Laporkan Penyalahgunaan

Makan Malam di Angkringan Ndalem..Resto Angkringan Yang Bersih dan Unik di Rumah Bangsawan Kraton Yogya.


Yuhu...akhirnya bisa posting di blog lagi..setelah seharian muterrrrr..hihihi. Ya udah nunggu liputan wis kul ku di Yogya..oke..mari kita makan2 sama2 ya teman2..tapi bayar sendiri2 ya..hihihi. Nah..tujuan pertama kita buat makan malam..adalah Resto Angkringan  Ndalem..di daerah pasar Ngasem Yogya. Tempat ini pas banget buat teman2 yang lagi wisata ke Yogya..pengen mencoba menikmati angkringan tapi males jika harus makan angkringan versi tenda2 di pinggir jalan. Kalau Angkringan Ndalem ini..angkringan yang bagus..nyaman bersih dan rapi tempatnya...apalagi resto ini menempati bangunan rumah salah satu bangsawan Yogya..yang memang di fungsikan sebagai resto di siang hari dan warung angkringan di malam hari...jadi berasa banget nuansa Jawanya. Ruang restonya luas dan banyak meja..jadi nyaman dech..kayaknya ini adalah semacam bangsal atau pendoponya gitu dulu ya di rumah bangsawan Yogya..jadi ya enak tempatnya. Jadi ngebayangin..rumah2 bangsawan dulu memang bener artistik dan bagus..khas banget nuansa Jawanya. Sudah lama sich mau ke sana..tapi baru kesampaian ini..ya maklum saja..kalau pas mudik..tujuan wisata kulinernya banyak banget..jadi selalu tertunda..akhirnya bisa kesampaian juga makan di sana.

Menu2 yang di sajikan di sini..tentu saja sesuai namanya adalah menu2 ala angkringan di Yogya..ada nasi kucing dan aneka lauk pauknya..seperti sate, baceman , gorengan dll. Kalau melihat sekilas penyajiannya memang sangat menarik..bikin laper mata..hihi. Selain menu utama nasi kucing yang memang khas warung angkringan..ada juga menu nasi pecel..brongkos..ramesan atau misal mau makanan yang hangat yang baru di masak ada juga nasi goreng dan mie gerobak ala mie Jowo gitu. Sedang yang tak kalah menarik adalah adanya banyak sajian jajan pasar khas Yogya yang unik2 dan sebagian udah langka..misal..clorot..jadah manten, kipo dll. Sedang minumannya juga minuman khas wedangan ala angkringan..misal wedang ronde..dll. Makan di resto ini..kita bebas ambil makanan sepuasnya..tinggal tunjukin aja ke pelayannya..nanti mereka akan menghitungnya. Aku sarankan sich jangan makan langsung kenyang makan hidangan utama..hihi..icip2 aja berbagai menu yang ada..biar tahu rasanya semua ya teman2..ambil satu2 aja..boleh kok..hihi. Kalau perlu share aja..misal datang bareng2 berapa orang gitu..ambil aja menu yang beda2..jadi bisa saling icip rasanya kan..soalnya kalau mau di makan semua kan juga ndak kuat ya..hihi..dan lebih hemat pula.. *Tips jajan ala Mak irit..*

Nah..soal rasa..ada yang enak..ada pula yang biasa saja. Yang enak adalah lauk2 sate nya..bacemannya. Sedang nasi kucingnya biasa aja..sambel dan lauknya kurang nendang kata suami..hihi..masih enak nasi kucing yang di warung angkringan tenda beneran. Gorengannya juga biasa aja..bakwannya alot..sosis solo nya kurang gurih. Yang paling enak adalah aneka sate dan lauk lain yang di bacem2. Satenya memang mantap..pas bumbunya enak dan empuk satenya. Memang aku ndak nyicip semua sich..cuma random aja..tapi pas aku tanya suami ya..idem..beberapa item itu rasanya kurang sipp kata suami. Wedang rondenya juga kurang mantep jahenya. Yang enak adalah wedang serehnya itu mantep banget terasa hangat di badan..dan wangi seger banget serehnya...pas di nikmati malam2. Sedangkan Yodha yang pesan mie Jowo aku cicipin..rasanya lumayan enak..khas Jowo gitu. Nah..yang paling aku agak kecewa adalah jajan pasarnya yang kurang oke rasanya..huhu. Padahal udah tak bela2 in nggak makan makanan utama karena pengen nyicip banyak jajan pasarnya satu2 gitu..eh ternyata banyak yang kurang sip dan otentik rasanya. Clorot yang harusnya isinya lembut dan menul2..eh keras rasanya. Kiponya keras dan kurang legit isinya. Jadah manten yang harusnya luarnya di bungkus telur dadar..eh ini di bungkus dadar tepung yang sangat keras kulitnya..dan isinya juga kurang manteb rasanya. Tiwulnya terlalu kenyal..kurang ndeso rasanya..aku kira ngadoninya yang salah..hihi. Secara aku sering banget bikin jajan pasar yang enak2 ya teman2..jadi berasa kuciwa dengan jajan pasar yang di jual di situ..secara kan di Yogya ya..harusnya bener2 orisinil dan enak jajan pasarnya..apalagi utuk sajian kelas resto yang nota bener harganya tentu saja lebih mahal di banding warung angkringan biasa. Jadi..nggak salah dong..jika kita punya harapan lebih soal rasanya..hihi. Tapi ada yang enak juga kok jajan pasarnya..cenilnya..pas rasanya..kenyal dan empuk..enak..juga gathotnya..kenyil2 enak..^^

Tapi..sesekali oke juga kok teman2..jika pas datang ke Yogya..sesekali mampir ke resto ini..pilih aja yang enak2 makannya..hihi..jadi aku review jujur ini rasa makanannya ya..biar teman2 nggak salah pilih menu jika ke sana. Oke dech..tanpa banyak lagi pidatonya..mari..kita santap sama2 ya..hidangan ala resto Angkringan Ndalem ini..yukk mari..ambil sesukanya..hihi. Tapi jangan lupa bayar sendiri2 ya..ndak mahal banget kok..kami bertiga makan macam2..suami nasi kucing dan aneka macam sate..aku aneka jajan pasar tak cobain beberapa macam..wedang sere..wedang ronde..teh manis dan mie goreng..habisnya sekitar 100 ribuan. Oh ya..kalau mau ke sana..alamatnya ada di deket pasar Ngasem Yogya. Cari aja pasar ngasem Yogya..nggak begitu jauh kok dari alun2..dari pintu utama pasar Ngasem, tinggal belok kiri dikit lurus aja..nanti belok kanan dikit ada rumah bangsawan besar di situ dech restonya. Oh ya..bukanmya cuma sore hari ya..jam 6 sore sampai malam. Dan jangan datang sebelum jam 6..karena biarpun udah nyampe sana..belum boleh ambil makanan..hihi...kalau belum jam 6 teng. Karena aku datangnya agak awal..akhirnya malah bisa motret2 dulu sepuasnya..waktu sajian masih utuh..lha mau makan belum boleh sich..hihi. Oke dech selamat berwisata kuliner di Yogya ya teman2..moga2 bisa jadi inspirasi tempat makan di Yogya yang unik ya.

Yukk mari santap..sebagai menu pembuka atau penutup juga boleh..ada aneka jajan pasar khas Yogya aneka macam teman2..^^








Nich Yodha..suka aja nampang di deket jajan pasar..tapi pas di suruh makan..kabuuuur..hihi. Di manapun dia berada..ordernya tetep sama..nasi goreng atau mie goreng..hihi..




Menu utamanya selain nasi kucing..ada pecel..ramesan ..brongkos dll. Dengan aneka macam lauk pauk seperti aneka sate dan lauk2 yang di goreng.













Minumannya juga khas minuman ala angkringan..ada wedang jahe..wedang sere..dll.





Nah..ini ruangan restonya teman2..cukup lega dan nyaman..hingga Yodha bisa lari2 an ke sana kemari..hihi..sampe2 jatuhin patung loro bloyo pula..karena keusilannya..^^






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts