Laporkan Penyalahgunaan

Cimol...Aci di Gemol..! ^^


Cimol...aci di gemol..atau di bentuk bulat2. Satu lagi jajanan murah meriah..dan enak dari Bandung atau Sunda ya..yang wajib di coba nich teman2. Walaupun cuma dari aci..eh kok ya enak banget..hihi. Dulu aku rada2 males kalau coba jajanan yang bahannya aci doang..eh sejak setelah ketagihan tahu aci..tahu plethok dll  dulu..langsung dech merembet suka bikin cireng..cilok..dan sekarang yang baru aku pertama coba..adalah cimol ini. Cimol nich sama aja kayak cilok..tapi versi goreng. Tapi membuat cimol ini menurutku lebih mudah daripada cilok. Kalau cilok kan di rebus ya teman2..jika perbandingan tepung aci  / tapioka dan terigunya nggak pas..bisa alot ciloknya. Tapi aku dari beberapa kali bikin cilok..sekarang sich udah bisa bikin perbandingan yang pas..sehingga ciloknya bisa empuk tapi tetep sedikit kenyal. resep cilok yang enak..dulu udah pernah ku posting di SINI ya teman2.

Nah..kalau cimol ini aku iseng aja buat dengan adonan sama dengan kayak bikin tahu aci. Cuma aku tambahin putih telur. kalau aku liat resep2 di internet sich pakai satu telur utuh. tapi aku suka pakai putihnya aja..agar warna cimol ku tetep ada keputihan bersih kayak cireng gitu..hihi...dan hasilnya bisa lebih renyah ketika masih panas luarnya. tapi ketika udah dingin ya tetep..melempem..hihi. Tapi yang jelas..suka dech hasil cimol ku ini. 

Membuat cimol ini mudah saja teman2 sebenernya..cuma ada beberapa hal yang musti di perhatikan ya. Oke dech aku kasih tips2nya sedikit ya. Moga2 buat teman2 yang baru belajar masak bermanfaat dech dan hasilnya bisa seperti yang aku buat ya. Soalnya aku kadang juga bingung teman2..jawab pertanyaan teman2 yang misal mencoba cireng..atau jajanan yang digoreng lain...misal ada teman2 yang komen gini..:
"Mba..aku udah coba..kok punyaku kok gosong..atau punyaku kok mentah bagian dalamnya..punyaku kok nggak ngembang atau punyaku kok nggak seperti di foto ya hasilnya..padahal sudah sesuai resep lho..?"
Nah..bingung nggak kalau di tanya gitu teman2..hihihi..soalnya kan beda tangan ya beda hasil ya..kalau buat makanan itu..kadang beda atau ada yang  salah di proses penanganan juga beda hasilnya. Jika teman2 menyertakan juga cerita proses atau masalah ketika proses membuatnya sich masih oke ya..jadi jelas gitu..dan aku dengan senang hati bisa kasih solusi dan jawaban yang bisa membantu..tapi kalau cuma bilang gagal..dan.."padahal udah sesuai resep lho"..nah itu yang bikin aku bingung jawabnya..hihi. Lha penanganan resepnya itu gimana..udah sesuai atau belum. Makanya sebisa mungkin biasanya aku sertakan tips dan trik biar hasilnya..bisa mirip hasilnya dengan yang di fotoku ya teman2..hihi.


Ok..buat teman yag baru belajar masak dan pengen coba bikin cimol ini..yukk simak tips2 berikut ya..biar hasilnya lebih maksimal :
  • Adonan cimol nggak boleh terlalu encer ya..harus seperti adonan di foto terbawah ini..kalis, bisa di bentuk..tapi masih lemes juga..maksudnya bukan jadi adonan yang padat dan kaku. Jika terlalu lunak , nanti lengket2 susah di bulat2..jika terlalu padat ..nanti haslinya jadi keras. Jadi intinya adonan harus bisa di pulung..tapi tetep lembut dan nggak lengket di tangan.
  • Gunakan air secukupnya. Memang di resep di tulis 100 ml air panas..tapi karena ada tambahan putih telur, maka jumlah air di sesuaikan saja ya teman2..nggak perlu di habiskan nggak pa2..jika adonan sudah kalis..karena jumlah putih telur di masing2 telur itu kan berbeda2..jadi akan pengaruh ke penggunaan airnya.
  • Untuk menggoreng cimol..gunakan wajan yang tebal..jangan pakai panci alumunium tipis tuch..karena itu sangat menghantar panas..jadi walaupun api kecil..tetep aja cepet gosong...^^
  • Untuk menggoreng cimol..usahakan juga minyak agak banyak dan cimolnya terendam minyak ketika di goreng...agar adonan cimolnya bisa mengembang bagus. Pertama..panaskan minyak hingga panas sedang, lalu matikan api. Selanjutnya bentuk cimol bulat2 kecil sebesar kelereng, lalu masukkan ke minyak. Jika wajan udah cukup dengan adonan cimolnya..nyalakan api dengan api kecil, lalu goreng cimol hingga mengambang. Nah..jika cimol udah mengambang..baru dech sering di aduk agar matang merata. Dengan cara ini cimol tidak akan mbledos..jika di goreng. Lalu gorenglah sesuai tingkat kerenyahan kulit luar yang diiinginkan..jika ingin renyah banget luarnya..ya bersabarlah dalam menggorengnya ya teman2..karena perlu waktu agak lama..hihi.
  • Adonan cimol..jangan di simpan2 lama2 ya di suhu ruang...apalagi bikin malam, karena ngantuk terus di tinggal tidur..atau di simpan di kulkas..hihi..karena akan mengeras dan bisa jadi asem rasanya alias basi..jadi sebaiknya bikin secukupnya saja..lalu di goreng semua..kalau besok mau makan cimol lagi..ya bikin adonan lagi..hihi.
  • Cimol paling enak di nikmati ketika masih panas..jadi kulit luarnya bisa renyah. Kalau udah dingin ya..sedikit mengkerut dan liat cimolnya,...itu sangat wajar.
Nah..udah jelas..kan..cara bikin cimol ini teman2..mudah saja kan..?..Oke..selamat mencoba ya.jika suka cimol. enak lho..renyah di luar..dan kenyil2 gurih dalamnya..hihi. Yodha aja suka banget. Kemaren pas udah dingin..aku potong2 tipis terus ku goreng lagi ..jadi renyah dech..kayak bakso goreng atau basreng gitu ya teman2..hihi..enak..! ^^
Cimol

Bahan :
100 gram tepung tapioka
25 gram tepung terigu
1/2 butir putih telur
100 ml air panas ( kurang lebih )
1 sendok teh kaldu ayam bubuk ( optional..jika nggak suka ganti garam aja )
Garam sesuai selera
1/4 sendok teh merica
1/4 sendok teh gula pasir
2 siung bawang putih, haluskan
1 batag daun bawang, iris halus

Cara membuat :
Campur tepung tapioka, tepung terigu, daun bawang, dan semua bumbu2. Masukkan putih telur, aduk rata sambil di tuangi air panas sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan mudah di bentuk. Jika sudah kalis..air masih..nggak perlu di habiskan ya.
Panaskan minyak di wajan, matikan api. Bentuk adonan cimol bulat2 kecil sebesar kelereng, lalu masukkan ke dalam minyak. Jika sudah cukup adonannya yang masuk ke wajan..segera nyalakan api kecil dan goreng hingga cimol mengembang dan matang. Tekture bagian luar cimol ini renyah dan dalamya tetep empuk kenyal...ketika di makan panas2.
  • Oh ya..cimol ini biasanya di sajikan dengan saus pedas yang terbuat dari campuran cabe, saus tomat..saus sambal..dan sedikit gula..sama air di masak hingga kental ya. Tapi aku kemaren pakai saus kacang aja..soalnya punya bumbu kacang nganggur..hihi. atau bisa juga di sajikan dengan aneka bumbu taburan sesuai selera.
  • Oh ya..adonan cimolnya kayak gini ya teman2..tekture adonan kalis tapi lembut..sama kayak adonan tahu aci. Oh ya...ini fotonya ada tahunya..hihi..soalnya mau nunjukin cara mbelah tahu segitiga untuk tahu plethok buat mba Ida..hihi..jadi sekalian uploadnya..tapi kalau adonannya..ini adonan cimol..hihi.


Sumber http://www.diahdidi.com

Related Posts