Laporkan Penyalahgunaan

Ketan Biru Bunga Telang Ku Yang Eksotis..^^


Wah..seneng sekali aku..kemaren dapet paket dari mba Rina Audie dari Bekasi..paket yang sangat berharga buatku..hihi. Apa itu ?..Bunga Telang kering dan biji2nya. Makasih banyak mba Rina..akhirnya rasa penasaranku terjawab..udah bisa buat ketan biru sendiri di rumah. Jadi ceritanya pas aku posting jajanan ketan biru dari pasar Gang Baru Semarang beberapa waktu lalu..eh aku penasaran pewarna biru alami yang namanya bunga telang ini. Dan alhamdulillah mba Rina nawarin aku untuk mengirim bijinya..biar aku bisa nanem bunganya. Tapi dasar akunya ngelunjak ya mba..maaf...hihi..di beri biji..tetep..minta bunganya...biar nggak kelamaan nuggu numbuh dan berbunga gitu..hihi. Soalnya kalau aku yang nanem..belum tentu numbuh juga..hahaha..jadi minta jadinya aja dech. Soalnya aku juga pernah liat di afc itu ada pengusaha resto Chinese peranakan di luar tuch pakai bunga telang kering bisa buat bikin ketan biru ini. Akhirnya mba Rina berbaik hati menguji coba untukku dengan di remas2 di air..katanya warna birunya tetep keluar walaupun udah kering..sipp dech mba..bahagianya hatiku..karena nggak harus nanem dan nunggu numbuh dulu bunga telangnya, buat bikin ketan biru..hihi. Tapi bijinya tetep aku suruh tanem kok mba..sama art ku..moga2 numbuh. Kalau aku yang  nanem..ya *mbuh2 an bisa numbuh atau ndak..hihi..shio naga api soalnya..susah di suruh bercocok tanam..cocoknya ya pegang kompor..* lol..!

Nah..karena udah ngebet pengen bikin ketan biru..langsung dech tadi ke pasar beli ketan dan kelapanya..jadi jangan heran ya teman2..kalau aku penasaran pengen buat sesuatu jajanan yang baru..wis nggak  sabar nunggu lama2 dech pasti langsung di buat aja..walau ndak habis..atau warga rumah pada ndak suka , ndak pa2..kan bisa di bagi2...ke tukang sayur..artku. Art ku memang pocokan aja..jadi sore hari pulang..jadi selalu seneng kok kalau aku bawain aneka jajanan buatanku..untuk di makan sama keluarganya di rumah. Aku kalau bikin sesuatu itu ya cuma dikit2 kok teman2..jadi ya..seneng aja..tiap hari dapat ilmu baru gitu..sekalian bisa berbagi..berbagi resep..dan juga berbagi hasil masakan ku ke orang2 terdekat yang sering bantu2 aku di rumah.

Nah..setelah uji coba ketan biru pakai bunga telang ini..wah..berhasil..tekture ketannya oke..pas..nggak terlalu lembek..sama rasanya kayak yang aku beli di Gang Baru itu..tapi..kenapa warnanya berbeda ya teman2 ?..Adakah yang pernah mencoba memakai bunga telang ini juga untuk pewarna ketan biru ini..apa memang warnanya biru tua agak ke ungu unguan gini kah ? Apa aku kebanyakan pakai bunganya ya ?..Kok yang di pasar Gang Baru itu biru cerah gitu ketannya..hihi..jangan2 pakai pewarna dech ya itu. Tapi biarpun warna ketan ku biru tua..aku tetep takjub kok sama hasilnya..eksotis ini ketanku..kayak biru berkilauan gitu ya..hihihi..* lebay dah..* Padahal itu mateng lho ketannya teman2..nggak ngletis atau masih mentah..tapi bisa bisa keliatan berkilat2 gitu ya..hihi. Dan ini juga foto alami lho...asli..ndak editan warnanya. Oh ya..ketannya aku bentuk kerucut dan aku kasih unti kelapa di atasnya..cute juga kan teman2..hihi. Aslinya kalau masakan peranakan atau masakan khas Nonya Semarangan..ketan biru ini di padatkan saja dua warna, warna biru dan putih, lalu di potong2..pakai srikaya..makannya. tapi kalau aku makan ketan kukus gini lebih suka pakai unti kelapa aja..jadi srikaya aku nggak buat.


Oke dech..biar nggak lupa tadi aku buat takarannya..aku tulis aja resepnya di sini ya teman2..sapa tau besok2 kalau bunga telangku udah numbu bijinya..bisa buat lagi. Atau ada yang mau coba juga mungkin teman2..jika ada bunga telangnya ya. Kalau bunga telangku dari mba Rina..masih sich yang kering ada sisa separo..tapi mau coba buat minumaaan khas Thai yang pakai bunga telang ini juga pewarnanya besok..biar dapet ilmu baru gitu ya berbeda,.memanfaatkan bahan langka ini..hihi. Tapi..setelah aku liat bunga telang ini..kok kayaknya pernah liat di mana gitu di sekitar rumahku ya. Ah..kali2 tetanggaku ada yang punya..sepintas pas jalan2 pagi pernah liat gitu. Hemm..besok tak carinya ahh..ajak Yodha jalan2 pagi mumpung libur..hihi...siapa tau nemu tetangga yang punya bunga ini..kan bisa sering2 minta bunganya..hihi. Dasar ..pemalas kalau di suruh nanem nanem sendiri ya teman2..^^

Oh iya...yang belum pernah liat bunga telang,..begini nich penampakannya teman2..cuma ini udah kering sich..tapi masih keliatan kan bentuknya. Aslinya bunganya warna ungu cantik gitu. Bunga ini mengandung pewarna biru keunguan..tapi tidak mempengaruhi rasa jika di campur di makanan. Beneran lho teman2..walaupun warna ketannya biru ngejreng gitu..tapi nggak berubah lho rasanya..tetep rasa alami dan asli ketan aja gitu rasanya. Jadi..kita harus bersyukur ya..sebenernya banyak pewarna alami untuk makanan yang ada di sekitar kita. 

Ketan Biru

Bahan :
200 gram beras ketan, rendam minimal 2 jam
200 ml santan kental
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
15 bunga telang kering, rendam di 50 ml air hangat, peras hingga airnya kebiruan , saring

Pelengkap : Sarikaya atau unti kelapa secukupnya

Cara membuat :
Masak santan, garam , dan daun pandan hingga mendidih. Masukkan ketan, masak hingga meresap dan santan terserap di ketan. Ambil daun pandannya. Masukkan air bunga telang. Aduk rata hingga ketan berwarna biru. Karena di tambah larutan bunga telang jika ketan agak basah lagi, bisa di masak kembali sebentar hingga benar2 kesat dan kering.
Panaskan kukusan, kukus ketan biru sampai matang sekitar 15 - 20 menit..sesuai selera aja tingkat keempukan ketannya. Sajikan dengan unti kelapa atau sesuai aslinya..pakai sarikaya. Tips : Kalau aku sich suka ketan kukus begini masih kerasa tekture ketannya..tapi nggak mlethis lho..tetep udah mateng tapi nggak lembek. Cicipi aja pas ngukus ya teman2 jika mau buat ketan kukus gini..jika belum empuk..ya tambahin aja waktunya..cooking is fun..! ^^ Nggak usah terpaku pada resep banget..banyak2 melatih feeling juga ya ..^^


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts