Laporkan Penyalahgunaan

Sayur Asem Sunda


Sayur asem..sudah pasti jadi sayur favorit banyak orang ya teman2..termasuk aku..dan suami. Sayur sederhana dengan isian aneka sayuran dan bercitarasa asam segar ini memang tak pernah bosan ya kita santap teman2. Sayur dengan bumbu utama asam Jawa atau belimbing wuluh ini juga sehat..tanpa minyak2 sama sekali ya teman..jadi cucok juga dech buat diet..apalagi kalau makan tanpa nasi..wis di jamin cepet langsing dech..hihi. Tapi jangan sama ayam goreng..tempe goreng..bebek goreng dll..wah lha itu sama aja menu nikmat namanya..bukan menu diet lagi..hihi. Eh ternyata..sayur asem ini ada macam2 versi ya teman2..kayak sayur asem Betawi..sayur asem Jawa Tengah..Sayur Asem Sunda..dll. Biasanya aku kalau bikin sayur asem tuch yag kuahnya buthek..karena bumbunya pakai kemiri..versi mana tuch..versi ibuku..hihi. 

Nah kali ini aku lagi pengen sayur asem yang versi bening..yaitu versi Sunda ya teman2..bumbunya aja sich..maksudnya bumbunya tanpa kemiri..jadi kuahnya bening. Kalau isian sayur asemnya sich..tetep gado2..suka2 aku..hihi. Soalnya aku memang suka sayur asem yang isinya komplet..campur campur gini..jadi rame dech sayur asemnya. Enak kadang2 cuma di gado aja tanpa nasi udah mengenyangkan karena isinya komplet. Tapi untuk bumbu2nya kali ini aku ikut aliran sayur asem Sunda..yang biasa di jual..kayak di resto2 ayam goreng itu lho teman2..berkuah bening dan bercitara segar ringan. Dan ternyata..enak juga ya sayur asem bumbu ala Sunda gini ternyata..seger banget juga..walau aku tetep suka juga yang pakai bumbu kemiri..hihi. Suka sema dech. Suami juga dech..buktinya..kemaren sore tuch sampai makan dua piring lho..walaupun cuma pakai sayur asem..tempe goreng dan teri goreng sama sambel terasi..hihi. Menu murah meriah..tapi memang uenakk..setuju teman2..?

Ya oke dech..buat yang suka sayur asem..yukk mari masak hari ini..seger lho di nikmati hangat2 buat makan siang nanti. Lauknya bebas aja ya..sesuai selera..mau ayam goreng..bebek goreng..ikan goreng..atau cukup yang murah meriah aja..favoritku..ikan asin. Menurutku..sayur asem ini paling enak sama ikan asin makannya. Apalagi ikan asin layur yang panjang2 tuch..di goreng agak kering di bedaki tepung beras tipis2..jadinya renyah kriuk2..wah kok ya enak banget dan klop sama sayur asem. Karena citarasa sayur asem kan segar dan ringan asam manis gitu ya..jadi..ikan asin yang rasanya sedikit asin ini..ketika di makan sama sayur asem..akan jadi kombinasi rasa yang indah ketika kita satukan di lidah..hihi..* halah..lebay..* Tapi karena aku lagi nggak punya ikan asin..wis kemaren pakai teri aja..wah ya cocok juga ternyata. Karena kebetulan teri nya agak2 asin dikit..dan hasilnya..suami makan dengan lahap. Wo alah..kalau menu sederhana gini makan dengan lahap..wis ndak usah masak yang mahal2 aja kali ya..hihi..biar mak Irit bisa penuh tabungannya..hahaha. Irit atau pelit Mak..?..Tapi memang kok teman2..jika udah keseringan makan daging2..ayam2..dll..kadang2, makan sederhana gini malah bisa jadi menu selingan yang nikmat ya teman2..^^

Oke dech..kalau cerita terus kapan nulis resepnya ya..hihi..ini resepnya aku tulis ya..maafken jika ndak otentik Sunda banget kali isian sayur asemnya teman2..tapi aku niru bumbunya aja yang versi Sunda..tapi takaran bumbu2nya ala aku ya ..dan aku kalau bikin sayur asem..versi mana pun..suka ku kasih tetelan sama air kaldu sapi..jadi lebih nendang gitu rasanya..kalau nggak suka..pakai air biasa aja ya..^^
Sayur Asem Sunda

Bahan :
Sayuran secukupnya ya..sesuai selera, aku sich beli satu paket tuch sayur asem di pasar..hihi..2 ribu, isinya : terong sepotong, labu siam sepotong, kol 2 lembar, kacang panjang beberapa lonjor, jagung manis 4 potong, daun melinjo sedikit, kulit melinjo sedikit, ada tomat kecil satu biji. 
Kacang tanah mentah 1 sendok makan
Air kaldu sapi 1500 ml ( bisa pakai air biasa )
Tetelan sapi yang udah di rebus 100 gram ( optional )
Gula merah 1 1/2 sendok makan ( sesuai selera )
Gula pasir 1 sendok teh
Garam secukupnya
Air asam Jawa agak kental 3 sendok makan ( sesuai selera )
Daun salam 2 lembar
lengkuas 2 cm, memarkan

Bumbu halus :
7 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh terasi bakar
3 buah cabai merah keriting

Cara membuat :
Cuci semua sayuran..dan potong2 sesuai selera.
Didihkan air kaldu sapi, tetelan dan bumbu halus, dan semua bumbu2 lain. Masukkan kacang tanah dan jagung manis dulu, jika udah agak matang, baru masukkan sayuran lain. Masak hingga sayuran  layu. Koreksi rasa. Sajikan sayur asem dengan lauk pauk sesuai selera dan sambal terasi..yummy..! ^^
  • Lauk cuma teri goreng aja kok ya di pamerin ya teman2..hihi..biarin dech..enak kok..dan walaupun cuma teri..kali2 aja temen2 yang tinggalnya di luar jarang makan ya..jadi bisa buat obat kangen teri ya teman2...atau banyak juga kali ya teri di luar..hihi..ndak tau juga dech.
  • Oh ya tips cara goreng teri agak nggak remuk ya teman..jika teri yang di pake teri agak basah yang ndut2 gini. Kadang2 kalau habis di cuci kan jadi basah tuch dan kalau di goreng jadi suka remuk dll. coba taburi tipis2 dengan tepung tapioka..hasilnya teri nggak remuk lagi dech pas di goreng..dan hasilnya bisa renyah juga. dan transparan kan..kayak ndak pake lapisan tepung kan teri gorengnya ini..^^

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts