Laporkan Penyalahgunaan

Mie Pentil & Mie Gaplek..Enake Rek..^_^



Alhamdulillah..tadi siang pulang dari kondangan ke Ungaran..ada mba Elmi datang ke rumah..ngoleh2 hi aku mie pentil, mie gaplek dan tempe benguk..wah..senengnya..jadi terharu aku mba..di bawain beneran jauh2 dari Sukoharjo..hihi. Yang paling pengen cepet2 aku makan ini mie pentilnya mba Elmi...hihi. Jadi..tadi mie pentilnya langsung aku masak..hihi..sudah lama sekali ndak makan mie ini..dan akhirnya kerinduanku terobati..hihi..enak sekali mie pentil ini je..apalagi kalau masak sendiri di makan anget2..wah..langsung habis tadi..hihi. Padahal ya habis kondangan lho..tapi tetep pengen langsung maem mie pentilnya..gara2 di kondangan bosan menunya itu2 aja jadi cuma makan dikit. Enakan mie pentilnya dech dari pada menu2 di kondangan tadi..hihi.

Mie Pentil..ada yang tau nggak teman2 ? Namanya lucu ya teman2..tapi hati2 ya..jangan salah mengucapkan vokal *e* pada mie pentil..bisa2 berkonotasi beda lagi..hihihi. Mie pentil ini pengucapan huruf *e* nya seperti pada kata *pensil* ya...bukan kayak ngucapin vokal *e* *pentul*..hihi. Mudeng nggak teman2..? Kalau nggak sich malah beneran..berarti ndak tau maksudku *kata*  itu ya..lol...! Kalau aku sih udah nggak nggak asing sama mie ini..jaman kecil dulu..di Yogya banyak di jual di pasar2 tradisional. Tapi kalau mau cari sekarang ini ya masih ada kok di Yogya..kayak di Beringharjo dan pasar2 lain ada yang jual mie pentil ini. Di daerah Yogya bagian selatan yaitu di sekitar Pundong Bantul ada juga sentra penghasil mie pentil. Dan ternyata di tempat mba Elmi di Sukoharjo ada juga..atau mungkin di daerah teman2 juga ada mie kayak gini ?

Mie Pentil adalah mie yang terbuat dari pati singkong atau tapioka atau pati kanji..nah dari dulu aku sangat penasaran bagaimana cara membuatnya. Ingin sekali bisa bikin sendiri di rumah..soalnya di sini nggak ada yang jual mie begini..jadi suka kangen. Kapan2 musti aku liput dech kalau pas lagi mudik lagi. Tapi alhamdulillah tadi dapat rejeki bisa makan mie pentil lagi..hihi. Mungkin kalau boleh di bandingkan..rasa mie pentil ini sedikit mirip sama dengan rasa mie kwetiau basah tuch ya..agak kenyil2 gitu tapi enak banget..karena rasa mie pentil ini lebih ndeso di banding kwetiau..hihi. Cara masak mie pentil kalau di jual di pasar2 tradisional juga sangat sederhana..ndak perlu tambahan apa2..seperti sayuran, ayam , telur atau yang lain2..cukup di buat mi goreng aja polosan..dan di taburi bawang goreng dan sledri. Tadi aku pas nggak punya sledri..jadi cuma pakai bawang goreng. Udah..sesimple itu teman2..cara masaknya..dan di makan pakai cabe rawit atau ada juga yang di kasih sedikit sambal cabai rebus yang khas ndeso..hihi..enak banget tuch..di makan gitu aja. Kalau di Yogya mie pentil ada dua warna..warna putih dan kuning. Ada yang agak kecil2 kayak yang di bawa mba Elmi tadi..ada juga yang agak lebih besar mie pentilnya. Di pasar2 kadang di jual juga bungkusan pakai daun jati..hemm..jadi tambah harum unik rasanya kalau di bungkus daun jati ini..hihi. Asal muasal nama pentil ini..mungkin karena mie nya memang mirip karet pentil kali ya..hihi..sama2 kenyil2..hihi.


Ya oke dech..sekian dulu ceritaku tentang mie unik dan jadul ini teman2..kapan2 kalau main ke Yogya..cobain ya mie pentil ini ya..enak lho teman2.
Oh ya..selain mie pentil tadi aku di bawain tempe benguk dan mie tiwul juga dari mba Elmi..kayak gini nich kalau mie tiwul..apa mie ini di buat dari tepung gapek ya..adakah yang tau teman2 ?..Ah..jadi pengen coba besok bikin mie dari tepung gaplek ini..hihi..iseng2 aja mumpung punya tepung gaplek..buat uji coba..sapa tau berhasil.

Oke..happy weekend ya teman..^^

Ini..kata mba Elmi mie tiwul..atau mie gaplek ya ?..Unik rasanya..kalau mie gaplek ini baru pertama kali ini coba aku..^^


Kalau ini tempe benguk ya ?..Unik juga rasanya..di buat keripik..tapi kalau seingatku tempe benguk di tampatku dulu itu di bacem atau di bumbu terik..wuiih..enaknya..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts