Laporkan Penyalahgunaan

Clorot..Kue Tradisional Langka Yang Eksotis..^_^


Hore..akhirnya bisa masuk dapur lagi..hihi..masak2 lagi di Semarang..walau nanti dalam beberapa postingan ke depan..tema masakannya masih Yogya dan Yogya lagi ya teman2..hihi..soalnya ..biasa..kalau dari Yogya kan bawaannya banyak..beli macam2 yang nggak ada di Semarang..aku beli tepung garut..beli tepung gaplek..beli manggar buat di guded..dll..pokoke temanya masakan Yogya gitu dech. 

Nah..kemaren pas mau siap2 mau pulang ke Semarag aku ingat mau bikin clorot..akhirnya buru2 minta tolong ibuku untuk bikinin kerucut / cone clorotnya..akhirnya masih sempat dech..tapi cuma jadi 5 biji..hihi. Jadi inget mba Rina Audie..yang pengen bikin clorot juga..wah seandainya bawa banyak tak kirimi mba..cone clorotnya..hihi. Ntar dech kalau nemu janur di sini tak coba buat sendiri step by stepnya ya mba..mudah kok ternyata..kemaren aku liat ibuku buat..Yodha juga ikut2 an buat..seru..hihi. Ini loh..bentuk cone clorot kalau ala ibuku..meruncing dari bawah kecil dan melebar ke atas,..kata Yodha..kayak cone ice cream..hihi. 


Bergaya dulu ya Kak..pas bikin cone clorot di rumah Eyang di Yogya..hihi..lha janurnya ambilnya dikit malah di buat mainan pedang2 an juga.hihi.



Nah..kalau kue clorotnya yang udah mateng..aku bikin di Semarang..kayak gini nich teman2..sapa tau ada ayang belum pernah coba ya..atau malah baru pertama liat..hihi. Kue ini adalah salah satu kue khas Jateng ya..tapi dari kecil di pasar2 tradisional tempatku di Yogya ya banyak yang jual..jadi clorot ini salah satu jajan pasar yang sering aku pesan ke ibu jika pergi ke pasar. Tapi sekerang udah langka juga kali ya..masih banyak mungkin di daerah Purworejo dan sekitarnya. Kue clorot ini unik sekali..karena di bungkus pakai daun janur..yang di lilit2 menyerupai contong atau cone ice cream. Kuenya sendiri terbuat dari tepung beras dan tepung tapioka atau tepung sagu..tapi pas aku buat ini lagi ndak punya tepung tapioka..aku ganti tepung ketan campurannya..wah..enak juga ternyata..tetep lembut dan menul2 enak.


Ada dua cara makan clorot ini..ada yang suka membuka daun janur lilitannya satu persatu...ada juga yang langsung di pencet sehingga keluar isi clorotnya ke atas...seru kan teman2..hihi. Rasa legit dan manis kue ini berasal dari campuran tepung beras, dan tapioka / sagu dan di tambah gula merah, santan, dan sedikit garam..kemudian di tuang di cetakan , lalu di kukus hingga matang. Membuat clorot ini rada2 tricky dan ribet..mungkin itulah mengapa sekarang jarang yang jual ya..maka di bilang jajanan pasar ini sudah langka..dan eksotis..karena cara pembuatannya yang njlimet..hihi..serta unik sekali pembungkusnya yaitu dari janur yang di lilit2.

Kalau nggak pinter bikin kerucutnya..bisa mleber2 keluar lho adonanya teman2..aku dulu pernah coba. Terus jika bikin cone lilitan janurnya kurang kuat lilitannya..pas di kukus bisa lepas2 juga. Akhirnya untuk antisipasi masalah tersebut..aku staples aja dech conenya..hihi..lha daripada *udar* atau lepas2 lilitan janurnya pas di kukus lagi. Setelah aku staples akhirnya aman dech selama  proses pengukusan. Ngukus clorot ini juga unik..musti dalam posisi berdiri kuenya..supaya nggak tumpah2. Karena aku nggak punya kukusan yang lubang besar2..akhirnya aku akali pakai ampas kelapa..kemudian cone clorotnya aku taruh di atas ampas kelapa ini hingga bisa berdiri dan di isi adonan nggak tumpah2. 

Ya..begitulah perjuangan bikin kue tradisional yang unik ini..hihi. Janurnya impor dari Yogya..bikinnya juga musti hati2. Nah..resepnya..tetep di share aja kali ya..paling nggak buat melestarikan resep kue2 tradisional Indonesia..hihi. Biarpun kalau teman2 mau coba ya agak susah..karena nggak ada cetakannya ya. Soalnya kalau di kukus pakai loyang dll..rasanya beda lho..hihi. Yang bikin enak kan di cetak di daun janur bentuk kerucut ini..jadi lebih cepat matang adonannya.
Kue Clorot 

Bahan :
100 gram tepung beras
30 gram tepung tapioka / sagu atau tepung ketan
100 gram gula merah
400 ml santan
1/2 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Daun janur 
Ampas kelapa untuk mengukus

Cara membuat :
Siapkan janur, bentuk kerucut dengan cara melilitkan janur dari ujung bawah menyempit dan ke atas semakin melebar. Semat bagian atasnya dengan lidi atau stapler. Sisihkan.
Campur santan, gula, daun pandan dan garam, aduk rata, masak hingga gula larut dan mendidih. Saring.
Campur campuran santan dan gula dengan semua tepung. aduk hingga licin dan halus.
Panaskan kukusan..taruh ampas kelapa di angsang kukusan, tancapkan cone2 dari janurnya. Isi dengan adonan kue clorotnya, lalu kukus hingga matang...kurang lebih 30 menit.
  •  Kue clorot ini enak sekali...lembut dan legit..^^
  • Boss kecilku lagi libur panjang..jadi biasa..suka usil di dapur..kayak gini ncih..masak kue clorotnya di jadiin mix..wah..bisa buat nyanyi ini mi..katanya...hihi. Suka usil aja sich..tapi kalau di suruh makan kuenya..langsung kabuuur..hihi.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts