Laporkan Penyalahgunaan

Uji Coba Bikin Sirup Bunga Telang W' Yodha


Masih..karena takjub dan benar2 terpesona dengan bunga telang kiriman mba Rina kemaren..hari ini  sekalian aku uji coba makanan dan minuman dengan pewarna alami bunga telang ini. Tapi karena bunga telangnya tinggal dikit..jadi uji cobanya dikit2 aja..hihi..biar nggak penasaran. Hari ini aku buat nasi kerabu biru..sirup bunga telang dan manisan kolang kaling bunga telang. Masyaallah..benar2 cantik semua warna2nya. Memang bener teman2..warna alami ciptaan Tuhan ini sungguh2 cantik..dan hebatnya lagi nggak merubah rasa makanan atau minumannya lho teman2..ya cuma warnanya aja yang berubah jadi cantik. Moga2 bunga telangku numbuh dech..hihi..biar aku punya stock pewarna alami ini banyak2 di rumah. ayukk..yang mau nanem bunga telang..jangan ragu lagi teman2..banyak sekali manfaat buga ini..selain buat pewarna makanan,..kata teman2 lain bisa buat obat mata..atau bisa buat merawat mata biar cling gitu ya..wah..sayangnya ndak bisa coba..lha udah habis bunga telang keringku..hihi.

Oke,..uji coba kedua setelah kemaren berhasil bikin ketan biru bunga telang yang udah ku posting di SINI..sekarang giliran uji coba bikin minumannya ya teman2. Cuma karena stock bunga telangnya dikit..cuma bikin segelas aja..hihi..itupun sambail main2 seru di dapur sama jagoanku yang masih libur panjang tuch. aku bilang ke Yodha..yuk main masak sambil belajar sience..langsung semangat dech dia tuch. "Gimana caranya Mi..katanya ?" Akhirnya aku rebus air segelas sama kira2 10 buah bunga telang tadi, aku kasih gula pasir secukupnya..dan sebatang sereh, habis itu aku saring dan tuang di gelas. Nah..ada caranya biar warnanya bisa berubah dari biru ke ungu teman2..dari yang aku baca2 ini adalah minuman dari Thailand..yang juga terbuat dari bunga telang ini. Minuman yang aslinya biru ini..ketika di kucuri jeruk nipis..warnanya akan berubah..jadi ungu cantik. Walaupun biru juga cantik sich..cuma rasanya kan jadi cuma air gula biasa nanti ya..nah..kalau di kasih jeruk nipis kan jadi seger sirupnya. Nah..inilah yang membuat sirup bunga telangnya yang tadinya berwarna biru..karena tercampur dengan air jeruk nipis...jadi berubah warna ungu. Mudah kan buatnya teman2..seger pula rasanya..dan yang jelas warnanya jadi cantik menarik. 

Pas tak suruh ngucuri jeruk nipis..nich sempat emosi nich Yodhanya.."Kok nggak berubah warnanya Mi"..katanya..hihi.."Mana sience nya ? " katanya. "Sabar kak..tuch liat mulai berubah ungu"..aku bilang gitu. Dan akhirnya ketika di aduk2 dan air biru berubah jadi keunguan..baru dech Yodha senyum2..wah iya..keren..bisa berubah jadi ungu katanya. Wah..hebat ya..jeruk nipisnya bisa mengubah warna biru jadi ungu..hihi..itu kesimpulan Yodha..tapi setelah itu aku jelaskan..kalau itu terjadi karena air biru dari bunga telang tercampur asam dari jeruk nipis..jadi warnannya jadi berubah ungu. Dia langsung manggut2 ngerti.."Oh..gitu Mi"..katanya sambil masih terpesona dengan hasil uji coba sederhananya..hihi.
 

  •  "Wah..magic..dari warna biru bisa jadi ungu"..kata Yodha..kegirangan..^^


Eh..tadi kita masak nasi kerabu juga lho..masih pakai pewarna bunga telang ini teman2..warnanya jadi biru cantik dech. Nasi kerabu ini adalah..nasi khas Malaysia..kayak nasi kuning gitu kalau di Indonesia..dengan pewarna alami bunga telang juga..dan pakai lauk pauk komplet. Yang ini takaran bunga telangnya aku lebih sedikit pemakaiannya dan bener..jadi biru agak muda cantik..hihi..berarti yang ketan kemaren memang rada kebanyakan aku kasih bunga telangnya..^^

"Lha..ini kok cuma nasi doang..lauk pauk..daging..ikan..telur asin, sambel dan ulamnya mana Mak ? "..Wah..ya belum mateng..hihi..nasinya aja dulu ya teman2..mau?..*lol..! ^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts