Laporkan Penyalahgunaan

Petis Kangkung..atau Kangkung Petis ?..^^



Yang bener yang mana hayo nama masakan ini teman2..? hihi..aku suka bingung..kadang ada yang nyebut petis kangkung..ada juga yang nyebut..kangkung petis..sama aja kali ya. Aku sendiri kenal masakan petis kangkung ya sejak tinggal di Semarang..maklum kalau di Yogya..jarang masak2 yang pakai bumbu petis. Dan anehnya..karena jarang makan dari kecil..dulu awal2 pindah Semarang..nggak doyan lho aku petis teman2..kalau sekarang ?..Doyan banget..hihi. Berbagai merek petis dari yang murah sampai yang mahal sering ku coba. Dari petis pasar sampai petis yang bermerk yang di jual di supermarket..dan akhirnya..aku sekarang ini lebih suka petis pasar yang produksi lokal Semarang sini..yang di kemas kecil2..kemasan cup plastik kecil..enak petisnya..sudah ada rasa gurih dan manisnya.

Selain di buat bumbu tahu gimbal atau di buat isian tahu petis...petis Semarangan ini enak juga di buat masak kangkung. Kalau di sini di sebut petis kangkug..atau kangkung petis itu tadi..hihi. Boleh juga di sebut tumis kangkung bumbu petis kali ya..daripada bingung. Yang jelas..bumbu utama dan aroma khas dari masakan ini..ya petis itu tadi..karena pemakaian petisnya rada banyak. Rasanya..enak sekali..buat makan pakai nasi putih anget aja udah enak banget..tapi buat yang suka petis lho..hihi. Apalagi kalau di buat pedes gitu..wah..tambah yummy dech.

Ya oke dech..ini dia resep kangkung petis ala aku ya..buat teman2 yang udah nunggu resep menu2 sehari2..maaf ya dari kemaren2 kue2 jadul terus resepnya..hihi. Oke..mulai dari resep simple dulu ya teman2..kangkung petis ini..selamat mencoba jika suka.


Petis Kangkung
Bahan :
1 ikat kangkung
5 buah bakso , potong tipis ( optional..tambahanku aja sich buat variasi )
2 sendok makan petis udang
1/2 sendok teh kaldu bubuk
Garam secukupnya jika perlu
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
 Air 100 ml
Bumbu iris :
6 buah bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
Cabai merah 6 buah, iris tipis serong
Cabai rawit 5 buah, iris tipis serong
Bawang bombay setengah buah, iris tipis panjang
Cara Membuat :
Tumis bawang merah, bawang bombay dan  bawang putih sampai harum dan matang, masukkan cabai ,aduk sebentar hingga layu, lalu masukan bakso dan air , dan bumbu2 lain, aduk rata , terakhir masukkan kangkung, aduk sebentar hingga kangkung matang, tapi jangan over cook ya biar masih kres kres gitu rasanya. Koreksi rasa. Angkat kangkung, letakkan ke piring saji.



Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts