Laporkan Penyalahgunaan

Legitnya Madu Mongso


Madu mongso...jajanan jadul yang enak dan legit.....buat yang suka sich..hihi. Kalau aku suka banget. Dulu jaman kecil..ada salah satu tetangga yang kalau lebaran pasti suguhannya madu mongso ini...beliau biasa buat sendiri madu mongsonya. Karena anak kecil dulu seneng kan kalau lebaran keliling rumah tetangga dapat makanan baru2 yang belum pernah di makan..nah..kalau ke rumah tetangga yang bisa buat madu mongso itu..pasti kue lebaran inceranku ya madu mongso ini. Ternyata teman2 lain juga sama..jadilah  pada berebut dech madu mongso kalau berkunjung ke rumah tetanggaku itu. Hemmm..kenangan masa kecil yang indah..sekarang sich udah nggak usum atau nggak musim lagi kunjung mengunjung pas Lebaran..yang ada cuma acara salam salaman di masjid doang..udah..habis itu ya cuma pada ke saudara2 dekat aja. Kalau jaman aku kecil sampai remaja dulu ya keliling ramai2 dengan teman2 kalau Lebaran..ke rumah tetangga2..sampai antar rt..rw..bahkan lain kampung pun..saling kenal..hihi.

Lha memang sudah tradisi dari kecil saling kunjung mengunjung itu. Itu nggak hanya sehari dua hari pas lebaran lho teman2..kadang sampai semingguan gitu masih rame dech suasana saling kunjung mengunjung pas Lebaran ini. Dan di setiap rumah pasti di sediakan aneka makanan istimewa dan unik2..jadi pasti ya pada suka anak2. Tapi sekarang nggak ada lagi dech suasana gitu. Kalau pulang Lebaran..hari kedua aja udah terasa sepi di lingkungan rumah..karena malah pada pergi piknik atau ke rumah saudara2 yang jauh..hihi. Sekarang makanya ibuku kalau tak buatin kue lebaran..mesti bilang..ndak usah banyak2..sudah tidak ada lagi tradisi *ujung* katanya..yaitu tradisi saling berkunjung ke rumah tetangga. Sayang sekali ya teman2..tradisi silaturahmi dan saling memaafkan yang bagus itu hilang tergerus jaman..tergantikan oleh sms..bbm an dll..kalau lebaran..hihi.

Kembali ke madu mongso ya....jajanan jadul ini rasanya unik dan khas sekali..manis sedikit asam. Aku suka sekali..dari kenangan masa kecil itu lah madu mongso ini jadi salah satu jajanan favoritku sampai sekarang. Dulu sering beli dan coba macam2, tapi kalau buat sendiri baru dua kali. Pertama dulu bikin sedikit..jadi kurang maksimal jadinya masih agak lengket2. Nah..kemaren buat agak banyak..jadi bagus dech hasilnya..nggak lengket2 lagi karena aku masak sampai tanak dan kering. Buat yang belum pernah makan mungkin madu mongso ini sedikit aneh rasanya..hihi..agak2 asam dan aromanya unik..tapi ya memang begitulah rasanya..karena madu mongso ini di buat dari tape ketan hitam. Tape ketan hitam sendiri memang kalau di makan begitu saja kurang enak..karena rasanya asam dan sedikit ada rasa getir2nya gitu..dan juga keras ada bagian ketan2 nya yang nggak bisa masak kayak tape ketan hijau. tapi justru itulah uniknya..akan jadi enak jika di buat jadi jajanan madu mongso ini.


Cara membuat madu mongso ini mudah saja teman2..cuma harus telaten memasaknya hingga benar2 kalis dan kering ya..selamat mencoba teman2..jika suka. tape ketan hitam ini bisa di buat sendiri atau di beli udah jadi. Kalau aku sich belinya pas mau pulang ke Semarang kemaren dari Yogya..di toko oleh2 di sekitar Secang..banyak yang jual tape ketan yang enak khas Muntilan..ada tape ketan hijau dan tape ketan hitam ini. Pas aku beli tape ketan hitam..mba penjualnya komen.."Kok beli yang hitam Bu..nggak enak lho..lebih enak yang tape ketan hijau"..hihi.."Jujur amat sich mba"..kataku. tapi dengan santai tetep ambil beberapa toples tape ketan hitam dan aku bilang ke mba nya.."Memang yang hitam aja..soale mau ku buat madu mongso Mba"..kataku. Mba nya langsung manggut2.."Oh iya..kalau di buat madu mongso memang enak ini Bu"..katanya sambil tersenyum. Jadi kayak gini nich tape ketan hitam teman2..nggak bisa seempuk dan sehalus tape ketan hijau tekturenya..karena da bagian2 ketannya yang masih mengeras..walaupun udah terkena ragi.


Nah..tape ketan hitam ini ya paling enak di buat madu mongso ini menurutku..rasanya jadi legit dan unik, karena di tambah santan..gula dan di masak hingga mengering. Oke mau coba teman2..jika punya tape ketan hitam..catet resepnya ya..kali ini aku buat pakai gula merah madu mongsonya..jika kurang suka..boleh di ganti gula pasir sesuai selera ya teman2..^^

Madu Mongso

Bahan :
500 gram tape ketan hitam.
200 ml santan kental
2 lembar daun pandan
1/4 sendok teh garam
100 gram gula merah, sisir halus ( sesuai selera manisnya )
Jika suka manis, boleh juga di tambah beberapa sendok makan gula pasir ( sesuai selera )

Cara membuat :
Masak santan, pandan dan gula hingga gula mencair, saring. Masak kembali, masukkan garam dan tape ketan hitam. Masak terus dengan api kecil hingga santan terserap, sambil sesekali di aduk. Koreksi rasa..udah pas sesuai selera belum manisnya. Jika masih kurang manis..boleh ditambahkan saja beberapa sendok gula pasir. Nah..setelah santan terserap di ketan barulah harus di aduk2 terus hingga jadi adonan yang kering dan kesat.
Kemas sesuai selera, bisa dengan plastik atau kertas roti warna warni atau pakai klobot jagung. Sajikan.
Tips : Jika membuat madu mongso..pakailah panci atau wajan anti lengket yang agak tebal ya teman2..jika belum terbiasa..agar tidak mudah gosong dan lengket2. Selain itu gunakan api kecil ya agak benar2 kesat dan kering hasilnya. Tapi memang haru sabar ya membuatnya..agak lama dikit..^^





Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts