Laporkan Penyalahgunaan

Es Gempol Pleret..Salah Satu Warisan Kuliner Unik Yang Wajib di Lestarikan


Cuaca di Semarang sudah lumayan panas setiap hari teman2...bagaimana dengan daerah teman2. nah..kalau panas2 gini..kadang pengen makan yang seger2 ya di siang hari. Kayak tadi juga..waktunya makan siang..tapi aku kok rada males makan..malah ingat masih punya gempol pleret yang aku beli di pasar Gang Baru kemaren. Kan aku beli gempol & pleretnya saja..mau tak buat kemaren untuk es gempol kok udah pada kekenyangan pas pulang..jadi langsung aku masukin kulkas aja..walau sambil mikir..aduch nanti jadi keras nggak ya..basi nggak ya..hihi. Soalnya cari gempolnya kan susah. tapi ternyata..tadi pas aku buat es gempolnya..nggak basi lho..dan ajaib juga..nggak jadi keras..tetep empuk dan ngeprul gempolnya..nggak basi atau kecut juga..wah dua jempol dech untuk gempol dan pleret buatan mbah2 yang di jual di pasar Gang Baru Semarang ini..bener2 super..walaupun mahal harganya..tapi sebanding dengan kualitas dan rasanya..jadi..bakalan sering ke sana nanti kalau bulan puasa..beli gempol dan pleret buat buka puasa..karena ternyata sampai keseokan harinya pun masih awet..apalagi kalau cuma buat sore kan awet banget tuch. Berbeda sekali rasanya juga dengan gempol pleret yang di jual di Semarang atas sini..yang kalau di taruh kulkas jadi keras gempolnya..dan rasanya sepo..kurang gurih dan ngeprul gitu. Kalau gempol pleret yang aku beli di pasar Gang Baru ini..hemmm..bener2 juara, mirip sama yang aku beli kalau di Yogya..enak ini malah..karena sangat bersih juga.

 
Es gempol...ini memang unik. Sajian minuman khas Jateng ini memang susah bikinnya. Aku bilang Jateng aja ya..soalnya selain di Semarang..di Jepara pun ada juga es gempol kayak gini. Aku udah beberapa kali coba buat sendiri..belum ketemu cara dan formula yang bisa sampai hasilnya empuk dan ngeprul kayak yang di jual mbah2 di Gang Baru ini. Beberapa resep2 dari tabloid atau majalah..atau internet yang beredar selama ini..aku coba2 juga..hasilnya malah keras..karena terbuat dari tepung beras yang di adonin dengan air sampai kalis dll...baru di bulat2 dan di rebus / di kukus...nggak se otentik gempol versi jadul ini rasanya. Aku hafal betul tekture dan rasa gempol..karena di Yogya pun ada..dan dari kecil ya ini jajanan favoritku. cuma kalau di Yogya nggak di buat es kuah gini..tapi di buat jenang gempol. Nah..jenang gempol ini tak kalah enak dengan es gempol. Bahan yang sama adalah gempolnya..hampir sama rasanya dengan yang aku beli di Gang Baru kemaren..empuk dan ngeprul..seperti inilah tekture dan rasa gurih gempol yang ku rindukan..hihi. Ah..besok2 beli lagi ahh..buat bikin jenang gempol..maaf ya teman2..yang suka es gempol juga..belum bisa bikin sendiri aku yang seenak ini. Nanti wis..kapan2 tak ngulik resepnya ke mbah penjualnya..semoga berhasil..hihi.

Buat teman2 di luar Jateng yang belum tau apa itu Es Gempol Pleret..itu adalah minuman khas yang bahan utamanya ya si gempol ini, yaitu bulatan2 putih sebesar bakso, yang aku ceritain tadi. terbuat dari beras..kayaknya harus tepung beras yang baru giling atau numbuk..kayak tepung beras yang buat putu bambu gitu. Aku pernah liat di tivi sich cara buatnya..sayang cuma sekilas, cepat sekali prosesnya jadi agak2 lupa. Jadi tepung beras baru di kukus dulu hingga matang dan bergumpal2. Habis itu di parut..sampai berbutir2. Setelah itu di kepal2 lagi bentuk bulat kecil2 dan di kukus lagi. Aku pernah coba bikin pakai tehnik ini..tapi hasil akhirnya jadi ambyar..nggak berbentuk bulatan setelah di kukus..hihi. Aku tambahin tepung tapioka buat perekat..jadi nya nggak otentik ngeprul dan beremah kayak aslinya..wah..bingung aku jadinya..sekarang belum buat lagi. Buat yang terakhir..terpaksa aku pakai tepung tapioka sedikit itu..ya tetep beda hasilnya. Jadi..sampai sekarang aku masih penasaran dengan resep asli si gempol ini. Jadi..masih harus uji coba terus nich teman2. Gempol ini..kalau di buat es..harus bersanding dengan pleret yang cantik warna warni..biasanya berwarna hijau atau pink. Nah..apa itu pleret ?..Pleret ini adalah adonan dari tepung ketan, santan, sedikit garam dan air panas, yang cara pembuatan di pleret,..atau di tempelkan tipis2 di daun pisang..kemudian di kukus hingga matang. Rasa pleret ini juga unik..tawar dan sedikit kenyal..enak..jadi melengkapi kenikmatan ketika menyantap semangkuk es gempol yang  segar ini. Mau coba teman2..ayukk ke Semarang ya..hihi.

Penyajian es gempol..ada dua cara..ada yang versi putih bersih kuahnya..yaitu cuma pakai santan yang di rebus sama pandan dan di beri garam sehingga jadi gurih santannya..lalu di kasih gempol dan pleret, es batu serta pakai gula pasir halus / yang di blender..jadi rasanya benar2 alami..natural rasa gurih santan dan ber aroma pandan dan manis alami dari gula halus tadi. Enak sekali yang versi ini ..aku paling suka. Ada juga yang di beri sirup frambozen warna pink kuahnya..hemm kalau ini aku kurang suka..kurang jadul gitu rasanya..hihi.

Alhamdulillah tadi akhirnya bisa mencicipi lagi es gempol pleret yang sangat unik dan enak ini. Mudah2 an masih banyak penjualnya ya..yang tetep melestarikannya..walaupun proses pembuatannya yang cukup susah. Mudah2 an juga mbah yang jual gempol di pasar Gang Baru yang enak ini..juga menurunkan keahliannya pada anak cucunya biar tetep ada penerusnya..atau mau di turuni ke aku ilmunya mbah ?..hihi..wah ya seneng sekali aku..kalau bisa..dan pasti akan aku share di sini ya teman2..hihi. Besok kalau ke Gang Baru lagi mau pede kate ahh..sama mbah penjualnya yang ramah ini..mau menimba ilmu *pergempolan*..hihi. 


Ya oke dech..aku bagi gempol nya ya buat teman2 yang belum pernah nyicip..hihi..besok kapan2 kalau udah bisa buat sendiri seenak ini..tak bagi resepnya dech..^^

  • Tekture gempol di pasar Gang Baru ini..just perfect..! Bener2 kayak gempol jadul yang sering ku makan dulu pas kecil. empuk..dan ngeprul..mudah hancur ketika kita sendok atau kita tekan pakai tangan. tekturenya yang empuk dan kayak berlubang2 inilah yang paling enak..karena ketika di taruh di kuah santan..bsia menyerap kuahnya sehingga rasanya semakin enak dan gurih. Ohh..gempol..I love you pull dech...hihi..*kumat lebay dech..*
 
 






Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts