Laporkan Penyalahgunaan

Jelajah Pasar..Keunikan Pasar Gang Baru Semarang



Sudah bertahun2 tinggal di Semarang...pasar yang paling sering aku datangi ya pasar di Semarang atas saja atau Ungaran. Kalau di bawah..paling2 pasar Johar beberapa kali pernah ke sana. Bukan apa2 sich..suami dan anak..paling anti kalau di ajak ke pasar bawah yang crowded gitu..hihi. Mendingan ke mall kalau ke bawah kata mereka..padahal..emaknya nich paling suka ngubek2 pasar di banding ke mall. Nah..tadi pagi nich..iseng lagi pengen sarapan ke bawah..akhirnya berhasil merayu suami buat makan mie kopyok Pak Dhuwur yang di bawah..hihi. Nanti aku review terpisah ya teman2. Nah..habis sarapan bingung mau ke mana..iseng..aku usul aja jalan ke Pasar yang selama ini pengen banget aku datangi di Semarang bawah..yaitu pasar Gang Baru..yang katanya banyak makanan unik2 di sana. Dan..yess..akhirnya aku berhasil menjelajahi pasar unik tersebut..walau Yodha dan papinya ngomel2..karena capek menyusuri pasar yang sebenernya nggak terlalu luas..hihi. Ah..dasar pada banyak alasan..kalau di ajak ke pasar2 gini..hihi. Apalagi papinya..cemberut aja..soalnya aku kalap juga beli banyak jajanan dan sayur2 an yang nggak ada di atas..hihi...jadi harus bawa kantong belanjaan banyak..sementara aku asyik melenggang dan memotret makanan2 serta barang2 aneh di pasar tersebut..hihi..maaf ya pi..hihi...sekali2 nggak pa2 dong..jalan ke pasar..seru lagi..^^

Nah..saking semangatnya hunting foto tadi di pasar gang baru Semarang yang unik ini..sampai2 banyak sekali foto dalam postingan ini..hihi..ngeditnya aja sampai berjam2 tadi..akhirnya sampai setegah foto2 nggak ku kasih watermark..udah capek duluan..hihi. Tapi seru..dan puas..bisa pergi ke sana dan memotret aneka makanan unik. Semua aku tampilkan ya hasil buruan foto ku teman2..sebenernya masih banyak lagi sich..cuma karena keburu2 ya sedapetnya aja ini udah lumyan banyak sich. Oh ya..sebelumnya minta maaf juga ya..jika ada foto2 makanan yang mungkin nggak bisa di makan oleh umat muslim..aku cuma potret aja sich buat dokumentasi kekayaan kuliner pasar tradisional di Semarang ini ya..aku nggak beli kok..tadi lebih banyak beli jajan pasar yang unik2 dan tentu saja halal...kayak sayuran, buah, hasil laut, dll.

Pasar Gang Baru di Semarang ini memang unik..karena bukan pasar biasa..tapi cuma pasar yang ada di sepanjang salah satu gang di Semarang..aku pertama ke situ tadi ya kaget..lho mana pasarnya..hihi..ternyata ya cuma sepanjang gang2 tersebut orang berjualan..dan tutupnya juga cepet..cuma sampai jam 11 siang kata orang2 di pasar yang aku ajak ngobrol tadi. Tapi serunya itu..para penjual di pasar tersebut sangat ramah dan banyak yang udah tua2 gitu..senang mereka menjelaskan apa2 saja yang mereka jual. Jadi seru dech tambah banyak ilmu juga. Enaknya lagi pasar ini ndak ada atapnya..jadi pas pagi2 jalan ke sana..malah enak..bisa motret dan ada cahaya matahari alami..hihi...jadi hasil jepretannya lumayan tajem2..beda kalau di pasar yang tertutup dan gelap. Yang paling menarik di pasar ini adalah banyaknya jajan pasar unik2 dan langka..serta enak2 rasanya. Palings eneng tuch ketemu kue moho yang enak banget rasanya tadi..serta gempol pleret yang juga enak. Tapi memang harganya lebih mahal di banding jajan pasar di pasar lain..ya mungkin karena kebanyakan yang belanja di situ adalah orang2 menengah ya..jadi walaupun suasana pasar..tapi bersih lho di dalam..nggak banyak lalat dll..dan yang di jual tuch berkualitas semua kayaknya..misal..jajan pasarnya bersih2 dan enak2 rasanya. Kayak gempol pleret aja sebungkus 5 ribu..tapi bener2 bersih dan enak..kue lapis 3 ribu..dll.

Ikan dan hasil laut di pasar ini juga gede2 dan seger2..produk2 lain kayak sayuran dll aja malah lebih komplet dari supermarket..sayur2 aneh dan unik yang biasa aku beli di supermarket..eh malah ada di situ kayak peterseli , buah bit, dll..hihi..lebih murah tentu saja di banding di supermarket. Aku beli beberapa bahan juga yang unik..misal..ifumi kering..kwetiau basah..jamur2 segar..sayur langka dan aneh2..dll. Memang pasar ini lebih banyak unsur budaya Pecinan ya..karena lokasinya memang berada di daerah Pecinan yang terkenal di pusat Semarang. Oke dech..jadi siapa tahu ada teman2 yang mau main ke Semarang..yukk mampir ke pasar ini..seru lho..sekedar melihat2 keanekaragaman budaya dan kuliner unik yang udah langka. Buat teman2 yang asli Semarang..yang mungkin tinggal di luar Semarang..semoga bisa jadi obat rindu ya..jajanan unik dan khas Semarang yang mungkin pernah di beli juga di pasar yang khas dan unik ini. Yuk..mari kita jelajahi pasar gang baru lewat beberapa foto yang aku abadikan ya..^^
  • Begitu masuk..pasar di sambut aneka jajan pasar yang sungguh menggoda..dan emang enak2 rasanya. Kue lapis pepe ini..wuih..enak banget..dan cantik banget juga.....jadi pengen buat sendiri kapan2..^^
  • Aneka bacang dan bakpao..ada yang boleh di makan..ada yang tidak..tadi suami..coba yang isi ayam..enak katanya..^^



  • Kue moho..ini kue jadul yag udah langka..tadi aku beli..enak banget..beda sama yang pernah aku beli di pasar2 lain..kayak di pasar gede Solo..dll..lebih enak ini banget..^^
  • Ini kesukaanku banget...gempol pleret..biasa di buat es..enak banget dan bersih banget lho walau di jual di pasar..memang harganya mahal..5 ribu satu bungkus..hihi..tapi gempolnay empuk..ngeprul..^^
  • Ini ketan biru..warna birunya cantik banget ya..alami lho pewarnanya kata yang jual..enak banget..sayange mahal..hihi..satu paket kecil ini 4 ribu rupiah..ada yang tau teman2..pewarna biru alami bunga telang ya?..Bisa di beli di mana ya..?

  • Ini nasi jagung dan gudangan,..hemm enak ini perah makan..^^
  • Ini bumbu apa juga aku ndak tau..hihi..asal motret aja..lupa tanya2..ada yang tau kah ?
  • Ini kerang tapi imut2..apa sama dgn kupang ya ?? ^^..aku beli juga sich..hihi
  • Ini bukan tahu bacem lho teman2..tapi tahu coklat..lupa nanya gmn bikinnya tadi..katanya buat masakan spt bakmoi dll..^^
  • Bandengnya gede2 banget..tapi ki bukan presto kata koh yang jual..katanya bandeng pindang..enak dan gurih..^^
  • Ini tak beli juga tadi..lobak kering..tapi mau di masak apa ya..hihi..masih belum py ide ..:D
  • Ini telur asin tapi masih mentah..murah..cuma 2500 sebiji..besok mau tak buat bothok telur asin..^^

  • Ini tauco homamade..aku beli juga tadi..^^

  • Ini mi buat ifumie enak kayaknya ..besok buat ah...^^
  • Kulit lumpia ini murah banget..gede2 cuma 3500 10 lembar..^^
  • Asinan sawi..tadi mau beli kok..lupa..huhu..di atas jarang ini yang jual..^^
  •  Tempe bungkus segitiga..jadi inget jaman cilik..hihi..dulu ibu suka bikin sdr tempe gini..^^
  •  Gula aren asli..gede2..langsung beli..buat stock puasa nanti..^^
  •  Buah Siwalan / lontar..sebiji 1000 rupiah..^^
  • Kecap Mirama..kecape wong Semarang..kata suamiku sich..hihi..tapi enak juga memang..aku sering beli juga..selain kecap lele..^^

 
  • Kekian ^^
  • Terasi udangnya juga mantep2..^^
  • Ini telur kukus..^^
  • Ikan asinnya gede2 dan bersih2..^^
  • Rebung segar..buat lumpia..^^
  • Aneka bakso homamade..^^


  • Paprika juga murah lho..^^

 

  • Ini aneka bakso homamade..^^

  • Ini kekian..yag terkenal dari Semarang..biasa buat masak tumis, campuran mie goreng atau nasi goreng..cap cay..dll..aku sich udah sering bikin..jd nggak beli..hihi
  • Ini timun krei ya..taua pa tadi ya..katanya buat campuran mangut..enak..^^
  • Ini terong apa tadi ya ..lupa..kata mbah yang jual buat sayur bening..besok tak cobanya dulu..tadi aku beli soalnya..belum pernah makan ini..:D
  • Yang ini bukan makanan lho ya..tapi spon alami buat mandi..terbuat dari gambas kalau nggak salah ya..:D
  • Ini buah bit..murah juga di banding beli di sp..hihi
  • Ikan tenggirinya gede2 banget..sekilo 45 ribu...murah juga sich..:)
  • Ini jamur merang seger..murah lho..^^

  • Ini ikan asap panggang yang sering aku masak buat mangut..biasa dari ikan pari atau ikan manyung. Kalua kepalanya di sebut ndas manyung,..malah nggak ada tadi..:)
  • Yang ini nggak boleh di beli ya..:D..di foto aja..







Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts