Laporkan Penyalahgunaan

Cireng Praktis & Enak

 
Jangan bosan ya teman2..tema kali ini masih seputar aci aci an..hihi. Tadi cilok buatan kemaren..sekarang ganti cireng...hihi. Lha itu lho jagoanku Yodha lagi suka *aci acian* yang di goreng. Kan lagi libur panjang nich di rumah aja..jadinya..kalau pagi suka laperan tuch..jam 10 gitu udah teriak2.."Mi..*snack time*..katanya..hihi...kayak di sekolah aja Kak. Terus pas aku tanya mau makan apa buat snacknya..dia langsung bilang aci goreng..hihi. Walah..dari kemaren aci goreng mulu. Yo wis lah..mumpung mau..ya apa susahnya bikin aci goreng buat boss kecil tersayang..hihi. Sebenernya mau bikin pakai tepung aci berbumbu Aciku..tapi ki udah habis je..kemaren ada temen datang dan setelah baca ulasanku tentang *Aciku* ini..mau coba..yo wis..aku masih ada, tak kasih ke temanku aja..biar di coba. Tapi kalau buat teman2 mau coba buat cireng pakai tepung *Aciku*..bisa lho..kata mba Dewi..tepung aci *Aciku* ini enak di buat cireng juga. Apa itu tepung *Aciku*..liat di SINI ya teman2..ulasanku tentang tepung aci berbumbu asli Tegal ini...sapa tau ada yang ketinggalan infonya..hihi.

Akhirnya untuk cirengnya aku racik tepung sendiri..dan nggak susah2 kok..karena udah suka sama takaran cimol yang aku buat kemaren..aku coba sekarang buat cireng..walah..sama aja enak ternyata...hihi. Yo wis lah..kebetulan ya teman2..jadi ndak perlu repot2 bikin biang dulu..kayak di resep cirengku yang terdahulu...yang resepnya pakai biang ( adonan yang di masak sebagian ).

Jadi..kalau ini resep cirengku kali ini aku pakai cara yang super praktis..aci / tapioka dan sedikit terigu, dan bumbu2 langsung di aduk pakai air panas, bentuk2 sesuai selera, langsung goreng dah..mateng cireng hangat..siap di nikmati Yodha buat *snack time*nya...hihi. Kuncinya memang di air panas ini..karena air panas ini acinya kan jadi udah setengah matang..jadi ketika di goreng bisa mengembang dech. Air panas bisa pakai air yang di didihkan..atau air galon yang panas tuch ..kan bener2 panas juga tuch. Biasanya Yodha suka makan aci di cocol kecap..tapi tadi tumben..aku sodorin kecap kok di singkirin.."Enakan ndak pakai kecap Mi"..katanya. Walah..kok sama kayak Mami..Kak..lebih suka makan cireng enakan di makan gitu aja..sambil nyeplus cabe rawit..itu cara yang paling enak menurutku. Dan biarpun sekarang ini banyak inovasi cireng beragam bentuk dan isi..buatku paling enak yang cireng ori dan polos gini..^^


Oh ya..tips2 menggoreng cireng biar hasilnya woke..masih sama ya kayak tips menggoreng cimol nya teman2..liat di SINI. resep juga sama sich..cuma cireng ini nggak pakai putih telur. Kalau cimol karena butuh mengembang sekali adonannya..jadi aku pakai putih telur. Bentuk cireng juga bebas..suka2 aja. Kalau aku suka bulat2 pipih tuch..enak kayak gorengan..jadi ada kenyal2nya bagian dalamnya. Kalau Yodha..suka yang bentuk tipis2 kecil nggak beraturan..kayak di foto terakhir tuch..jadi lebih renyah dan nggak alot cirengnya ketika masih panas. Wis..suka2 sajalah kalau masalah bentuk ya teman2..ya penting rasanya..enak dan gurih..^^


Cireng Praktis

Bahan :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
100 ml air panas ( kurang lebih )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batang daun bawang, iris halus

Cara Membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya. ( Kalisnya itu kalis lembut ya teman2..ketika kita pegang..bukan kalis padat kayak adonan donat..:D, yang penting nggak lengket di tangan ketika di bentuk2..)
Ambil sedikit adonan, bentuk bulat pipih atau sesuai selera.
Goreng dengan api kecil hingga mengembang dan renyah luarnya.
Sajikan hangat.

Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts