Laporkan Penyalahgunaan

Pastel Cireng Isi Tahu


Wah..alhamdulillah waktu kok jalan cepet banget ya teman2..hihi..jadi malah nggak berasa kayak puasa..enjoy aja gitu..banyak kerjaan di dapur..tau2 udah siang..tau2 udah sore. Dan..pengennya posting macam2 di bulan puasa ini..eh malah agak sibuk sedikit hari ini...ya oke dech..paling nggak sehari satu gitu aku usahain tetep posting ya teman2..menu2 baru di bulan puasa ini. Nah..kali ini masih..bertema aci acian..aku  masih suka bereksperimen pakai aci nich..jadilah aku buat pastel cireng isi tahu kemaren. Berawal dari ngobrol sama mba Intan dulu tentang makanan yang lagi terkenal di Majalengka Jabar gitu..namanya Jalangkotek..bukan Jalangkote..dari Makasar lho ya..tapi pakai *K* belakangnya..jadi Jalangkotek..hihi. Yaitu cireng yang di bentuk pastel dan di isi tumisan tahu pedas. Baiklah..ini dia Jalangkotek ala aku sendiri tapi ya mba Intan..dan teman2 yang suka cemilan aci goreng..enak lho. Nggak kalah enak sama aci goreng isi sayur atau Olos yang resepnya udah ku share kemaren di SINI.

Oke dech..mau coba...yukk silahkan teman2..siapa tahu bisa buat cemilan buka puasa nanti sore ya. Kan..berbuka puasa itu selain pakai hidangan yang manis2..makan gorengan dulu sebelum makan nasi      dkk..juga enak lho..hihi. Aku banget dech..buka puasa gorengan...hihi. Ya udah dech sambung lagi ya ceritanya besok..ini masih ada tanggungan kerjaan juga..selamat berpuasa ya teman2..^^
Pastel Cireng Isi Tahu

Bahan isi :
Tahu putih 3 buah, potong kecil2 ( aku pakai tahu cina
Bawang merah 4 butir, iris tipis
Bawang putih 2    siung, iris tipis
Cabai rawit secukupnya, haluskan
1 sendok teh saus tiram
Garam, gula, kecap manis sesuai selera.

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan putih hingga matang dan harum, masukkan cabai halus, masak hingga harum dan cabai matang. Masukkan tahu, air dan bumbu2 lain. Masak hingga air habis. Koreksi rasa. Dinginkan.

Bahan kulit :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
100 ml air panas ( kurang lebih )
1/2 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya. ( Kalisnya itu kalis lembut ya teman2..ketika kita pegang..bukan kalis padat kayak adonan donat..:D, yang penting nggak lengket di tangan ketika di bentuk2..)
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat, pipihkan. Isi dengan tumisan tahu secukupnya. Pilin pinggirnya seperti pastel.
Goreng di minyak terendam dengan api kecil hingga matang dan kering luarnya. Sajikan hangat.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts