Laporkan Penyalahgunaan

Mi Kopyok Pak Dhuwur..Sederhana Dalam Rasa..Namun Bisa Membuat Lidah Ketagihan



Hidangan mie..sudah pasti banyak ragamnya ya teman2...dan banyak daerah di Indonesia punya ciri khas hidagan mie masing2..dari mie Jowo..Mie Medan..Mie Bandung..Mie Cirebon..dll..semua punya ciri khas masing2. Nah..di Semarang juga ada lho..hidangan mie yang sangat unik dan enak. Yaitu Mie Kopyok. Kenapa di sebut mie kopyok..karena cara buatnya adalah dengan di kopyok2 di air mendidih mie nya. Mie yang di pakai adalah mie pasar yang basah dan khas rasanya. Rasa dan penampilannya sich sederhana saja..tapi justru itulah yang menjadi keunikannya..kok bisa..mie sesederhana itu bisa enak banget..hihi. Mie yang minus tambahan daging2 an dll..ya cuma sekedar irisan kecil2 lontong dan mie..di tambah tahu pong yang di iris tipis2, taoge panjang, serta taburan daun sledri dan kerupuk karak banyak2..kemudian di siram kuah coklat berkecap dengan ras agurih dan sedikit manis..tapi rasanya kok ya sangat enak. Nyesel dech baru nyoba mie kopyok Pak Dhuwur ini baru2 ini..hihi, padahal udah tinggal di Semarang selama 10 tahunan..wua..kemana aja Bu..!..lol..ada makanan enak kok nggak di cicip dari dulu...hihi. 

Begini ceritanya teman2..sejak dulu emang sudah di ceritain suami tentang terkenalnya mie kopyok Pak Dhuwur ini..katanya walaupun cuma mie kuah ala kampung gitu tapi enak banget. Terus aku jadi ingat mie kopyok ala abang2 keliling gitu..udah pernah coba..enak sich..tapi ya nggak enak banget..lebih enak buatanku sendiri malah jika di banding ala abang2. Nah..ku pikir semua mie kopyok ya paling begitulah rasanya..jadi setiap mau nyoba makan ke mie kopyok Pak Dhuwur..selalu urung. Nah..sejak buka cabang  di Semarang atas..aku jadi penasaran..pengen coba mie kopyok Pak Dhuwur ini. Tapi kalau aku ajak ke sana..suami pasti bilang..apa Yodha mau ya..? Soalnya mie kopyok itu cuma mie aja..lauknya ndak ada..akhirnya wis..tertunda2 terus nyobanya. Sampai akhirnya..beberapa waktu lalu..kami pas niat cari sarapan di Semarang bawah aku niatin untuk mencobanya. tentu saja..dengan niatan..wis nanti kalau Yodha ndak mau makan lagi di tempat lain gitu. Walaupun di atas ada cabangnya..lebih afdol kan..kalau mencoba warung aslinya di bawah...akhirnya kami mencoba mie kopyok Pak Dhuwur yang di pusatnya di bawah.

Dan..akhirnya kesampaian juga nyoba mie kopyok Pak Dhuwur ini..ternyata..di balik keserhanaan penampilan hidangan ini..tersembunyi citarasa yang sangat enak dan istimewa..*Halah..kumat lebay..hihi..* Tapi beneran lho teman2..si Yodha yang picky eater dan kami khawatirkan tidak suka mie ini..ternyata..suka banget..hihi. Pas kami makan di warung Pak Dhuwur yang di jalan Tanjung, waktu itu memang masih pagi..dan baru buka..jadi belum penuh pengunjung..nah..kami duduk di dekat gerobak tempat meracik mie kopyoknya. Nah..dari situ aja udah bau harum enak banget..gitu dech kometar Yodha..aku sampai kaget..hihi. Dan ketika mie kopyok pesanan kami datang..aku cicip kuahnya..hemmm..memang enak dan sedap sich..beda sama yang biasa aku masak sendiri di rumah..ntah karena kecapnya yang berbeda atau ada bumbu rahasia apa..hihi..pokoknya beda dech sama yang sering aku buat yang cuma pakai bawang putih dan garam..dll. Aku malah kayak cium2 aroma ebi..tapi suami ku bilang..nggak pakai..mie kopyok itu cuma bawang putih katanya bumbu utamanya. Hemm..jadi penasaran..apa ya rahasia bumbu mie kopyok Pak Dhuwur ini..hihi. Tapi beneran..enak teman2..rasanya sederhana saja..mie kopyok ini..tapi ya itu ada sesuatu gitu yang khas dan unik..sehingga walaupun penyajiannya ya cuma seperti itu..cuma ada lontong, mie..taoge, tahu pong dan kerupuk karak..tapi kok ya klop dan enak rasanya.


Yodha aja sampai bilang..hemm..yummy..katanya habis makan seperiing mie kopyok Pak Dhuwur ini..hihi. Dan akhirnya..kami jadi ketagihan mie kopyok Pak Dhuwur ini..tadi pagi udah ke sana lagi buat sarapan..hihi. Pertama sich mau makan soto Mba Lin...tapi pas di tanya Yodha mau makan apa..dia berbelit2 gitu jawabnya..soalnya lagi nggak mau soto katanya..terus aku tanya mau makan apa ?..Eh masing a u..a u gitu jawabnya.bingung..tapi begitu aku bilang...mau mie kopyok Kak ?..Langsung dech jawab cepet..sambil ketawa lebar.." Iya..iya..aku mau..katanya semangat..hihihi.."

Walah..benar2 udah taraf ketagihan nich Kakak. Tapi beneran..pas makan di sana tadi ya makan lahap lagi sambil terus komen..hemmm..yummy..yummy..katanya. Wo alah..suka apa doyan Kak..hihi. Iya dech Mami nyerah..belum bisa bikin mie kopyok yang sama kayak Pak Dhuwur..hihi..soalnya ya itu tadi..bolak balik tak coba ya belum bisa persis je..ntah mie nya yang beda..atau kecapnya..atau apa..yo wis lah..kalau mau makan mie kopyok ya beli aja di Pak Dhuwur ini..sang master mie kopyok dari Semarang..hihi. Kan udah ada cabangnya sekarang di deket rumah..di deket Carefour Srondol..jadi lebih deket kalau mau sarapan mie kopyok lagi. Tadi ke bawah sich karena sekalian mau ke pasar Prembean..yang kata temen2 kayak gang baru ya..tapi ternyata kalau aku lebih suka pasar gang baru dech..hihi. Tapi tadi lumayan..dapet udang hidup murah banget, sekilo cuma 25 ribu.wis langsung angkut. Tapi habis itu tetep meluncur lagi ke gang baru..beli gula aren buat stock puasa..sama beli gempol dan es dawet di sana..hihi..dari pasar ke pasar dech ceritanya..ampe Yodha manyun dan memilih menunggu di mobil ketika sampai di pasar gang baru,.hihi. Maaf ya Kak....^^

Oke dech..kalau mau mencicipi kuliner yang khas dan unik dari Semarang yang murah meriah..cobalah mie kopyok Pak Dhuwur ini teman2..aku bisa bilang ini emang enak dan unik sekali rasanya..rasa sederhana ala kampung yang bikin ketagihan memang. Mie kopyok ini memang dulunya di kenal dengan sebutan mie kampung teman2 di semarang..karena mienya sederhana banget tanpa tambahan daging apapun..terus juga cuma di jajakan keliling kampung gitu dulu..atau keliling kota kali ya sekarang..hihi. Makanya warung permanen yang jual mie kopyok ini ya nggak banyak..dan Pak Dhuwur ini yang paling terkenal dan menjadi salah satu bukti kesuksesan dan pioner warung mie kopyok yang otentik di Semarang. Alamatnya yag bawah ada di jalan Tanjung, sementara cabangnya yang di atas ada di deket rumahku..di deket carefour Srondol Banyumanik..Semarang atas. Oke..selamat mencoba teman2...jika pas lagi di Semarang..cobalah kuliner khas Semarang yang sangat enak dan unik ini.





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts