Laporkan Penyalahgunaan

Perkedel Jagung Udang Menul Menul


Hihi..judulnya lebay..tapi..memang menul menul..nggemesin banget kok perkedel jagungku ini teman2..*lol..!
Ceritanya Yodha lagi suka perkedel jagung ini..sejak makan perkedel jagung ini di salah satu food court..lha sejak makan itu..jadi seneng. Padahal..di rumah yo sering banget bikin dari dulu kalau cuma perkedel jagung ya..tapi ya..namanya Yodha..kalau belum kepepet dan nyoba sendiri ya belum seneng..dan nggak mau di paksa2 makan sesuatu. Pas di food court itu ceritanya kan sambil nunggu pesanan nasi gorengnya aku beli berbagai macam gorengan..nah..liat aku dan papinya makan gorengan nampak enak..akhirnya mau nyicip dia..dan suka jadinya sama perkedel jagung ini..hihi. O alah Kak..dari dulu kek ya suka..kan bisa makan dari dulu perkedel jagungnya. Sekarang lumayan lah udah mau maka gorengan dia..biasanya..kalau makan gorengan itu ndak mau ..katanya bikin kolesterol dan berkalori tinggi lho Mi..hihi. Halah..lha wong kamu je belum ndut udah mikir kolesterol..hihi..gara2 kebanyak baca buku *Why* dia nich. Tapi nich..dia jadi suka gorengan sekarang..pertama kemaren ketagihan sama tahu aci..cireng..dll. Eh sekarang nich lagi suka perkedel atau bakwan jagung..hihi.

Perkedel atau bakwan jagung tuch hampir sama..atau sama aja kali ya teman2..tapi beneran..dari bahan jagung nich aja..banyak banget variasinya. Kalau menurutku sich bedanya bakwan jagung sama perkedel itu..jumlah jagungnya aja sich..kalau perkedel banyakin jagungnya daripada terigunya..kalau bakwan terigunya di banyakin. Tapi baik itu bakwan atau perkedel jagung..aku kok ya suka semua. Bakwan atau perkedel jagung juga bisa kita buat beragam bentuknya..mau tipis2 garing kriuk..atau versi yang garing di luar lembut di dalam alias yang menul menul gini..aku kok ya suka semua..hihi...memang *penggemar berat gorengan*


Oke dech buat yang suka perkedel atau bakwan jagung yang menul menul..aku kasih tips sedikit ya teman2..ya walaupun cuma bakwan jagung..hihi..tapi enak lho. Semoga bermanfaat ya..buat teman2 yang baru belajar masak. Untuk membuat bakwan jagung yang menul2..jangan terlalu banyak cairan ya teman2. Jadi gunakan saja telur, terus air secukupnya saja..jadi adonan kental gitu..jadi bisa bulat2 chubi...alias menul menul dech. Gunakan juga minyak yang banyak ketika menggoreng ya teman..jadi begitu adonan masuk..terendam minyak dan jangan di bolak balik dech..biar mateng dulu bagian sisinya..baru di balik. Dengan begitu bakwannya jadi mateng sampai ke bagian dalam2nya...dan nggak banyak nyerap minyak. Jika pakai wajan tipis api kecil aja..tapi minyak musti di panaskan dulu sampai bener2 panas tapi jangan kepansannya juga ya..ntar masuk adonan langsung gosong dech..hihi, baru masuk adonan. Jika pakai wajan yang tebel..ya api sedang saja. Oke..selamat mencoba ya teman2..ini dia resepnya :
Perkedel Jagung Udang Menul Menul

Bahan :
2 buah jagung ukuran besar
50 gram udang kupas, cincang kasar
1 butir telur
100 gram terigu
Air secukupnya ( dikit aja asal adonan menyatu, kira2 50 ml )
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk
Garam secukupnya
1/8 gula pasir

Bumbu halus :
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Sisir halus jagung, satu di haluskan kasar pakai ulekan, satu biarkan bentuk sisiran
Campur jagung manis, udang kupas, terigu, telur, bumbu halus dan bumbu2 lain. Aduk rata sampai jadi adonan kental.
Panaskan minyak goreng secukupnya, sendokkan adonan perkedel ke minyak panas, goreng hingga matang dan keemasan. Sajika hangat dengan cabe rawit..yummmy..^^




Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts