Laporkan Penyalahgunaan

Sayur Empis Empis Khas Temanggung



Teman2 ada yang tau Sayur Empis Empis khas Temanggung...? Aku juga baru pertama nyoba memasak dan makan ini. Walau sebenernya kalau masak sayur cabe hijau bersantan gini ya sudah sering..tapi kalau versi Temanggung yang super pedas ini yang baru ini nyoba. Wah..ternyata enak sekali..pedesnya menggugah selera..bumbu2nya yang di iris semua juga bikin sayur ini jadi seger. tapi buat yang suka pedes lho..^^

Berawal dari chatingan dengan mba Rina di fb..tentang sayur khas Temanggung ini..aku jadi penasaran..tapi karena belum ada kesempatan ke Temanggung buat nyicip aslinya..ya udah masak sendiri aja di rumah. Tadi malem udah browsing2 di internet tentang sayur ini..dan ternyata sayur ini adalah sayur santan cabe hijau yang super pedas. Dari  bebagai sumber yang aku baca..kalau bumbu2nya sich sama aja kayak sayur santan biasa..bawang merah, putih , salam lengkuas, dll...yang semuanya di iris2..nggak di ulek. Bumbu utama yang harus ada yaitu cabai hijau yang jumlahnya bisa lebih banyak dari bahan yang di sayur katanya. Jadi bisa sekilo cabe..isi bahannya cuma dikit..hihi. Wah..jadi ingat oseng2 mercon Yogya dech kalau perbandingan cabenya segitu...bedanya pakai cabe rawit merah kalau oseng2 mercon. 


Sayur empis2 isinya bisa bermacam2..aslinya di Temanggung banyak yang pakai tempe khusus..tapi banyak juga yang pakai tahu..atau tempe biasa dan juga tetelan..atau bahan lain. Nah..aku pengen yang versi tahu aja..tapi katanya juga enak jika di campur tempe semangit..ya udah dech tahu plus tempe semangit sekalian biar komplet.. Tapi tempe semangitnya ya nggak banget2 sich..baru umur 3 hari tempenya..jadi masih keras juga. Untuk cabe aku pakai 200 gram saja..udah pedes banget teman2.karena biarpun cabe hijau..tapi yang kecil2 dan keriting...jadi nggak langu dan pedesnya nendang abis...hihi.

Oke dech.buat teman2 yang mau coba..ini dia ya..resep Sayur Empis Empis versi aku..tapi bumbu utamanya udah sesuai sich sama kayak di Temanggung..sekarang masak sendiri dulu..ntar kalau lewat Temanggung tak cobanya versi aslinya..hihi. Oh ya tapi ada yang lupa tadi..tomat ijonya..padahal ya udah beli lho..tapi lupa masukin..hihi. Tapi tetep enak dan sedep sich menurutku...aku suka dech..jadi bisa sering2 masak sayur ini dech di rumah..rasanya itu lho..asli ndeso..seger dan pedes..^^

Sayur Empis Empis

Bahan :
5 buah tahu putih, kukus, potong kecil2
100 gram tempe semangit, potong kecil2
100 gram daging tetelan sapi, potong kecil2
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
Garam secukupnya
1 sendok teh kaldu sapi bubuk
1 sendok makan gula merah ( sesuai selera ja ya )
700 ml santan sedang
Minyak untuk menumis secukupnya

Bumbu :
200 gram cabai hijau keriting, potong serong tipis2
8 buah bawang merah, iris tipis2
4 siung bawang putih, iris tipis2

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih sampai matang dan harum, masukkan daging tetelan dan cabai hijau, aduk hingga cabai layu. Masukkan santan dan semua bumbu2 lain. Didihkan. Masukkan tahu dan tempe, lalu masak dengan api kecil hingga bumbu meresap.

Tips : Dari yang aku baca cara membuat  sayur empis empis dari salah satu warung terkenal di Temanggung...sayur ini harus di masak agak lama..agak bumbu2 meresap dan keluar minyaknya...jadi bumbu2nya bisa meresap ke tahu dan tempenya..biar sedep gitu. Jika perlu bisa di tutup pancinya. Jika khawatir santannya pecah..nanti ketika sudah matang, bisa di tambah santan kental beberapa sendok..di masak lagi bentar..nanti bisa nyatu lagi kok santannya. Tapi kalau aku suka kuah yang nggak kental sich..jadi nggak ku tambah santan kental. Jika suka santannya kental..tambah saja sesuai selera ya teman2..^^






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts