kayak kemaren..ngintip freezer..stock kelapa parutku yang ku beli sehari sebelumnya kok masih utuh..langsung dech gatel pengen ngolah..hihi. Akhirnya aku buat wingko aja..sekalian menghabiskan sisa tepung ketan yang juga tinggal berap gram di plastik..dari pada keburu kadaluwarsa..dan jadinya wingko babat ini. Biar rasanya beda sama yang original wingko babat..aku tambahin nangka dech. Wah ya..tambah enak dan legit. Wis..pokoknya aku suka jajanan dari kelapa parut begini..mau sagon..unti kelapa..wingko..geplak..dll..suka semua..enak dan gurih soalnya. Memang Semarang pusatnya wingko babat..banyak di jual juga murah2..tapi kok aku ya lebih sreg bikin sendiri teman2..karena selain bisa makan wingko anget2..manisnya juga bisa di sesuaikan selera..jadi lebih enak dan nggak mbosenin gitu. Kalau beli itu suka kemanisan..atau agak keras..jadinya menurutku..wingko buatan sendiri itu lebih enak dan fresh. Kalau Yodha..hemm..belum suka dia jajanan dari kelapa gini..huhu..enak lho Kak..padahal. legit dan lembut rasa wingkonya.


Mau coba teman2,...ayukk..ke pasar dulu..cari kelapa parut yang fresh ya..biar lebih enak dan legit wingkonya..pasti males kan..kalau marut2 kelapa sendiri..hihi.
Wingko Babat

Bahan 
Tepung ketan 150 gram.
Kelapa parut setengah tua , parut panjang 250 gram, nangka matang secukupnya, potong2
Air kelapa  150 ml
Gula Pasir 100 gram ( atau sesuai selera manisnya ya )
Garam 1/4 sendok teh
Vanili 1/4 sendok teh

Cara Membuat 
Campur semua bahan, aduk rata sambil sedikit di remas remas. Diamkan 15 menit agar gula mencair. Tambahkan nangka, aduk rata.
Sendokkan satu sendok adonan di wajan anti lengket, panggang di atas kompor sambil di bolak balik sampai matang kedua sisinya.
Tips: Waktu memanggang..gunakan api kecil saja ya..supaya matang sempurna wingkonya..
Jika suka wingko yang tektruenya padat,..jumlah air kelapa bisa di kurangi sesuai selera. Kalau sesuai resep hasil wingkonya lembut dalamnya.
  • Jika mau buat suguhan..atau di kemas..wingko sebaiknya di bungkus kertas roti satuan gini agak lebih awet lembutnya dan tidak kering.






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts