Laporkan Penyalahgunaan

Manisan Kolang Kaling Bunga Telang..Bukan Biru..Tapi Jadi Ungu Warnanya



Masih asyik nich bikin2 sesuatu yang pakai bunga telang teman2...soalnya seneng liat hasilnya yang cantik2..kayak ketan biru..sirup bunga telang dan nasi kerabu. Nah..mumpung masih ada sedikit bunga telangnya..aku manfaatin sekalian buat bikin manisan kolang kaling bunga telang...dari pada ku simpan malah ilang..sayang kan. Warna manisan kolang kalingnya bisa berubah cantik dari biru jadi ungu juga lho teman2..karena kolang kaling kan ada rasa asamnya juga..atau kecut ya tepatnya..hihi..karena kelamaan di rendam di air. Tapi..karena tadi kolang kalingku baru dan segar tadi..warna ungunya kurang genjreng keluarnya..akhirnya..aku kucuri jeruk nipis sekalian..wah..langsung dech..warna ungu cantiknya nongol..dan rasa manisan kolang kalingnya juga tambah enak dan seger..karena ada asam2nya dikit...asam dari jeruk nipis lho..bukan asam dari kolang kaing yang udah terendam lama dan basi..hihi. Sipp dech..uji coba tak sengaja..malah bikin kolang kalingku tambah seger rasanya.

Cara membuat manisan kolang kaling ini..sama kayak manisan kolang kaling biasa yang udah ku posting dulu..cuma untuk pewarnannya aja yang pakai bunga telang ini..jadi lebih alami dan tak kalah cantik kan teman2..warna ungunya...dengan pewarna makanan buatan. Dan yang jelas..nggak ninggalin rasa apa2 di makanan bunga telang ini..rasanya ya tetep rasa kolang kaling yang enak dan seger setelah jadi manisan. Suka dech. Wah..sebenernya masih pengen bikin puding atau lapis beras bunga telang juga..tapi ya..udah habis dech bunga telang keringnya..hihi..jadi musti sabar dech nunggu biji2nya numbuh dulu dan berbunga..^^


Oke dech..ini dia resep manisan kolang kalingnya aku posting ulang ya teman2..sapa tau ada yang mau coba...^^
Manisan Kolang Kaling Bunga Telang

Bahan-bahan :
500 gram kolang-kaling
1.000 ml air cucian beras
750 ml air
250 gram gula pasir
3 lembar daun pandan
8 lembar daun jeruk, dibuang tulangnya
1 sendok teh garam
1/4 sendok teh pewarna sesuai selera 
15 buah bunga telang, remas2 dengan sedikit air panas, saring . air jeruk nipis 1 sendok makan
Cara Pengolahan :
Cuci bersih kolang kaling. Rendam kolang-kaling dengan air cucian beras selama 30 menit.( untuk mengurangi aroma asam jika kolang kaling sudah terlalu lama di rendam lama di air ). Cuci bersih.
Rebus air, air bunga telang, gula pasir, daun pandan, daun jeruk, garam, air jeruk sampai mendidih.
Masukkan kolang-kaling. Masak hingga meresap  Dinginkan semalaman.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts